Minggu, Juli 14, 2024

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai yang tumbang. Peristiwa itu terjadi Sabtu (15/6/2024).

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun pemilik rumah mengalami kerugian materil, bagian atap rumah rusak.

Anggota FK Tagana Ciamis Deni Permana membenarkan kejadian tersebut. Awalnya hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Banjaranyar sejak Jumat (14/6/2024) malam. Kemudian pohon petai terbang akibat terjangan angin.

“Pohon petai tumbang dan menimpa rumah milik pak Pardi. Atap rumah rusak,” ujar Deni.

Mendapatkan laporan bencana alam, Pemerintah Desa Cikupa, bersama warga, relawan, dan Muspika Banjaranyar, langsung mendatangi lokasi kejadian. Semua bergotong royong membersihkan pohon tumbang tersebut.

“Kami juga memastikan tidak ada korban jiwa dan luka-luka, dalam kejadian bencana tersebut. Pada saat kejadian pemilik rumah sedang berada di rumah anaknya,” jelasnya.

“Untuk kerusakan pada bagian atap, genting, dan beberapa kayu-kayunya, karena terhantan pohon petai yang tumbang. Sekarang sudah selesai pembersihannya,” tambahnya.

Deni mengimbau kepada warga untuk senantiasa waspada. Menurutnya curah hujan saat ini mulai turun kembali. Masyarakat dapat melakukan antisipasi kejadian serupa, dengan memangkas pohon yang dinilai membahayakan.

“Kalau memang ada pohon yang ada di dekat rumah, dan rawan tumbang. Kalau bisa ditebang, jangan sampai kejadian bencana seperti ini terulang kembali,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya