Senin, Oktober 25, 2021

18 Desa Wisata di Ciamis Ikuti Anugerah Kementerian Pariwisata 2021

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 18 desa wisata di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengikuti Anugerah Desa Wisata 2021. Dengan jumlah ini menjadikan Kabupaten Ciamis sebagai peserta terbanyak se-Jawa Barat yang turut serta.

“Ada 28 desa wisata yang ikut dalam anugerah desa wisata. Ini merupakan peserta terbanyak se-Jabar. Ada 7 kategori nominasi. Nantinya juaranya akan diumumkan pada akhir tahun oleh Kementerian Pariwisata,” ujar Dian Kusdiana, Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Ciamis, Selasa (3/8/2021).

Baca juga:

Dian yang biasa disapa Udeng ini menjelaskan di Kabupaten Ciamis ada 30 desa wisata yang telah mendapat legalitas. Desa tersebut telah mendapat SK Bupati Ciamis melalui Dinas Pariwisata.

Dian juga menjelaskan ke depan Dinas Pariwisata Ciamis pun akan menggelar perlombaan desa wisata tingkat Kabupaten. Hal ini tentunya dapat menjadi pelopor di Jawa Barat yang sampai saat ini belum ada daerah yang menggelar lomba tersebut.

“Awalnya kami rencanakan lomba akan digelar pada tahun 2021 ini, namun karena masih pandemi dan ada refokousing anggaran maka kita tunda. Akan kami anggarkan lagi di tahun 2022. Semoga saja pandemi ini segera berakhir,” ungkapnya.

Rencana penyelenggaraan lomba desa wisata di Ciamis ini diharapkan dapat memacu desa-desa untuk mengembangkan potensi wilayahnya. Sehingga menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik dikunjungi.

“Dengan dipacu membuat destinasi wisata, akan ada multi efek. Adanya pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi. Peningkatan pendapatan desa dan kabupaten. Sekaligus menarik pengunjung wisatawan dari luar Ciamis,” jelasnya.

Target kunjungan wisata ke Ciamis di tahun 2022 mencapai 1 juta pengunjung. Dari sektor wisata air, wisata religi, alam dan budaya. “Jargon kami adalah Covid Indit Wisata Bangkit,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU