Sabtu, Mei 18, 2024

Polres Ciamis Launching Polisi RW, Ini Tugasnya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro launching Polisi RW di halaman Mapolres Ciamis, Jawa Barat, Kamis (11/5/2023). Sebanyak 505 personel bertanggung jawab terhadap wilayah tingkat RW di Kabupaten Ciamis.

Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro menuturkan Polisi RW merupakan program prioritas dari tingkat atas. Setiap personel akan membawahi lebih dari 1 RW karena keterbatasan.

Tugas Polisi RW ini hampir sama dengan Bhabinkamtibmas. Anggota memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat. Melaksanakan problem solving kepada masyarakat dan menyelesaikan berbagai persoalan pada tingkat bawah RW.

“Seperti permasalahan masyarakat yang relatif kecil, konflik keluarga, konflik antar tetangga yang mungkin tidak terlalu besar dan tidak perlu sampai kepada pidana. Tentunya dapat menyelesaikannya secara kekeluargaan. Itu peran Polisi RW,” ungkapnya.

Tony menjelaskan jumlah personel Polri di Polres Ciamis relatif terbatas, maka setiap personel bisa membawahi lebih dari satu RW. “Dalam pelaksananya anggota mungkin akan membackup RW lebih dari satu RW,” ucapnya.

Keberadaan Polisi RW ini juga lebih mendekatkan Polri dengan masyarakat. Menyelesaikan permasalahan dari tingkat bawah sehingga tidak menjadi besar. Potens permasalahan dapat diinventarisir dan diantisipasi lebih dini.

Kehadiran Polisi RW juga untuk dapat menjembatani komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat pada tingkatan RW. Guna terciptanya keamanan dan ketertiban. Tony menegaskan kondisi Ciamis saat ini dalam keadaan kondusif. (Ayu/CN/Djavatoday)

Jadwal PSGC Ciamis di Babak 32 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis berhasil lolos ke babak 32 besar Liga 3 Nasional setelah meraih 3 kali kemenangan di fase grup babak 80...

Tradisi Mapag Ramadan, Ngikis Situs Apun Pager Gunung Dalem Singaperbangsa III Cisaga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang Bulan Ramadan, warga Desa Mekarmukti, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis berkumpul di Situs Apun Pager Gunung Dalem Singaperbangsa III untuk mengikuti...

5 Tarian Tradisional Jawa Barat yang Terkenal

Tarian tradisional Jawa Barat ada banyak macamnya. Setiap tarian bahkan memiliki makna dan fungsinya sendiri. Tarian tradisional adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia yang...

Sakralnya Tradisi Nyalin di Situs Samida Desa Sirnajaya Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Desa Sirnajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, menggelar Tradisi Nyalin di Situs Samida, Senin (25/12/2023). Tradisi yang dilaksanakan di area makam...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya