Senin, Oktober 25, 2021

Kampoeng Wisata Waterjump, Alternatif Liburan Murah Meriah

Taman Situ Arjan Waterjump atau yang lebih dikenal Kampoeng Wisata Waterjump berada di Jalan Raya Ciamis-Banjar Km. 35 Dusun Timbangwindu Desa Pamalayan Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Untuk mencapai lokasi ini, dibutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit perjalanan dari pusat kota Ciamis.

Kampoeng Wisata Waterjump diresmikan pada tanggal 1 September 2019. Objek wisata ini dibangun berdasarkan ide dan gagasan dari para pemuda kampung Ciluncat untuk memanfaatkan lahan kosong di wilayahnya. Lahan itu dianggap potensial untuk dijadikan tempat wisata swafoto yang saat ini tengah digandrungi oleh masyarakat.

Baca juga:

Objek wisata ini dibangun dari hasil iuran warga atau yang lebih dikenal dengan istilah ‘perelek’. Tujuan dibangunnya objek wisata ini tak lain untuk memberdayakan sekaligus memajukan perekonomian masyarakat kampung Ciluncat. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 2.500, dengan biaya parkir motor Rp. 2.000, sedangkan untuk parkir mobil ditarif Rp. 5.000.

Di objek wisata ini, terdapat beberapa spot foto menarik dengan latar belakang pemandangan alam dan kebun yang indah. Beberapa fasilitas juga sudah tersedia, seperti gazebo untuk bersantai, mushala dan area parkir yang luas.

Wahana River Tubing di Kampoeng Wisata Waterjump

Sebenarnya pada awal peresmian objek wisata ini, terdapat wahana bermain anak dan flying fox yang merupakan hasil kerjasama dengan pihak lain dengan sistem bagi hasil. Namun karena kondisi pandemi, kerjasama ini terpaksa harus dihentikan akibat pendapatan yang semakin menurun.

Tapi tak perlu khawatir, di Kampoeng Wisata Waterjump ini kamu bisa menikmati wahana permainan lainnya seperti river tubing karena lokasinya berada di pertemuan antara Sungai Cileueur dan Sungai Cijantung.

Kegiatan river tubing ini menggunakan ban dalam mobil truk. Disini juga sudah disediakan helm dan pelampung. Kegiatan ini akan ditemani oleh tim pemandu. Untuk biayanya, kamu cukup mengeluarkan biaya Rp 15.000 saja.

Ketika memasuki musim kemarau airnya lebih dangkal dan jernih. Untuk itu, anak-anak diperbolehkan untuk berenang di sekitar aliran sungai, tetapi harus dalam pengawasan orang dewasa. Ada juga ayunan yang sengaja dibuat di atas aliran sungai. Wisata ini sangat direkomendasikan sebagai alternatif liburan yang murah meriah. (Willy/Djavatoday)

Baca juga : Uji Adrenalin di Sedekan River Tubing, Cobain Yuk!

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU