Rabu, Februari 28, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

BNN Ciamis Ungkap 2 Kasus Peredaran Narkoba di Tahun 2020

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNN) Ciamis menyampaikan capaian kinerja selama tahun 2020. BNN berhasil mengungkap 2 kasus peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Dari dua kasus itu, BNN mengamankan dua tersangka dan sejumlah barang bukti berupa tembakau gorilla dan ganja. 1 kasus telah selesai dan pelakunya divonis 9 tahun penjara. Sedangkan 1 kasus lagi baru masuk tahap persidangan.

Kepala BNN Ciamis Engkos Kosidin menjelaskan untuk kasus atas tersangka berinisial YR diamankan oleh Seksi Pemberantasan. Dari tangan pelaku barang bukti yang diamankan ganja kering 12,87 gram.

“Merupakan bagian jaringan peredaran narkoba di wilayah Ciamis dan Tasikmalaya. Barang tersebut diperoleh dari Jakarta. Saat ini tersangka sudah divonis 9 tahun penjara,” ujar Engkos, Selasa (8/12/2020) di kantor BNNK Ciamis.

Sedangkan kasus kedua adalah jaringan tersangka berinisial YP. Kasus ini hasil pengungkapan atas kerjasama antara BNN Ciamis dengan Lapas Kelas IIB Ciamis.

Tersangka YP merupakan warga binaan di Lapas tersebut sekaligus jaringan peredaran gelap narkoba jenis Cannabis sintesis atau tembakau gorilla antar Lapas.

Yang bersangkutan sebagai peracik dan pengedar tembakau gorilla. Barang bukti itu ditemukan di dalam sel kamarnya dengan berat 64,3308 gram. Saat ini tersangka menjalani proses persidangan,” jelas Engkos.

BNN Ciamis juga di tahun 2020 ini telah merehabilitasi 17 orang pengguna berbagai jenis narkoba. Mereka dari beberapa daerah di Ciamis seperti Sadananya, Panumbangan dan Cihaurbeuti melaksanakan rawat jalan di Klinik Pratama BNNK Ciamis secara gratis.

“Jadi untuk rehabilitasi ini sesuai dengan asesmen (penilaian), ketika perlu perawatan maka akan dirujuk ke Balai Besar Rehabilitasi BNN. Atau ke lembaga rehabilitasi milik masyarakat. Harapannya semoga bisa segera pulih setelah mengikuti program rehabilitasi,” jelasnya.

BNN Ciamis pun terbuka bagi pengguna narkoba yang ingin sembuh untuk datang dan mengajukan permohonan untuk rehabilitasi. Namun saat ini rehabilitasi yang dilakukan umumnya atas intervensi dari BNN dan Pemerintah. (CN/Djavatoday)

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Sadananya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis melalui FK Tagana Ciamis menyalurkan bantuan logistik untuk korban bencana angin puting beliung di Mangkubumi, Kecamatan Sadananya. Diketahui,...

Ratusan Rumah di Sadananya Ciamis Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - Angin puting beliung disertai hujan deras melanda wilayah Desa Mangkubumi, Kecamatan Sadananya, Ciamis. Perisitiwa yang terjadi pada Senin (26/2/2024) petang...

11 Desa di Ciamis Ditetapkan Jadi Desa Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Dinas Pariwisata menetapkan 11 desa di Ciamis sebagai Desa Wisata. Penyerahan SK Bupati Ciamis penetapan Desa Wisata dilaksanakan...

Bank Sampah Kartini Dapat Bantuan dari BRI Ciamis, Ada Mobil Pikap untuk Angkut Sampah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bank Sampah Kartini di Desa Imbanagara Raya, Kabupaten Ciamis, mendapat bantuan dari BRI Ciamis. Bantuan itu berupa 1 mobil Pikap pengangkut...
spot_img

Terpopuler

Lainnya