Rabu, April 10, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

585 Calon Jemaah Haji di Ciamis Gagal Berangkat Dampak Batasan Usia

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kuota calon jemaah haji di Ciamis yang akan berangkat ke Mekah tahun 2022 ini sebanyak 508 orang dari kuota sebelumnya 1.093 orang. Sehingga ada 585 orang calon jemaah haji asal Ciamis yang gagal berangkat tahun ini karena adanya aturan batasan usia maksimal 65 tahun. Keberangkatan direncanakan pada awal Juni mendatang.

“Jemaah yang berangkat itu yang tahun 2020, kalau dari data awal kita ada 1.094 orang, karena dibatasi usia maksimal 65 tahun jadi yang berhak hanya 508 orang,” ujar Kasi Pelaksana Haji dan Umroh Kemenag Ciamis Agus Abdulloh, Kamis (12/5/2022).

Prosesnya saat ini sedang dalam tahap konfirmasi pelunasan ke bank. Sudah ada 444 orang yang telah konfirmasi melakukan pelunasan, dan 330 orang telah registrasi ke Kemenag. Masih ada waktu pelunasan sampai 20 Mei 2022.

Menurut Agus, untuk persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun ini tergolong cukup mepet sehingga terus berpacu dengan waktu. Termasuk dalam hal urusan vaksinasi dan sinkronisasi paspor.

“Dulu biasanya pelunasan itu waktunya lama bisa sampai sebulan setengah. Kalau sekarang hanya 9 hari kerja. Berikut datanya juga harus cepat, persiapan ada sekitar 1 bulan dari biasanya 5 bulan,” jelasnya.

Menurutnya, kebijakan batas usia maksimal 65 tahun ini dari pihak Arab Saudi. Terkait nasib para calon jemaah haji yang tidak berangkat tahun ini menunggu kebijakan penyelenggaraan haji tahun depan. Meski demikian, para calon jemaah haji yang gagal berangkat ini masih ada harapan untuk berangkat.

“Tidak ada kompensasi bagi yang berangkat, ini kebijakan dari pihak Arab Saudi pembatasan kuota. Ini kan konteksnya istitoah (mampu),” jelasnya.

Agus menyebut kebijakan terkait haji ini sifatnya dinamis. Harapannya tahun depan kondisinya sudah normal dan regulasinya kembali seperti semula.

Menurutnya, sebelum Covid-19 datang, lansia selalu menjadi prioritas untuk keberangkatan haji. Namun saat kondisi pandemi ini, lansia yang terkena dampaknya. Kebijakan ini pun untuk kemaslahatan semuanya, lahir dari respon terhadap situasi. (Ayu/CN/Djavatoday)

Polres Ciamis Patroli ke Rumah Kosong yang Ditinggal Pemiliknya Mudik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis melakukan patroli rutin ke sejumlah rumah kosong karena ditinggal pemiliknya mudik. Patroli dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2024. Seperti yang...

Jelang Lebaran, Bupati Ciamis Berikan Bantuan Rutilahu

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang Lebaran Idul Fitri, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memberikan secara langsung bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu) kepada dua warga. Penyerahan bantuan...

5 Puskesmas di Jalur Mudik Ciamis yang Siap Melayani 24 Jam

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bagi pemudik yang kelelahan atau sakit saat melintasi Ciamis bisa memanfaatkan layanan puskesmas. Ada 5 Puskesmas di jalur mudik Ciamis yang...

Pantau Arus Mudik Lebaran 2024, Dishub Ciamis Manfaatkan 80 Kamera ATCS

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis siap melakukan pemantauan dan pengamanan Mudik Lebaran 2024. Salah satunya Dishub Ciamis memanfaatkan puluhan kamera Automatic...

Terpopuler

Lainnya