Minggu, April 14, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Dua Rumah di Cihaurbeuti Ciamis Rusak Terbawa Tebing Longsor

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di Dusun Nanggela Kidul, Desa Sumberjaya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, rusak berat setelah terbawa tebing longsor.

Longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut, Sabtu (27/1/2024). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun pemilik rumah Tata (46) dan Dian Ekawati (43) beserta keluarganya harus mengungsi.

Kerusakan rumah terjadi pada bagian tembok belakang yang jebol. Tebing yang merupakan pondasi rumah longsor karena diguyur hujan terus menerus.

Ade Deni, Ketua Penasihat FK Tagana Ciamis membenarkan kejadian tersebut. Setelah mendapat laporan, ia bersama anggota Tagana Ciamis mendatangi lokasi dan melakukan pendataan.

“Kami mendapat laporan ada tebing longsor di Cihaurbeuti Ciamis saat hujan deras, mengakibatkan dua rumah rusak. Tembok belakang rumah jebol,” ujar Ade Deni.

Ade Deni memastikan pemilik rumah dalam kondisi selamat dan tidak mengalami luka. Tagana pun menyarankan kepada penghuni rumah untuk mengungsi, dikhawatirkan terjadi longsor susulan. Mengingat curah hujan masih tinggi terutama pada saat menjelang sore hari hingga malam.

Masyarakat, aparat desa setempat, TNI-Polri bersama Tagana kemudian melakukan penanganan dengan membersihkan material reruntuhan. Sedangkan untuk kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

Ade Deni pun mengimbau masyarakat untuk waspada, mengingat curah hujan di Ciamis diperkirakan cukup tinggi dalam beberapa hari ke depan.

Bagi warga yang rumahnya sering bocor dan lapuk sebaiknya mengungsi ke tempat aman saat hujan deras karena dikhawatirkan ambruk.

“Juga harap diperiksa saluran air jangan sampai tersumbat atau tergenang karena bisa memicu terjadinya longsor,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

7 Keluarga Korban Pergerakan Tanah di Panawangan Dapat Bantuan dari Dinsos Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Beberapa hari terakhir ini sejumlah daerah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilanda bencana. Seperti pergerakan tanah di Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan Bagi 3 Keluarga yang Rumahnya Terendam Banjir saat Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis menyalurkan bantuan untuk 3 keluarga yang rumahnya terendam banjir di Kelurahan Ciamis pada saat hari H Lebaran....

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Terpopuler

Lainnya