Jumat, April 19, 2024

Sakralnya Tradisi Nyalin di Situs Samida Desa Sirnajaya Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Desa Sirnajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, menggelar Tradisi Nyalin di Situs Samida, Senin (25/12/2023). Tradisi yang dilaksanakan di area makam keramat Raden Guru Gantrang alias Prabu Sirnaraja ini setiap Senin Kliwon Jumadil Akhir.

Tujuan dari Tradisi Nyalin ini sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas limpahan rezeki. Tradisi ini sudah dilakukan secara turun temurun sejak dulu.

Kegiatan digelar selama lima hari. Diawali dengan menampilkan helaran serta kesenian tradisional dari tiap RT dan pelayanan publik, pada Rabu 20 Desember 2023 hingga Senin 25 Desember 2023.

Puncak tradisi adalah membasuh berbagi benda pusaka dari peninggalan Parbu Sirna Raja dengan menggunakan air Cikahuripan. Diakhiri dengan doa bersama, masyarakat memanjatkan rasa syukur serta makan bersama.

Tradisi Nyalin ini sebagai bentuk melestarikan warisan leluhur. Di Kabupaten Ciamis banyak tradisi tahunan yang sering dilaksanakan. Seperti Nyangku di Panjalu, Nyiar Lumar di Kawali, dan Ngikis di Karangkamulyan.

Memiiki hikmah menjaga budaya warisan dan alam yang ada di Kecamatan Rajadesa, tradisi tersebut telah berlangsung secara turun temurun dari nenek moyang masyarakat Desa Sirnajaya

“Upacara adat ini sudah dilangsungkan sejak dulu, sejak zaman nenek moyang. Tentunya sebagai penerus wajib melestarikan tradisi ini jangan sampai hilang dan terlupakan,” ujar H. Abdul Haris ketua panitia Tradisi Nyalin Situs Samida.

Menurut Haris, tradisi Nyalin mengadung filosofi dan makna. Selain menjaga dan melestarikan tradisi leluhur, juga dalam menyambut Isra Mi ‘raz Nabi Muhamad SAW sebagai sarana silaturahmi antarwarga dan tolak bala.

“Banyak hikmah yang dapat diambil dari Nyalin ini. masyarakat berkumpul sambil menikmati berbagai hasil bumi serta pagelaran seni tradisional kemudian berdoa bersama. Setelah itu makan bersama saling berbagi, di situ letak kebersamaan yang terus kita jaga sampai sekarang,” pungkasnya.(Andra/CN/Djavatoday)

Mitos Pantangan Warga Sumedang Kunjungi Situ Panjalu Ciamis Terpecahkan Lewat Kirab Mahkota Binokasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah sekian lama mitos pantangan atau larangan warga Sumedang mengunjungi/menyeberangi Situ Lengkong Panjalu, Ciamis kini terpecahkan. Hal itu ditandai dengan even...

Akhiri Masa Jabatan Bupati Ciamis Herdiat Lantik 146 Pejabat, Andang Firman Jadi Sekda

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengakhiri masa jabatan dengan melantik dan ambil sumpah 146 pejabat Pemkab Ciamis. Pelantikan dilaksanakan di halaman Pendopo...

TNI Sumedang Bangun Saluran Air Bagi Warga yang Terdampak Longsor di Permukiman

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- TNI Koramil 1009 Tomo Kodim 0610 Sumedang menggelar kegiatan karya bakti. TNI membantu masyarakat membangun saluran air di Dusun Cirendang, Desa...

Kirab Mahkota Binokasih di Ciamis Jadi Edukasi Sejarah untuk Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kirab Mahkota Binokasih dari Keraton Sumedang Larang telah dilaksanakan dua hari di Kabupaten Ciamis, Selasa-Rabu (16-17/5/2024). Kirab digelar di dua tempat...

Terpopuler

Lainnya