Selasa, Juni 25, 2024

Masih Banyak Perangkat Desa di Ciamis Kesulitan Kelola Dana Desa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masih banyak perangkat desa di Ciamis yang mengalami kesulitan dalam mengelola Dana Desa. Hal tersebut dikataka Kasi Intel Kejaksaan Negeri Ciamis Femi Irvan Nasution Kamis (28/1/2021).

Kejaksaan Negeri Ciamis sendiri memiliki sejumlah program upaya preventif melalui sosialisasi, salahsatunya program Jaga Desa. Dengan bentuk kegiatan sosialisasi terpusat kepada perangkat Desa.

“Kita sering melakukan sosialisasi kepada perangkat Desa. Dilakukan di tiap Kecamatan, jadi kita undang para perangkat Desa terpusat di teritorial satu Kecamatan,” kata Femi.

Kegiatan dilakukan sebagai bentuk jemput bola dari Kejari Ciamis. Untuk menghilangkan paradigma menyeramkan di Kejaksaan Negeri Ciamis di mata perangkat Desa.

“Kita ingin merangkul semua element masyarakat. Dalam hal ini kita ingin memberitahu bahwa tidak ada yang perlu ditakuti untuk berkonsultasi kepada kami. Kita sangat terbuka,” tegasnya.

Sejauh ini, Femi mengaku, antusiasme perangkat desa sangat positif. Kendala yang banyak ditemukan memang dalam hal pengelolaan Dana Desa.

“Mohon maaf, memang banyak ketakuan yang dialami para perangkat Desa di Ciamis. Seperti dalam hal pelaksanaan kontrak kerja, ditambah tekanan-tekanan dari para oknum yang menjerumuskan kepada penyalahgunaan anggaran,” paparnya.

Femi menerangkan, selama pendemi program jaga Desa terhambat. Banyak perangkat Desa antusias mengikuti sosialisasi Kejari, namun kondisi tidak memungkinkan.

“Pendemi Covid19 ini membuat kita harus membatasi jumlah peserta dalam sosialisasi. Jadi sedikit terhambat, banyak perangkat Desa yang antusias ingin ikut serta, namun kita harus membatasi jumlah peserta,” pungkasnya.

Kerja Perangkat Desa Di Ciamis Dimudahkan Dengan Tekhologi 4.0

Pada tahun 2020, sedikitnya sebanyak tiga Kepala Desa di Ciamis harus berurusan dengan hukum karena indikasi penyalah gunaan anggaran Desa.

Menyikapi hal tersebut, Sekretaris Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi) Ciamis M Abdul Haris telah merancang solusi mengenai kesuliatan kerja perangkat Desa. Tekhnologi Digital 4.0 yakni Smartboard Android dan KiosK menjadi penunjang kerja untuk mempermudah tugas perangkat Desa.

“Ditengah pendemi ini kita dituntut melebur dengan kemajuan zaman dalam hal pemanfaatan tekhnologi,” jelas Haris.

Smardboard Android akan dilengkapi fitur Internet yang memungkinkan bagi Kejaksaan mengakses langsung progres pengelolaan Dana Desa.

“Progres pendampingan pengelolaan anggaran pun dapan dilakukan secara online. Jika ingin percepatan pemulihan ekonomi dan akselerasi pembangunan, kita Perangkat Desa Ciamis harus memanfaatkan kemajuan zaman,” pungkas Haris. (MM/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya