Rabu, Juni 19, 2024

Mengenal Tradisi Hajat Bumi di Desa Sagalaherang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Desa Sagalaherang, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memiliki tradisi yang digelar setahun sekali. Tradisi itu adalah hajat bumi yang bersaman dengan HUT Desa Sagalaherang.

Hal unik dari tradisi ini adalah adanya ritual menyembelih kambing kendit atau kerbau bule. Dalam ritual ini, warga menyembelih seekor kambing yang memiliki bulu warna hitam namun ada corak bulu putih yang melingkar mirip selendang putih. Warga menganggap kambing tersebut istimewa dan sakral.

Jenal Abidin, Ketua MUI Desa Sagalaherang, mengatakan Tradisi Hajat Bumi tersebut sudah berlangsung selama puluhan tahun lalu. Saat ini warga Desa Sagalaherang tetap melestarikan sebagai salah satu kearifan lokal.

“Tradisi ini berlangsung setiap awal Juli bertepatan dengan rangakaian HUT Desa Sagalaherang. Dalam Tradisi Hajat Bumi ini salah satu ritualnya memotong kambing kendit,” ucapnya, Rabu (5/7/2023).

Jenal mengatakan dalam prosesi pemotongan kambing itu melibatkan kaum pria mulai dari pukul 08.00 WIB. Kemudian kaum perempuan memasak. Setelah selesai, warga kemudian melaksanakan doa bersama syukuran hajat bumi. Warga pun sangat antusias dan menanti-nanti event tahunan itu.

“Ritual ini merupakan adat budaya kearifan lokal warga Sagalaherang. Tidak ada larangan atau ritual tertentu dalam penyembelihan kambing kendit ini,” jelasnya.

Menurut Jenal, tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur warga Desa Sagalaherang atas limpahan rezeki dan keselamatan selama setahun ini.

“Dulu ada beberapa tokoh Desa Sagalaherang yang berperan dalam penyebaran agama Islam dan pendiri desa. Yakni Mbah Eyang Mujur, Eyang Samahina dan Eyang Lembu Api,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

Masuk 3 Besar Penilaian Adminduk Prima Jabar, Ini Inovasi Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah masuk 3 besar pada penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar, Disdukcapil Ciamis mempunyai beberapa inovasi pelayanan online. Adapun salah satu inovasi tersebut...

Keren, Disdukcapil Ciamis Masuk 3 Besar Lolos Penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis, masuk 3 besar lolos penilaian dalam hasil seleksi administrasi Adminduk Prima Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Ciamis,...

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya