Sabtu, Juli 20, 2024

Leuwi Pamipiran Sadananya Ciamis Konon Bisa Untuk Terapi Sakit Stroke

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wisata Leuwi Pamipiran Desa Tanjungsari, Sadananya, Ciamis, Jawa Barat selain indah tapi juga berkhasiat. Konon, sebagian warga mempercayai apabila terapi dengan cara berendam di tempat ini bisa menyembuhkan penyakit stroke dan sejenisnya. 

Benar atau tidaknya, ternyata tempat ini sudah lama sering dikunjungi oleh warga beberapa daerah untuk terapi. Hal itu sebelum tempat ini dijadikan sebuah obyek wisata. 

Warga setempat, Tatang, membenarkan hal itu. Biasanya warga yang melakukan terapi datang dari pukul 03.00 dini hari, lalu berendam beberapa jam. Dilakukan sampai tiga kali dalam kurun waktu tertentu. 

“Yang punya keluhan kaki, keseleo sampai stroke, banyak yang datang ke Leuwi Pamipiran Desa Tanjungsari Sadananya ini. Mereka tahu dari mulut ke mulut,” ujar Tatang, Selasa (30/3/2021).

Tatang bercerita, dulu ada orang yang menderita stroke kemudian tidak tahu dari mana mencoba berendam di leuwi tersebut. 

Ia berendam selama kurang lebih 5 jam. Hal itu dilakukan rutin sebanyak 3 kali sampai akhirnya kakinya bisa lagi digerakkan dan berangsur normal. 

“Yang stroke setelah 3 kali berendam disini berangsur sembuh. Mungkin bisa juga sugesti. Di lokasi ini juga ada makam Eyang Tanjungsari, merupakan tokoh penyebar Islam disini, jadi air dari Leuwi ini memiliki khasiat,” ucapnya. 

Warga yang pernah datang ke Leuwi Pamipiran Sadananya Ciamis ini warga lokal hingga luar daerah seperti Tasikmalaya. 

Sekarang leuwi ini menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik, dikelola oleh masyarakat Pokdarwis Tanjungsari. Penataan terus dilakukan agar Leuwi Pamipiran ini menjadi tempat yang lebih menarik untuk dikunjungi dengan keunggulan air yang jernih, sensasi berenang di alam liar. (CN/AY/Djavatoday)

Pantai Pangasan Pacitan dengan Pesona Persawahan

Pantai Pangasan Pacitan merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan eksotisme alam dari beberapa kombinasi.

DPRD dan Pj Bupati Ciamis Setujui 2 Raperda Jadi Peraturan Daerah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pimpinan DPRD Ciamis bersama Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna menyetujui 2 rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi Perda. Penandatangan persetujuan dilaksanakan di...

Peringati HUT Pramuka, Kwarcab Ciamis Gelar Lomba Jelajah Alam

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka memperingati HUT Gerakan Pramuka ke 63, Kwarcab Ciamis mengadakan lomba Jelajah Alam bagi anggota Mabiran. Adapun pelepasan peserta lomba berlangsung...

Kormi Ciamis Lepas 36 Atlet di Pekan Olahraga Tradisional Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kormi Kabupaten Ciamis melepas 36 atlet dalam ajang Pekan Olahraga Tradisional Provinsi Jawa Barat dalam rangka HUT Kodam III Siliwangi. Pelepasan para...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya