Sabtu, Juli 13, 2024

Parkir Berlangganan di Ciamis, Dishub: Sudah Ada Progres

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis kini tengah mempersiapkan pemberlakukan parkir berlangganan sebagai inovasi untuk meningkatkan pendapatan daerah (PAD). Saat ini sudah menunjukan progres untuk bisa segera diberlakukan.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Ciamis Bambang Hermansyah mengatakankebijakan sudah mendapatkan nomor registrasi Peraturan Daerah (Perda). Bahkan saat ini sudah dilakukan evaluasi dari provinsi.

“Dalam evaluasi hanya memang ada catatan-catanan dari provinsi. Terkait dengan parkir berlangganan ini bukan urusan wajib tapi pilihan. Registrasi Perda sudah ada ada, ini kan bentuknya retribusi jadi sesuai dengan pelayanan yang diberikan,” ungkap Bambang saat dihubungi, Jumat (22/1/2021).

Untuk menindaklanjuti catatan evaluasi itu, Pemkab Ciamis akan melakukan konsultasi dengan Pemerintah Provinsi untuk pemantapan sebelum Perda disahkan.

“Saat ini parkir berlangganan sudah ada progres. Kami juga sudah membuat semacam rambu-rambu, sudah disiapkan lalu kemudian sosialisasi ke masyarakat akan ada pembayaran parkir cukup setahun sekali,” kata Bambang.

Menurutnya, pemberlakuan parkir ini akan menguntungkan semua pihak. Dibayarnya pada saat melakukan pembayaran pajak kendaraan tahunan.

Masyarakat akan diuntungkan karena setiap hari tidak perlu bayar parkir. Nilainya untuk sepeda motor Rp 20 ribu dan mobil Rp 40 ribu.

“Potensi PAD dari parkir berlangganan ini pun besar bisa sampai Rp 7 milyar. Kalau sekarang target PAD sekitar Rp 725 juta. Tentunya kan ini masuk kas daerah dan untuk pembangunan Ciamis,” ungkapnya.  (CN/AY/Djavatoday)

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...

Calon Pengantin di Ciamis yang Akan Menikah Harus Setor Tunas Kelapa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon pengantin di Ciamis yang akan daftar menikah diimbau untuk menyetorkan atau menyedekahkan 1 pohon tunas kelapa ke KUA (Kantor Urusan...

Pilkada 2024, KPU Ciamis Targetkan 80 Persen Partisipasi Pemilih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis mempunyai target partisipasi pemilih dalam Pilkada Ciamis 2024 diatas 80 persen. Hal itu sebagaimana Kadiv Perencanaan...

5.433 Lansia di Ciamis Dapat Bansos Pemakanan Bergizi Siap Santap

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 5.433 lansia di Kabupaten Ciamis menerima bantuan sosial (bansos) dalam bentuk makanan bergizi siap saji. Bantuan itu dari Kemensos RI...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya