Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Dispar Ciamis Berlakukan Penyesuaian Tarif Tiket Masuk 4 Obyek Wisata

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis akan memberlakukan penyesuaian tarif tiket masuk di obyek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis. Penyesuaian tarif itu mulai berlaku pada 1 Maret 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia mengatakan penyesuaian tarif itu berdasarkan pada Perda nomor 15 tahun 2023.

“Penyesuaian tarif masuk akan mulai diberlakukan 1 Maret 2024,” ujar Budi Kurnia, Minggu (25/2/2024).

Ada 4 obyek wisata yang akan naik. Yakni Situ Lengkong Panjalu, Situs Astana Gede Kawali, Obyek Wisata Budaya Ciung Wanara Karangkamulyan dan Kolam Renang Tirta Winaya.

Rincian Penyesuaian Tarif Tiket Masuk 4 Obyek Wisata

Tiket masuk Obyek Wisata Situ Lengkong Panjalu, Kecamatan Panjalu menjadi Rp 7.500. Situ Lengkong panjalu merupakan danau terbesar di Kabupaten Ciamis. Obyek wisata ini juga menjadi tujuan wisata ziarah.

Tiket Situs Astana Gede Kawali, Kecamatan Kawali Rp 6.500. Obyek ini sebagai tempat bersejarah. Konon Astana Gede Kawali merupakan petilasan Kerajaan Galuh. Tempat ini menjadi tujuan pelajar dan mahasiswa yang melakukan penelitian.

Kemudian Situs Budaya Ciung Wanara naik jadi Rp 6.500. Lokasinya berada di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing. Tempat ini juga merupakan situs bersejarah peninggalan Kerajaan Galuh. Di tempat ini terdapat Gong Perdamaian Dunia raksasa.

Terakhir, Kolam Renang Tirta Winaya, tiket masuk untuk anak-anak jadi Rp 5.500 dan desa Rp 6.500. Kolam Renang Tirta Winaya ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan legendaris.

“Semua tiket sudah termasuk rerribusi kebersihan dan juga asuransi. Sehingga pengunjung terlindungi, apabila terjadi sesuatu bisa diklaim asuransi,” ungkap Budi.

Budi menyebut dengan penyesuaian tarif ini bisa memberikan pelayanan yang lebih baik. Peningkatan pelayanan Sapta pesona kepada seluruh pengunjung.

Penyesuaian tarif ini untuk memberikan semangat pelayanan terbaik dari pengelola ke masyarakat pengunjung.

“Jadi harapannya, pada seluruh pengunjung calon pengunjung, masyarakat bisa ikut memberikan sebuah semangat pada peningkatan sisi pariwisata,” jelasnya.

Menurut Budi, penyesuaian tiket tersebut sudah disesuaikan dengan obyek wisata yang ada di Ciamis dan juga di daerah tetangga. Budi mengklaim, tiket wisata di Ciamis paling murah di wilayah Priangan.

“Tiket kita itu paling murah yang ada di wilayah Priangan. Yang lain sudah di atas Rp 10 ribu. Kita masih di bawah Rp 10 ribu. Ini sebagai penyesuaian tiket lama,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Terpopuler

Lainnya