Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Indahnya Panorama di Puncak Batu Walet Ciamis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Kabupaten Ciamis terkenal memiliki banyak potensi wisata alam, salah satunya Puncak Batu Walet yang berada di Kecamatan Panawangan.  Puncak Batu Walet merupakan sebuah bukit batu yang berada di pinggir jalan raya Ciamis-Cirebon milik perorangan. Masyarakat Desa Cinyasag menganggap lokasi ini memiliki potensi wisata sehingga pada akhirnya dilakukan penataan sedemikian rupa.

Untuk sampai ke lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Ciamis. Lokasinya dianggap strategis karena berada di jalur provinsi yang menghubungkan wilayah Priangan Timur dengan kabupaten Cirebon. Untuk sampai ke puncak, pengunjung harus mendaki terlebih dahulu sekitar 250 buah anak tangga.

Meski melelahkan, namun semuanya akan terbayarkan setelah kamu sudah sampai berada di puncak. Pemandangan yang disuguhkan begitu mempesona dengan suasana alam yang menyegarkan. Kamu bisa melihat hamparan perbukitan dari ketinggian dan juga indahnya pemandangan daerah Panawangan yang masih asri dan hijau.

Pengelola Puncak Batu Walet Ciamis Yayan Suryana mengatakan bahwa cikal bakal adanya tempat wisata ini dimulai ketika melihat sebuah potensi alam yang bagus jika dikembangkan. Selain itu, ide ini juga didukung penuh oleh warga pemilik lahan dan juga masyarakat sekitar.

Penataan tempat wisata dilakukan dengan melibatkan para pemuda Karang Taruna Dusun Kondang. Penataan ini juga sekaligus dimaksudkan untuk menghilangkan kesan angker dan menyeramkan, karena dulunya di sekitar komplek ini sempat dikenal sebagai lokasi pembuangan mayat.

Baca juga : Pesona Air Mata Sang Raja di Curug Tujuh Cibolang

Misteri Gua di Lokasi Puncak Batu Walet Ciamis

Konsep wisata yang akan dikembangkan di Puncak Batu Walet ini adalah konsep wisata yang up to date dengan menyediakan berbagai spot selfie dan juga beberapa gazebo untuk bersantai. Nantinya disini juga akan dibangun komplek perkemahan.

Di lokasi ini juga terdapar gua yang cukup dalam. Konon, gua ini memiliki jarak belasan kilometer dan bisa tembus sampai ke wilayah Gunung Bitung di Kecamatan Sukamantri yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan. Namun sampai sekarang, misteri gua ini belum terbukti karena belum ada yang berani untuk menelusuri gua tersebut.

Puncak Batu Walet ini kedepannya diharapkan menjadi salah satu pilihan wisata yang ramai dikunjungi oleh masyarakat Ciamis ataupun masyarakat dari luar daerah Ciamis. Dengan begitu, keberadaan tempat wisata ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat sekaligus memberdayakan para pemuda Karang Taruna di Dusun Kondang. (Willy/Djavatoday)

Warga Baregbeg Ciamis yang Meninggal Dunia Akibat Terjangkit DBD Jadi 2 Orang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam kurun waktu bulan Januari-Februari 2024, sebanyak 2 warga Baregbeg, Kabupaten Ciamis, meninggal dunia akibat terjangkit demam berdarah Dengue (DBD). Kepala Desa...

Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa Baregbeg Ciamis Bakal Digelar Meriah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, biasa melaksanakan Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa. Tradisi ini digelar setiap menjelang...

Bupati Ciamis Apresiasi Kerja Keras PKK Tanpa Imbalan untuk Pembangunan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat.Sunarya mengapresiasi kerja keras, kontribusi dan peran PKK dalam pembangunan di Tatar Galuh Ciamis. Hal itu Herdiat sampaikan saat...

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dimulai, Ini Pesan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis mulai digelar. Kegiatan dilaksanakan di Lapang Tenis...
spot_img

Terpopuler

Lainnya