Senin, Juni 17, 2024

Peringati HUT Ke-2, Bank Sampah Kartini Ciamis Santuni Kaum Dhuafa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke 2 tahun, Bank Sampah Kartini, Desa Imbanagara Raya, Ciamis menggelar santunan kepada kaum dhuafa. Dilanjutkan dengan potong tumpeng, Selasa (5/1/2021) di Aula Desa Imbanagara Raya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis, Giyatno, Camat Ciamis Dede Hermawan. Serta anggota DPRD Ciamis, Nur Mutaqin.

Direktur Bank Sampah Kartini, Aan Samsiah mengatakan, bank sampah ini mempunyai gerakan memilah sampah. Kalau untuk sampah organik itu dari sampah rumah tangga, yang nanti untuk pakan ikan.

Sementara untuk sampah anorganik, selain dipilah dan dijual, juga dijadikan kerajinan tangan berupa alat-alat rumah tangga atau hiasan rumah yang hasilnya nanti bisa dijual oleh anggota.

“Dalam peringatan HUT ke 2 tahun, bank sampah Kartini juga memberikan santunan kepada masyarakat yang kurang mampu dan kaum dhuafa,” katanya.

Bank Sampah Kartini Ciamis ini berdiri pada tanggal 21 bulan September 2018,Tepat hari ini berusia ke dua tahun berdiri. Meskipun masih kecil, namun bank sampah Kartini sudah bisa berprestasi di tingkat Kabupaten.

“Bank sampah kami memang masih berusia 2 tahun. Namun dengan usia masih kecil ini mampu mandiri, menghasilkan karya-karya yang kreatif dan inovatif,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Ciamis, Giyatno mengatakan, Bank Sampah Kartini sangat luar biasa sekali. Bahkan menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Ciamis. Karena, di bank sampah ini sampah bisa ditukar jadi sembako.

“Inovasi di bank sampah Kartini sangat luar biasa sekali. Bahkan juga kementerian LHK kemarin ingin mengunjungi bank sampah ini, karena inovasinya bagus yaitu sampah ditukar dengan sembako,” katanya.

Giyatno menambahkan, pada tahun 2021 di bank sampah Kartini Ciamis ini nantinya akan dibuat tempat pembuangan sampah (TPS) 3R. Karena, bank sampah ini sangat berpotensi dan juga berprestasi.

“Terima Kasih kepada bank sampah Kartini, mudah-mudahan kedepannya lebih maju dan berkembang lagi,” pungkasnya. (AsepFR/Djavatoday)

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...

Jelang Idul Adha, Pedagang Kulit Ketupat di Ciamis Menjamur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang hari raya Idul Adha, pedagang kulit ketupat musiman mulai menjamur di Pasar Manis Ciamis, Minggu (16/6/2024). Selain di Pasar Manis Ciamis,...

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya