Selasa, Juni 25, 2024

Pramuka Unsil Lakukan Penanaman Pohon di Gunungsari Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),-Dalam rangka hari lahir Pramuka Universitas Siliwangi ke-41 tahun, Pramuka Unsil berkolaborasi dengan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Kabupaten Ciamis melakukan kegiatan penanaman bibit pohon dan buah-buahan.

Lokasinya di Desa Gunungsari RT. 01 RW. 01 Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis. Sebanyak 23 peserta terlibat dari unsur Mahasiswa, masyarakat dan pemerintah.

Pemerintah setempat menyambut baik kegiatan tersebut. Penanaman pohon tersebut merupakan bentuk dari menyelamatkan dan melestarikan alam Desa Gunungsari.

“Terima kasih, bukan hanya sebatas kegiatan Pramukanya saja, tetapi ada action, sosial, kepedulian dalam menyelamatkan lingkungan yang ada di Desa Gunungsari. Dibuktikan dengan giat penanaman pohon,” ujar Eman, Kepala Desa Gunungsari.

Selain itu kegiatan ini juga merupakan gerakan sosial yang positif yang agar mahasiswa dan masyarakat paham akan lingkungan sekitar.

“Ini juga sebuah hal positif yang kami tunggu dan ternyata Unsil lebih paham terkait kondisi masyarakat di desa kami. Nanti dengan ditanamnya pohon ini, kondisi alam di desa Gunungsari semakin terjamin,” kata Eman.

Kegiatan penanaman bibit pohon berserta buah-buahan tersebut dilakukan sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yakni pengabdian masyarakat, Serta bertujuan untuk meningkatkan tutupan lahan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rehabilitasi hutan dan lahan.

Pramuka Unsil dan Pemdes Gunungsari menanam sebanyak 50 bibit pohon dan buah-buahan di lahan sekitar Desa Gunungsari. Adpaun jenis pohon dan buah yang ditanam di antaranya 10 bibit pohon bungur, 15 bibit pohon pucuk merah, serta 25 bibit pohon sirsak.

Alasan Pramuka Unsil Gelar Penanaman Pohon di Gunungsari Ciamis

Ketua Dewan Racana Nur Najmi pemilihan tempat penanaman ini karena memiliki karakteristik pengunungan.

“Desa Gunungsari memiliki karakteristik geografis berupa pegunungan. Sehingga tidak dapat dipungkiri memiliki berbagai potensi ancaman bencana. Salah satunya banjir dan tanah longsor. Sehingga menurut kami desa Gunungsari ini cocok untuk dilakukan penanaman pohon,” ujar Nur Najmi.

Nur Najmi juga berharap dengan adanya penanaman ini dapat memberikan manfaat ekologi bagi masyarakat sekitar di desa Gunungsari. Dapat menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat setempat akan pentingnya untuk memperhatikan dan menjaga lingkungan. Salah satunya dengan melakukan penanaman pohon.

Selain manfaat yang dirasakan oleh masyarakat, kegiatan ini juga merupakan penerapan dari Dasa Dharma ke-2 “Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.”

Sehingga mampu meningkatkan rasa cinta dan kesadaran untuk melestarikan alam baik bagi anggota Pramuka Unsil maupun bagi masyarakat setempat. Serta dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan daya tarik Pramuka terhadap mahasiswa dan masyarakat.

“Dalam rangka milangkala ini dengan diadakannya penanaman pohon semoga dapat meningkatkan daya tarik Pramuka Unsil terhadap masyarakat. Kepada setiap mahasiswa bahwa Pramuka itu harus ikut serta dalam masyarakat seperti yang tercantum dalam Tri Dharma. Serta dapat meningkatkan rasa cinta alam sebagaimana poin Dasa Dharma poin 2,” pungkasnya. (Pas/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya