Minggu, Oktober 17, 2021

Patilasan dan Cerita Eyang Empu Bagus Pandai Kasip di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah tempat di Dusun Cigobang, Desa Panawangan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sering dikunjungi peziarah. Tempat tersebut adalah Patilasan Eyang Empu Bagus Pandai Kasip.

Para peziarah dari Berbagai daerah itu biasanya datang pada malam-malam tertentu. Mereka bertawasul dan berdoa kepada yang maha kuasa di lokasi tersebut.

Baca juga:

Kepala Dusun Cigobang Engkus Kusnandar membenarkan hal tersebut. Menurut cerita secara turun-temurun, Eyang Empu ini merupakan seorang pandai besi yang membuat berbagai alat pertanian. Eyang pun juga mahir dalam membuat senjata untuk berperang. Kesaktiannya pun populer pada masanya.

Pada zaman Kerajaan Mataram, senjata meriam yang dinamakan si Jagur rusak dan harus segera diperbaiki. Kemudian pihak kerajaan mengirim utusan mencari ahli pembuat senjata di berbagai pelosok penjuru daerah. Akhirnya menemukan Eyang Empu Bagus Pandai Kasip di wilayah Kerajaan Galuh tepatnya di Cigobang.

“Utusan kerajaan memintanya untuk datang ke Kerajaan Mataram dan memperbaiki senjatanya yang telah rusak,” ungkapnya.

Eyang pun menyanggupinya dan perguruan ke Kerajaan Mataram. Kemudian memperbaiki meriam tersebut hanya dengan kotoran yang menempel di badannya (daki) dan menempelkannya ke bagian meriam yang bolong. Meriam tersebut pun bisa diperbaiki dan digunakan lagi untuk berperang.

“Karena telah berhasil, Kerajaan Mataram memberikan penghargaan kepada Eyang Empu Bagus Pandai Kasip berupa gelar kehormatan,” ceritanya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU