spot_img
Jumat, Mei 27, 2022
spot_img

585 Calon Jemaah Haji di Ciamis Gagal Berangkat Dampak Batasan Usia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kuota calon jemaah haji di Ciamis yang akan berangkat ke Mekah tahun 2022 ini sebanyak 508 orang dari kuota sebelumnya 1.093 orang. Sehingga ada 585 orang calon jemaah haji asal Ciamis yang gagal berangkat tahun ini karena adanya aturan batasan usia maksimal 65 tahun. Keberangkatan direncanakan pada awal Juni mendatang.

“Jemaah yang berangkat itu yang tahun 2020, kalau dari data awal kita ada 1.094 orang, karena dibatasi usia maksimal 65 tahun jadi yang berhak hanya 508 orang,” ujar Kasi Pelaksana Haji dan Umroh Kemenag Ciamis Agus Abdulloh, Kamis (12/5/2022).

- Advertisement -

Prosesnya saat ini sedang dalam tahap konfirmasi pelunasan ke bank. Sudah ada 444 orang yang telah konfirmasi melakukan pelunasan, dan 330 orang telah registrasi ke Kemenag. Masih ada waktu pelunasan sampai 20 Mei 2022.

Menurut Agus, untuk persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun ini tergolong cukup mepet sehingga terus berpacu dengan waktu. Termasuk dalam hal urusan vaksinasi dan sinkronisasi paspor.

“Dulu biasanya pelunasan itu waktunya lama bisa sampai sebulan setengah. Kalau sekarang hanya 9 hari kerja. Berikut datanya juga harus cepat, persiapan ada sekitar 1 bulan dari biasanya 5 bulan,” jelasnya.

Menurutnya, kebijakan batas usia maksimal 65 tahun ini dari pihak Arab Saudi. Terkait nasib para calon jemaah haji yang tidak berangkat tahun ini menunggu kebijakan penyelenggaraan haji tahun depan. Meski demikian, para calon jemaah haji yang gagal berangkat ini masih ada harapan untuk berangkat.

“Tidak ada kompensasi bagi yang berangkat, ini kebijakan dari pihak Arab Saudi pembatasan kuota. Ini kan konteksnya istitoah (mampu),” jelasnya.

Agus menyebut kebijakan terkait haji ini sifatnya dinamis. Harapannya tahun depan kondisinya sudah normal dan regulasinya kembali seperti semula.

Menurutnya, sebelum Covid-19 datang, lansia selalu menjadi prioritas untuk keberangkatan haji. Namun saat kondisi pandemi ini, lansia yang terkena dampaknya. Kebijakan ini pun untuk kemaslahatan semuanya, lahir dari respon terhadap situasi. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pesan Bupati Ciamis untuk PGRI: Ciptakan Generasi Emas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meminta PGRI sebagai organisasi yang menaungi para guru untuk bisa ciptakan generasi emas, pandai dan cerdas. Hal...

Jurus DPRKPLH Ciamis Bidik Penghargaan Adipura Kencana

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Dinas Perumahan rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis siap menyambut penilaian penghargaan Adipura Kencana. Bahkan sudah...

Aturan Nama di Dokumen Kependudukan, Ini Penjelasan Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mendagri Tito Karnavian menandatangani Permendagri Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama di Dokumen Kependudukan, 21 April lalu. Dalam aturan ini...

Seribu Senyum Nusantara Bersama Komunitas SAN

Berita Ciamis (djavatoday.com),- Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) sukses mengadakan program kerja Seribu Senyum Nusantara di Yayasan Al-Masturiyah, Desa Panyingkiran, Kabupaten Ciamis. Selaras dengan namanya,...
spot_img

Terpopuler

Lainnya