Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Disdukcapil Ciamis Minta Warga Ganti Suket, Blangko e-KTP Tersedia

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bagi masyarakat Ciamis yang masih menggunakan surat keterangan (Suket) KTP, saat ini sudah bisa digantikan langsung dengan KTP elektronik atau e-KTP. Karena, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Ciamis menyediakan 10 ribu blangko e-KTP, Jumat (20/11/2020).

Kepala Bidang Piak Disdukcapil Ciamis, Didin mengatakan, saat ini Disdukcapil Kabupaten Ciamis menyediakan blangko e-KTP sebanyak 10 ribu lebih. Maka dari itu, masyarakat bisa mengganti suket ke e-KTP langsung.

“Masyarakat bisa langsung mengirimkan suket untuk digantikan ke e-KTP melalui nomor WhatsApp layanan kami. Nanti biar kami kirim ke rumah menggunakan jasa Kantor Pos,” katanya.

Didin mengungkapkan, Kemendagri menginginkan di akhir tahun 2020 ini sudah tidak ada lagi masyarakat yang memakai suket. Jadi, saat ini Kemendagri menyediakan banyak blangko e-KTP.

“Kouta 10 ribu ini dinilai cukup untuk Kabupaten Ciamis, tapi jika tidak cukup. Kami akan meminta lagi ke Kemendagri,” ungkapnya.

Didin mengatakan, masyarakat boleh datang ke kantor Disdukcapil Ciamis untuk menggantikan suket menjadi e-KTP. Asal, selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Saat ini sedang dalam pandemi Covid-19, jadi harus selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak saat berada di kantor Disdukcapil Ciamis,” katanya.

Menurutnya, server dan alat rekam e-KTP saat ini mengalami gangguan. Jadi, belum bisa melayani masyarakat yang ingin melakukan perekaman termasuk yang ingin menggantikan suket. Tapi, kemungkinan hari Senin mendatang sudah bisa lagi.

“Dari hari selasa kemarin, alat rekam dan servernya gangguan. Jadi ini kita lagi perbaiki. Kemungkinan senin juga sudah bisa digunakan lagi, mudah-mudahan saja,” tuturnya.

Meskipun layanan rekam e-KTP sementara waktu ditutup. Namun, lanjutnya, pelayanan surat-surat kependudukan lainya masih bisa dilayani.

“Yang tidak bisa itu hanya perekaman e-KTP saja, Disdukcapil Ciamis masih melayani membuat akte kelahiran dan akte kematian,” pungkasnya. (AsepFR/Djavatoday)

Simak! Jadwal 5 Tradisi Jelang Ramadan 2024 di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Menjelang Bulan Ramadan, ada berbagai tradisi budaya yang biasa digelar masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Biasanya...

Dispar Ciamis Berlakukan Penyesuaian Tarif Tiket Masuk 4 Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis akan memberlakukan penyesuaian tarif tiket masuk di obyek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis. Penyesuaian tarif itu...

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Terpopuler

Lainnya