Minggu, Juli 14, 2024

5 Bahasa Daerah di Indonesia yang Paling Populer

Bahasa daerah di Indonesia memang banyak sekali jumlahnya. Jika ditotal bisa sampai ratusan bahasa. Di antara ratusan bahasa daerah tersebut ada beberapa bahasa yang mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita semua. Bahasa tersebut banyak digunakan sehingga keberadaannya cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Fakta unik lainnya adalah Indonesia menjadi negara kedua dengan bahasa terbanyak di dunia setelah negara Papua Nugini. Sebagai bangsa Indonesia tentunya kita perlu bangga dengan hal ini. Setidaknya kamu harus bisa menguasai bahasa daerah tempat asalmu sendiri.

Bahasa Daerah di Indonesia

Berikut bahasa daerah di Indonesia yang paling sering digunakan. Kira-kira ada apa saja ya? Langsung aja yuk, check this out!

Bahasa Jawa

Bahasa daerah di Indonesia yang populer pertama ada Bahasa Jawa. Banyak digunakan di sebagian besar wilayah di Pulau Jawa. Jadi gak heran kalau bahasa ini menjadi suatu ciri khas bagi masyarakat sekitar Pulau Jawa.

Bahkan sekarang ini banyak lagu dan film yang menggunakan Bahasa Jawa. Hal ini membuat Bahasa Jawa semakin dekat dengan masyarakat Indonesia. Bahasa Jawa sendiri memiliki berbagai macam aksen. Meski sama-sama Jawa, Bahasa Jawa di Jawa Tengah memiliki perbedaan dengan di Jawa Timur.

Tak hanya itu, perbedaan kota juga bisa membuat perbedaan Bahasa Jawa, loh. Beberapa kota yang memiliki ciri khas dalam berbahasa Jawa di antarnya yaitu Cirebon, Madiun, Brebes, Tegal, Pati, Kudus, Semarang, dan masih banyak lagi.

Bahasa Betawi

Nah kalo bahasa yang satu ini nyentrik banget nih Sobat Djava. Bahasa Betawi memiliki ciri khas berupa intonasinya yang sedikit tinggi. Orang Betawi juga terkenal lebih blak-blakan dalam berbicara.

Bahasa Betawi termasuk bahasa paling populer di Indonesia karena telah digunakan oleh 2,7 juta orang berasal dari betawi maupun daerah Teluk Jakarta. Sebenarnya bahasa ini adalah anak bahasa dari bahasa melayu, loh.

Bahasa Sunda

Bahasa daerah di Indonesia yang berikutnya yaitu Bahasa Sunda. Sekarang ini di sosial media banyak banget loh muncul lagu dengan bahasa yang satu ini. Sama seperti Bahasa Jawa, Bahasa Sunda hampir digunakan di seluruh provinsi di Jawa Barat.

Bahasa Sunda memiliki ciri khas logatnya yang pelan dan mendayu. Sebuah bahasa dari cabang Melayu Polinesia dalam rumpun bahasa Austronesia.

Bahasa Madura

Kalo denger kata Madura pasti kamu ingat sama sate deh hehe. Selain satenya yang terkenal, ternyata bahasa Madura juga terkenal loh. Merupakan kombinasi dari beberapa bahasa seperti Melayu, Jawa, Bugis, Tionghoa, dan bahasa lainnya.

Bahasa Bali

Bahasa daerah di Indonesia yang berikutnya ada Bahasa Bali, nih. Diketahui pertama kali dituturkan oleh masyarakat Bali dan nadanya sendiri loh. Nada ini cukup khas dan mudah dikenali.

Itu dia bahasa daerah di Indonesia yang paling populer digunakan. Kira-kira ada bahasa apa lagi nih yang populer tapi belum disebutin di atas? (Ume/Djavatoday)

Cerita Dibalik Batu Tapak di Situs Astana Gede Kawali Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setiap prasasti yang ada di Situs Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, memiliki cerita masing-masing. Salah satunya adalah Prasasti V Astana Gede...

Bendung Nagawiru di Ciamis Menyimpan Sejarah dan Cerita Mitologi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bendung Nagawiru yang berada di Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis menyimpan sejarah dan juga mitos. Bendungan yang dibangun pada masa pemerintahan...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Pj Bupati Ciamis Ikuti Wawancara Penilaian Nirwasita Tantra Secara Virtual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna mengikuti wawancara penilaian Nirwasita Tantra secara virtual, Jumat (14/6/2024) diruang vidcon Bupati Ciamis. Dalam kegiatan tersebut, Pj...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya