Rabu, Oktober 27, 2021

Rajin Nabung di Bank Sampah, Warga Ciamis Dapat Hadiah Motor

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Diding Rohyana warga Kadugede, Desa Karanganyar, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mendapat hadiah sepeda motor vario dari Pemkab Ciamis. Ini berkat rajin nabung sampah di bank sampah.

Hadiah motor ini diberikan oleh Pemkab Ciamis melalui Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, Taufik Gumelar didampingi Kabid Kebersihan, persampahan dan pertamanan Giyatno.

Baca juga:

“Jadi penghargaan ini kami berikan atas usahanya dalam menyelamatkan lingkungan. Bank sampah dan maggot merupakan inovasi Pemkab Ciamis dalam mengelola persampahan,” ujar Taufik.

Taufik mengatakan berkat jasa Diding dengan nabung sampah menjadi salah satu cara peduli lingkungan.

Hadiah sepeda motor ini ternyata tidak serta merta langsung dipilih, tapi ada tahapan penilaian tertentu. Syaratnya menabung dalam kurung waktu lama, aktivitas dalam mengelola sampah dan unsur lainnya.

“Kami juga akan berikan apresiasi kepada nasabah bank sampah lainnya, ada penghargaan lainnya dari pak Bupati atas dedikasinya dalam upaya menyelamatkan lingkungan,” jelasnya.

Camat Cijeungjing Iyus Sunardi mengaku bangga, warganya yang mendapat penghargaan dari Pemkab Ciamis atas usahanya dalam menyelamatkan lingkungan. Ia berharap warga lain pun mengikuti jejak Diding dalam mengelola sampah yakni dengan nabung di bank sampah.

Sementara itu, Diding mengaku terharu sekaligus bahagia karena tidak menduga mendapat hadiah istimewa saat momen hari jadi Ciamis ke 379. Ia menabung sampah secara sukarela untuk dijadikan rupiah yang jadi salah satu sumber penghidupannya.

“Saya bersyukur, tidak menyangka mendapat hadiah motor. Mimpi saja tidak untuk punya motor. Dengan ini saya akan lebih giat lagi nabung sampah di bank sampah. Saya akan ajak masyarakat lainnya agar lebih peduli terhadap sampah agar tidak membuang sembarangan. Tapi dikumpulkan dan ditabung bisa menjadi uang,” katanya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU