Jumat, April 19, 2024

Bawaslu Ciamis Coret Caleg DPRD yang Tercatat ASN PPPK

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bawaslu Kabupaten Ciamis menyatakan telah mencoret seorang caleg DPRD Ciamis yang tercatat sebagai ASN PPPK. Sebelumnya caleg tersebut telah masuk dalam daftar calon tetap (DCT) oleh KPU Ciamis.

Ketua Bawaslu Ciamis Jajang Miftahudin memastikan hal tersebut saat melakukan jumpa pers, Jumat (5/1/2024).

Jajang menjelaskan, kasus ASN PPPK masuk dalam DCT caleg DPRD Ciamis berawal atas laporan masyarakat. Kemudian Bawalu pun melakukan penelusuran dan konfirmasi.

Hasilnya, 1 orang caleg itu ternyata tercatat sebagai ASN PPPK dari Kemenag Ciamis.

“Kita Bawaslu langsung melakukan gerak cepat menelusuri mengkonfirmasi, dan ternyata PPPK dari Kemenag Kabupaten Ciamis,” ujar Jajang.

Hasil konfirmasi Bawaslu kepada Kemenag pun membenarkan hal itu. Yang bersangkutan menjadi PPPK sejak 1 Agustus 2023 dengan jabatannya Ahli Pertama Penyuluh Agama Islam.

“Setelah itu kami sampaikan bahwa yang bersangkutan tercatat sebagai caleg yang telah ditetapkan dalam DCT,” ungkapnya.

Saat Bawaslu memberikan informasi tersebut, pihak Kemenag merasa kecolongan oleh caleg bersangkutan. Pasalnya, Kemenag sendiri memiliki prosedur dalam penjaringan P3K.

“Kemenag merasa kaget karena ada prosedur dalam penjaringan PPPK, salah satunya adalah surat pernyataan bagi seluruh ASN PPPK tidak terlibat politik praktis,” jelas Jajang.

Menurut Jajang, seharusnya caleg bersangkutan sebelum secepatnya menyampaikan pada pihak partai bahwa telah diterima sebagai PPPK sebelum penetapan DCT. Sehingga pihak partai akan melakukan tindakan.

“Karena itu pilihan yang harus memilih antara menjadi caleg atau tetap memilih PPPK,” ungkapnya.

Untuk itu, berdasar pada imbauan Bawaslu dan hasil Rapat Pleno KPU Kabupaten Ciamis, pada tanggal 23 Desember 2023, KPU melakukan pembatalan calon bersangkutan. KPU melakukan pencoretan calon pada DCT dengan berpedoman terhadap ketentuan Pasal 89 ayat (1) Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023. (Ayu/CN/Djavatoday)

Mitos Pantangan Warga Sumedang Kunjungi Situ Panjalu Ciamis Terpecahkan Lewat Kirab Mahkota Binokasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah sekian lama mitos pantangan atau larangan warga Sumedang mengunjungi/menyeberangi Situ Lengkong Panjalu, Ciamis kini terpecahkan. Hal itu ditandai dengan even...

Akhiri Masa Jabatan Bupati Ciamis Herdiat Lantik 146 Pejabat, Andang Firman Jadi Sekda

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengakhiri masa jabatan dengan melantik dan ambil sumpah 146 pejabat Pemkab Ciamis. Pelantikan dilaksanakan di halaman Pendopo...

TNI Sumedang Bangun Saluran Air Bagi Warga yang Terdampak Longsor di Permukiman

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- TNI Koramil 1009 Tomo Kodim 0610 Sumedang menggelar kegiatan karya bakti. TNI membantu masyarakat membangun saluran air di Dusun Cirendang, Desa...

Kirab Mahkota Binokasih di Ciamis Jadi Edukasi Sejarah untuk Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kirab Mahkota Binokasih dari Keraton Sumedang Larang telah dilaksanakan dua hari di Kabupaten Ciamis, Selasa-Rabu (16-17/5/2024). Kirab digelar di dua tempat...

Terpopuler

Lainnya