Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ada Mini Galeri Menarik di Dinas KUKMP Ciamis, Yuk Kunjungi

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Perkantoran di Kabupaten Ciamis kini mulai dibuat semenarik mungkin agar bisa meningkatkan pelayanan. Seperti di Dinas Koperasi, UKM  dan Perdagangan atau KUKMP Ciamis yang membuat sebuah mini galeri menarik.

Di dalam galeri ini terdapat berbagai jenis kerajinan dan makanan kuliner asli karya para pelaku usaha kecil menengah di Kabupaten Ciamis. Untuk kerajinan seperti, perkakas, hiasan rumah tangga, rumah tangga, pajangan dan cinderamata untuk oleh-oleh asli Ciamis

Sedangkan untuk kuliner, umumnya hanya kemasannya saja tapi ada juga yang memang bertahan lama disertai isinya yang bisa dicicipi. Bahkan ada kopi produksi Ciamis yang biasa menjadi oleh-oleh tamu dari daerah lain yang berkunjung ke Ciamis.

Kepala Dinas KUKMP Ciamis David Firdha menjelaskan mini galeri ini awalnya dibuat ketika ada tamu pemerintah daerah lain yang berkunjung ke Ciamis. Untuk mengenalkan berbagai produk asli Ciamis harus langsung berkunjung tapi waktunya terbatas.

Sehingga tercetus untuk mengumpulkan contoh berbagai kerajinan dan kuliner asli Ciamis dalam satu tempat.

“Jadi kami manfaatkan ruangan yang ada di kantor untuk dijadikan sebuah mini galeri. Jadi ketika ada tamu, kita bisa memperlihatkan produk-produk asli Ciamis,” ujar David, Jumat (29/1/2021).

David mengatakan untuk koleksinya dilakukan penjadwalan, karena jumlah pelaku UMKM di Ciamis mencapai ratusan. Jadi setiap sebulan sekali Dinas KUKMP Ciamis akan mengganti koleksi secara bergiliran sehingga akan lebih fresh.

“Supaya semua kebagian jadi dilakukan penjadwalan dalam periode tertentu, sebulan sekali dan beberapa waktu tertentu diganti dengan yang belum dipajang,” ungkapnya.

David pun mempersilahkan masyarakat untuk datang dan berkunjung ke mini galeri itu. Karena ini juga sebagai salah satu edukasi bagi masyarakat bahwa Ciamis memiliki produk-produk yang berkualitas. Bahkan tak menutup kemungkinan terpacu dan termotivasi menjadi pelaku UMKM dan membuat produk inovatif.

“Semoga mini galeri Dinas KUKMP Ciamis inibermanfaat sebagai bentuk pengenalan produk-produk asli Ciamis karya para pelaku usaha kecil menengah,” ucap David. (AYU/Djavatoday)

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Terpopuler

Lainnya