Senin, Juni 24, 2024

Mengenal Kata Hageuy Khas Warga Rancah Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setiap daerah di Jawa Barat memiliki kosa kata Sunda atau logat yang khas dan unik. Begitu juga di Kabupaten Ciamis, tepatnya di Rancah, yang memiliki kata Hageuy. Kata itu hanya biasa diucapkan oleh warga Kecamatan Rancah dan sekitarnya.

Bahkan setiap orang yang mengungkapkan kata Hageuy dipastikan orang tersebut adalah warga Rancah.

Kata Hageuy mengandung beberapa arti. Biasanya untuk mengungkapkan persetujuan, kepastian atau membenarkan dari pertanyaan, seperti kata uhun atau atos. Dalam bahasa Indonesia bisa berarti iya dan sudah.

Contoh kalimatnya, “Tadi ka stadion teu nonton bola? Hageuy” (tadi ke stadion nonton bola gak? iya). Kalau bukan orang Rancah, pasti jawabannya bisa kata uhun atau enya.

Atau seperti “Dahar heula teu tadi? Hageuy” (Tadi makan dulu nggak? Sudah), itu hanya orang Rancah yang jawab. Tapi kalau warga Ciamis lainnya, biasanya menjawab atos atau engges.

Selain di Kecamatan Rancah, kata Hageuy juga ditemukan di kecamatan tetangga seperti Tambaksari dan Rajadesa. Mungkin bisa dari keturunan atau terpengaruh bahasa.

Yoyo, Kepala Desa Cisontrol, warga asli Rancah mengaku sejak kecil sudah mengenal kata Hageuy. Menurutnya Hageuy merupakan kata ungkapan yang mengisyaratkan persetujuan atau pembenaran.

“Saya sekarang usia 54 tahun, sewaktu kecil juga kata Hageuy sudah ada. Asal usulnya dari mana tidak tahu tapi memang semua warga Rancah sudah biasa mengungkapkannya bahkan sudah jadi ciri khas. Artinya itu membenarkan atau setuju,” ungkap Yoyo.

Sepengetahuan Yoyo, kata Hageuy memang hanya ada di Kecamatan Rancah dan Tambaksari yang merupakan pemekaran dari Rancah. (Ayu/CN/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya