Sabtu, Juni 22, 2024

Jelang Mudik Lebaran 2024, Dishub Ciamis Ingatkan Bus Larangan Klakson Telolet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dishub Ciamis mengingatkan kembali larangan penggunaan klakson telolet di armada bus. Menjelang Mudik Lebaran 2024, Dishub Ciamis pun mendatangi sejumlah perusahaan Otobus di Ciamis memastikan tidak ada yang memakai klakson telolet.

Kepala Dishub Ciamis Dadang Mulyatna menjelaskan larangan klakson telolet berdasarkan Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) dan Peraturan Pemerintah tentang Kendaraan.

Di mana dalam pasal 69 disebutkan bahwa suara paling rendah 83 desibel dan paling tinggi 118 desibel atau dB (A).

‘Imbauan ini juga karena adanya pengaduan dari masyarakat. Kami sudah mendatangi beberapa PO Bus untuk mengingatkan kembali, ada Imas Putra, Gapuraning Rahayu dan Sumber Jaya,” ungkap Dadang, Jumat (29/8/2024).

Dadang menyebut, di Ciamis sendiri masih terdengar suara klakson telolet dibunyikan bus di sepanjang jalan nasional atau jalur mudik. Ditemukan juga banyak anak-anak yang mencegat bus di pinggir jalan untuk meminta sopir membunyikan klakson telolet.

“Itu kan membahayakan keselamatan. Juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan. Mengganggu konsentrasi pengendara lain yang berpotensi menimbulkan kecelakaan,” jelasnya.

Selain itu juga banyak keluhan yang disampaikan dari beberapa pihak seperti sekolah dan pesantren pinggir jalan yang terganggu dengan klakson telolet.

“Untuk PO Bus di Ciamis hasil pengecekan tidak ada yang memakai klakson telolet,” jelas Dadang Mulyatna.

Dishub pun bakal menindak tegas bagi pengemudi bus atau kendaraan besar yang membunyikan klakson Basuri atau Telolet. Menurut UU 22 tahun 2009, sanksinya hukuman penjara 2 bukan dan denda Rp 500 ibu.

“Intinya bus yang melintasi Ciamis tidak boleh membunyikan klakson telolet,” tegasnya.

Dishub Ciamis pun melakukan berbagai persiapan menghadapi Mudik Lebaran 2024. Seperti menyiagakan sejumlah posko mudik lebaran dari tanggal 3 sampai 18 April 2024.

“Posko utama di depan Puskesmas Ciamis dan Pos Pantau di Sub Terminal yakni di Cisaga, Banjarsari, Rancah, Kawali, Sumantri, Panjalu, Panumbangan dan Sindangkasih. Termasuk juga personelnya kami siagakan,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Buka Grand Final Bola Voli PPDI, Ini Harapan Pj Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna membuka Grand Final pertandingan bola voli antar PPDI kecamatan se Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut berlangsung di GOR...

Lobang Timah Ciamis, Tempat Refreshing yang Recommended!

Lobang Timah Ciamis bukanlah sebuah tempat tambang, Sobat Djava, melainkan sebuah objek wisata alam yang recommended.

Pemkab Ciamis Raih Penghargaan dari Pj Gubernur Jabar Atas Komitmen Kesejahteraan Lansia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis kembali meraih prestasi. Kali ini penghargaan dari Pemprov Jawa Barat atas komitmen Pemkab Ciamis terhadap pelayanan dan kesejahteraan untuk...

Dear Warga Ciamis, Saksikan Penampilan Sejumlah Pelaku Seni di Acara Napak Jagat Pasundan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Acara Napak Jagat Pasundan akan diselenggarakan di Alun-alun Ciamis pada Sabtu (22/6/2024) besok sekitar pukul 16.00 WIB sampai malam hari. Napak Jagat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya