Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Peringati HUT Ke-2, Bank Sampah Kartini Ciamis Santuni Kaum Dhuafa

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke 2 tahun, Bank Sampah Kartini, Desa Imbanagara Raya, Ciamis menggelar santunan kepada kaum dhuafa. Dilanjutkan dengan potong tumpeng, Selasa (5/1/2021) di Aula Desa Imbanagara Raya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis, Giyatno, Camat Ciamis Dede Hermawan. Serta anggota DPRD Ciamis, Nur Mutaqin.

Direktur Bank Sampah Kartini, Aan Samsiah mengatakan, bank sampah ini mempunyai gerakan memilah sampah. Kalau untuk sampah organik itu dari sampah rumah tangga, yang nanti untuk pakan ikan.

Sementara untuk sampah anorganik, selain dipilah dan dijual, juga dijadikan kerajinan tangan berupa alat-alat rumah tangga atau hiasan rumah yang hasilnya nanti bisa dijual oleh anggota.

“Dalam peringatan HUT ke 2 tahun, bank sampah Kartini juga memberikan santunan kepada masyarakat yang kurang mampu dan kaum dhuafa,” katanya.

Bank Sampah Kartini Ciamis ini berdiri pada tanggal 21 bulan September 2018,Tepat hari ini berusia ke dua tahun berdiri. Meskipun masih kecil, namun bank sampah Kartini sudah bisa berprestasi di tingkat Kabupaten.

“Bank sampah kami memang masih berusia 2 tahun. Namun dengan usia masih kecil ini mampu mandiri, menghasilkan karya-karya yang kreatif dan inovatif,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Ciamis, Giyatno mengatakan, Bank Sampah Kartini sangat luar biasa sekali. Bahkan menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Ciamis. Karena, di bank sampah ini sampah bisa ditukar jadi sembako.

“Inovasi di bank sampah Kartini sangat luar biasa sekali. Bahkan juga kementerian LHK kemarin ingin mengunjungi bank sampah ini, karena inovasinya bagus yaitu sampah ditukar dengan sembako,” katanya.

Giyatno menambahkan, pada tahun 2021 di bank sampah Kartini Ciamis ini nantinya akan dibuat tempat pembuangan sampah (TPS) 3R. Karena, bank sampah ini sangat berpotensi dan juga berprestasi.

“Terima Kasih kepada bank sampah Kartini, mudah-mudahan kedepannya lebih maju dan berkembang lagi,” pungkasnya. (AsepFR/Djavatoday)

Warga Baregbeg Ciamis yang Meninggal Dunia Akibat Terjangkit DBD Jadi 2 Orang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam kurun waktu bulan Januari-Februari 2024, sebanyak 2 warga Baregbeg, Kabupaten Ciamis, meninggal dunia akibat terjangkit demam berdarah Dengue (DBD). Kepala Desa...

Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa Baregbeg Ciamis Bakal Digelar Meriah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, biasa melaksanakan Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa. Tradisi ini digelar setiap menjelang...

Bupati Ciamis Apresiasi Kerja Keras PKK Tanpa Imbalan untuk Pembangunan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat.Sunarya mengapresiasi kerja keras, kontribusi dan peran PKK dalam pembangunan di Tatar Galuh Ciamis. Hal itu Herdiat sampaikan saat...

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dimulai, Ini Pesan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis mulai digelar. Kegiatan dilaksanakan di Lapang Tenis...
spot_img

Terpopuler

Lainnya