Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Leuwi Pamipiran Sadananya Ciamis Konon Bisa Untuk Terapi Sakit Stroke

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wisata Leuwi Pamipiran Desa Tanjungsari, Sadananya, Ciamis, Jawa Barat selain indah tapi juga berkhasiat. Konon, sebagian warga mempercayai apabila terapi dengan cara berendam di tempat ini bisa menyembuhkan penyakit stroke dan sejenisnya. 

Benar atau tidaknya, ternyata tempat ini sudah lama sering dikunjungi oleh warga beberapa daerah untuk terapi. Hal itu sebelum tempat ini dijadikan sebuah obyek wisata. 

Warga setempat, Tatang, membenarkan hal itu. Biasanya warga yang melakukan terapi datang dari pukul 03.00 dini hari, lalu berendam beberapa jam. Dilakukan sampai tiga kali dalam kurun waktu tertentu. 

“Yang punya keluhan kaki, keseleo sampai stroke, banyak yang datang ke Leuwi Pamipiran Desa Tanjungsari Sadananya ini. Mereka tahu dari mulut ke mulut,” ujar Tatang, Selasa (30/3/2021).

Tatang bercerita, dulu ada orang yang menderita stroke kemudian tidak tahu dari mana mencoba berendam di leuwi tersebut. 

Ia berendam selama kurang lebih 5 jam. Hal itu dilakukan rutin sebanyak 3 kali sampai akhirnya kakinya bisa lagi digerakkan dan berangsur normal. 

“Yang stroke setelah 3 kali berendam disini berangsur sembuh. Mungkin bisa juga sugesti. Di lokasi ini juga ada makam Eyang Tanjungsari, merupakan tokoh penyebar Islam disini, jadi air dari Leuwi ini memiliki khasiat,” ucapnya. 

Warga yang pernah datang ke Leuwi Pamipiran Sadananya Ciamis ini warga lokal hingga luar daerah seperti Tasikmalaya. 

Sekarang leuwi ini menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik, dikelola oleh masyarakat Pokdarwis Tanjungsari. Penataan terus dilakukan agar Leuwi Pamipiran ini menjadi tempat yang lebih menarik untuk dikunjungi dengan keunggulan air yang jernih, sensasi berenang di alam liar. (CN/AY/Djavatoday)

Warga Baregbeg Ciamis yang Meninggal Dunia Akibat Terjangkit DBD Jadi 2 Orang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam kurun waktu bulan Januari-Februari 2024, sebanyak 2 warga Baregbeg, Kabupaten Ciamis, meninggal dunia akibat terjangkit demam berdarah Dengue (DBD). Kepala Desa...

Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa Baregbeg Ciamis Bakal Digelar Meriah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, biasa melaksanakan Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa. Tradisi ini digelar setiap menjelang...

Bupati Ciamis Apresiasi Kerja Keras PKK Tanpa Imbalan untuk Pembangunan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat.Sunarya mengapresiasi kerja keras, kontribusi dan peran PKK dalam pembangunan di Tatar Galuh Ciamis. Hal itu Herdiat sampaikan saat...

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dimulai, Ini Pesan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis mulai digelar. Kegiatan dilaksanakan di Lapang Tenis...
spot_img

Terpopuler

Lainnya