Selasa, April 16, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Jelang Libur Nataru, Pengelola Wisata di Ciamis Diminta Mitigasi Hujan

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jelang musim libur natal dan tahun baru (Nataru) 2024, Dinas Pariwisata melakukan berbagai persiapan dan strategi untuk mendatangkan wisatawan dari luar Kabupaten Ciamis. Termasuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan.

Dinas Pariwisata Ciamis telah mengeluarkan edaran kepada pengelola wisata baik yang dikelola pemerintah desa dan juga swasta. Dalam edaran itu pengelola wisata diminta untuk kesiapan, ketertiban dan keamanan, termasuk mitigasi bencana. Mengingat saat ini mulai memasuki musim penghujan.

Tujuannya, supaya para wisatawan yang datang bisa dengan nyaman dan aman liburan di Kabupaten Ciamis. Bagi yang bosan liburan ke pantai, wisata alam di Ciamis bisa menjadi alternatif.

“Kita siapkan tempat wisata yang dikelola pemerintah desa dan swasta dalam menghadapi natal dan tahun baru. Akhir tahun ini mulai masuk penghujan, memang di Ciamis banyak wisata alam. Memang cukup riskan terhadap bencana,” ujar Kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Ciamis Dian Kusdiana.

Selain mitigasi musim hujan, Dinas Pariwisata Ciamis juga menyiapkan sejumlah paket wisata untuk membantu pengelola desa wisata dan yang dikelola masyarakat desa.

“Kita memberikan pembinaan bagaimana memperlakukan penerimaan tamu dengan baik, ramah tamah, Sapta pesona yang ada di pariwisata,” jelasnya.

Dinas Pariwisata Ciamis pun menargetkan kunjungan wisata di tahun 2023 mencapai 1 juta pengunjung. Tercatat sampai November 2023, angka kunjungan wisata ke Ciamis mencapai 950.000 orang.

“Jadi kita optimis di libur natal dan tahun baru 2024 ini jumlah kunjungan di atas 1 juta orang,” jelasnya.

Jelang libur nataru, Dinas Pariwisata juga menyiapkan sarana lainnya, aksesibilitas penerangan jalan berkoordinasi dengan Dishub Ciamis, kondisi jalan dengan Dinas PUPRP, hal keamanan dengan Polres dan Satpol PP.

“Untuk kesehatan, kami juga mengimbau pengelolaa wisata kerja sama dengan puskesmas terdekat untuk pelayanan kesehatan bagi pengunjung wisata,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Tradisi Mapag Ramadan, Ngikis Situs Apun Pager Gunung Dalem Singaperbangsa III Cisaga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang Bulan Ramadan, warga Desa Mekarmukti, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis berkumpul di Situs Apun Pager Gunung Dalem Singaperbangsa III untuk mengikuti...

5 Tarian Tradisional Jawa Barat yang Terkenal

Tarian tradisional Jawa Barat ada banyak macamnya. Setiap tarian bahkan memiliki makna dan fungsinya sendiri. Tarian tradisional adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia yang...

Sakralnya Tradisi Nyalin di Situs Samida Desa Sirnajaya Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Desa Sirnajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, menggelar Tradisi Nyalin di Situs Samida, Senin (25/12/2023). Tradisi yang dilaksanakan di area makam...

Bus Pengangkut Siswa Pramuka Terguling di Sumedang, Ini Kata Kwarcab Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis angkat bicara atas insiden bus pembawa rombongan pelajar asal Ciamis yang terguling di Kabupaten...

Terpopuler

Lainnya