Minggu, April 14, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Kolam Ikan dan Sawah Diterjang Banjir saat Hujan Deras, Petani Baregbeg Ciamis Alami Kerugian

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Belasan kolam ikan dan sawah warga Dusun Ciwahangan, Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, diterjang banjir. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (27/1/2024) malam.

Banjir tersebut menghanyutkan benih ikan dan benih padi. Akibatnya para petani mengalami kerugian. Selain itu, sejumlah sawah dan kolam warga jebol dan harus mendapat perbaikan.

Wawan, pemilik sawah, mengaku pasrah atas kejadian tersebut. Banjir yang merendam sawah dan membawa hanyut benih padi terjadi di waktu yang tidak tepat. Padahal ia berencana akan menanam benih padi atau tandur.

“Posisinya mau tandur, kerugian mencapai Rp 2 Juta, ada sekitar 300 ikat benih padi yang siap ditanam,” ujar Wawan, Minggu (28/1/22024).

Sementara, Rahmat salah seorang pemilik kolam ikan yang jebol. Kolam ikan miliknya itu baru saja ditanami ikan gurame dengan rata-rata berukuran 7 hingga 9 ons.

“Awalnya kami juga tidak menyangka kolam yang ditanami ikan gurame itu akan jebol. Namun hujan yang sangat deras mengakibatkan air dari saluran disampingnya masuk semua ke kolam. Sehingga tanggalnya tidak kuat dan jebol, ” ungkapnya.

Dirapikan dia, akibat kejadian itu dirinya mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah, karena ikan gurame yang berada di kolam tersebut lebih dari 1,5 kental.

“Tapi mau bagai mana lagi, mungkin ini sudah bukan milik saya, semoga ada rezeki lagi untuk membeli bibit gurame yang baru,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

7 Keluarga Korban Pergerakan Tanah di Panawangan Dapat Bantuan dari Dinsos Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Beberapa hari terakhir ini sejumlah daerah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilanda bencana. Seperti pergerakan tanah di Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan Bagi 3 Keluarga yang Rumahnya Terendam Banjir saat Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis menyalurkan bantuan untuk 3 keluarga yang rumahnya terendam banjir di Kelurahan Ciamis pada saat hari H Lebaran....

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Terpopuler

Lainnya