Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Parkir Berlangganan di Ciamis, Dishub: Sudah Ada Progres

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis kini tengah mempersiapkan pemberlakukan parkir berlangganan sebagai inovasi untuk meningkatkan pendapatan daerah (PAD). Saat ini sudah menunjukan progres untuk bisa segera diberlakukan.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Ciamis Bambang Hermansyah mengatakankebijakan sudah mendapatkan nomor registrasi Peraturan Daerah (Perda). Bahkan saat ini sudah dilakukan evaluasi dari provinsi.

“Dalam evaluasi hanya memang ada catatan-catanan dari provinsi. Terkait dengan parkir berlangganan ini bukan urusan wajib tapi pilihan. Registrasi Perda sudah ada ada, ini kan bentuknya retribusi jadi sesuai dengan pelayanan yang diberikan,” ungkap Bambang saat dihubungi, Jumat (22/1/2021).

Untuk menindaklanjuti catatan evaluasi itu, Pemkab Ciamis akan melakukan konsultasi dengan Pemerintah Provinsi untuk pemantapan sebelum Perda disahkan.

“Saat ini parkir berlangganan sudah ada progres. Kami juga sudah membuat semacam rambu-rambu, sudah disiapkan lalu kemudian sosialisasi ke masyarakat akan ada pembayaran parkir cukup setahun sekali,” kata Bambang.

Menurutnya, pemberlakuan parkir ini akan menguntungkan semua pihak. Dibayarnya pada saat melakukan pembayaran pajak kendaraan tahunan.

Masyarakat akan diuntungkan karena setiap hari tidak perlu bayar parkir. Nilainya untuk sepeda motor Rp 20 ribu dan mobil Rp 40 ribu.

“Potensi PAD dari parkir berlangganan ini pun besar bisa sampai Rp 7 milyar. Kalau sekarang target PAD sekitar Rp 725 juta. Tentunya kan ini masuk kas daerah dan untuk pembangunan Ciamis,” ungkapnya.  (CN/AY/Djavatoday)

Simak! Jadwal 5 Tradisi Jelang Ramadan 2024 di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Menjelang Bulan Ramadan, ada berbagai tradisi budaya yang biasa digelar masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Biasanya...

Dispar Ciamis Berlakukan Penyesuaian Tarif Tiket Masuk 4 Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis akan memberlakukan penyesuaian tarif tiket masuk di obyek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis. Penyesuaian tarif itu...

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Terpopuler

Lainnya