Kamis, Februari 29, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Pedagang Atribut Agustusan di Ciamis Mengeluh Sepi Pembeli

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

DJAVATODAY.COM, BERITA CIAMIS – Jelang peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75, sejumlah pedagang atribut agustusan musiman mulai bermunculan di Ciamis, Selasa (4/8/2020).  Disaat pandemi Corona ini para pedagang bendera dan umbul-umbul ini mengeluh karena sepi pembeli.

Haris, seorang pedagang bendera warga Sadananya, mengaku setiap tahun ia berjualan berbagai atribut agustusan menjelang HUT RI.  Padahal dihari biasanya, ia bekerja sebagai tukang sol sepatu. Menurutnya, berebeda dari tahun lalu yang cukup ramai, kini pembeli sangat sepi.

“Sekarang sepi pak. Saya sudah berjualan beberapa hari tapi yang laku baru 3 bendera dan 2 umbul-umbul. Padahal dulu di awal Agustus saja sudah banyak yang terjual,” kelasnya.

Pedagang atribut agustusan ini mengaku mendapat barang seperti umbul-umbul dan bendera dari temannya di Garut. Ada juga yang dari Cikoneng Ciamis.

“Awalnya menjual bendera dan umbul-umbul ini untuk tambahan penghasilan. Namun, tahun ini sepi, sol juga lagi sepi jadi dari pada diam di rumah jenuh, mending dagang saja meskipun tidak ada pembeli,” katanya.

Namun begitu, kata Haris, pihaknya tetap optimis meskipun saat ini pandemi Covid-19 dan sepi pembeli. Akan, tetapi masih ada waktu sampai peringatan hari kemerdekaan tiba.

“Saya tetap optimis, karena masih banyak waktu. Mudah-mudahan hari esok atau lusa banyak pembeli lagi,” tegas pedagang atribut agustusan ini.

Haris menambahkan, harga bendera dan umbul-umbul yang di jual tidak ada peningkatan, semuanya hampir sama dengan harga tahun sebelumnya.

Untuk harga bendera dengan ukuran 90 cmx60cm di jual dengan harga Rp 17 ribu, ukuran 110cm x 1,5 m di jual dengan harga Rp 50 ribu. Sedangkan untuk umbul-umbul dengan ukuran panjang 3 meter dengan harga Rp 35 ribu sampai 45 ribu rupiah.

“Untuk harga relatif sih, yang membedakannya hanya ukuran dan motifnya saja. Yang paling mahal ada umbul-umbul dengan ukuran 6 meter seharga Rp 110 ribu,” pungkasnya. *FR/Djavatoday

Pemilihan Duta Baca Ciamis 2024, Upaya Tingkatkan Literasi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan Paguyuban Duta Baca Ciamis menggelar Pemilihan Duta Baca Ciamis tahun 2024. Kegiatan digelar...

Resmikan Masjid Al Marjani Cisaga, Wabup Ciamis Ajak Warga Memakmurkan Masjid

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meresmikan Masjid Al Marjani di Desa Cisaga, Kecamatan Cisaga, Selasa (27/2/2024) malam. Dalam kesempatan itu,...

Kisah Inspiratif Daryaman, Pedagang Gorengan di Ciamis Raih Gelar Doktor

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Cerita inspiratif datang dari Daryaman (40), seorang pedagang gorengan di Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang menempuh pendidikan tinggi hingga meraih...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Sadananya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis melalui FK Tagana Ciamis menyalurkan bantuan logistik untuk korban bencana angin puting beliung di Mangkubumi, Kecamatan Sadananya. Diketahui,...
spot_img

Terpopuler

Lainnya