Selasa, Juli 9, 2024

Pedagang Atribut Agustusan di Ciamis Mengeluh Sepi Pembeli

DJAVATODAY.COM, BERITA CIAMIS – Jelang peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75, sejumlah pedagang atribut agustusan musiman mulai bermunculan di Ciamis, Selasa (4/8/2020).  Disaat pandemi Corona ini para pedagang bendera dan umbul-umbul ini mengeluh karena sepi pembeli.

Haris, seorang pedagang bendera warga Sadananya, mengaku setiap tahun ia berjualan berbagai atribut agustusan menjelang HUT RI.  Padahal dihari biasanya, ia bekerja sebagai tukang sol sepatu. Menurutnya, berebeda dari tahun lalu yang cukup ramai, kini pembeli sangat sepi.

“Sekarang sepi pak. Saya sudah berjualan beberapa hari tapi yang laku baru 3 bendera dan 2 umbul-umbul. Padahal dulu di awal Agustus saja sudah banyak yang terjual,” kelasnya.

Pedagang atribut agustusan ini mengaku mendapat barang seperti umbul-umbul dan bendera dari temannya di Garut. Ada juga yang dari Cikoneng Ciamis.

“Awalnya menjual bendera dan umbul-umbul ini untuk tambahan penghasilan. Namun, tahun ini sepi, sol juga lagi sepi jadi dari pada diam di rumah jenuh, mending dagang saja meskipun tidak ada pembeli,” katanya.

Namun begitu, kata Haris, pihaknya tetap optimis meskipun saat ini pandemi Covid-19 dan sepi pembeli. Akan, tetapi masih ada waktu sampai peringatan hari kemerdekaan tiba.

“Saya tetap optimis, karena masih banyak waktu. Mudah-mudahan hari esok atau lusa banyak pembeli lagi,” tegas pedagang atribut agustusan ini.

Haris menambahkan, harga bendera dan umbul-umbul yang di jual tidak ada peningkatan, semuanya hampir sama dengan harga tahun sebelumnya.

Untuk harga bendera dengan ukuran 90 cmx60cm di jual dengan harga Rp 17 ribu, ukuran 110cm x 1,5 m di jual dengan harga Rp 50 ribu. Sedangkan untuk umbul-umbul dengan ukuran panjang 3 meter dengan harga Rp 35 ribu sampai 45 ribu rupiah.

“Untuk harga relatif sih, yang membedakannya hanya ukuran dan motifnya saja. Yang paling mahal ada umbul-umbul dengan ukuran 6 meter seharga Rp 110 ribu,” pungkasnya. *FR/Djavatoday

Keceriaan Anak di Ciamis Ikuti English Fun Isi Waktu Libur Sekolah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pada momen libur sekolah tahun ini, Lembur Kaulinan Cibunar dan pegiat Sakola Motekar Ciamis kembali menggelar Taman Karya Anak dengan tema...

Jelang Pilkada 2024, BKPSDM Ciamis Keluarkan Edaran Netralitas ASN

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bersikap netral dalam perhelatan Pilkada 2024. Untuk mempertegas hal itu, Pemkab Ciamis melalui BKPSDM Ciamis mengeluarkan...

Perbaikan Jembatan Cisontrol Penghubung 2 Kecamatan yang Ambruk Diprioritaskan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Ciamis bakal memprioritaskan perbaikan jembatan cisontrol yang ambruk. Sebelumnya jembatan penghubung...

Cerita Dibalik Batu Tapak di Situs Astana Gede Kawali Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setiap prasasti yang ada di Situs Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, memiliki cerita masing-masing. Salah satunya adalah Prasasti V Astana Gede...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya