Rabu, September 18, 2024

Cara Membuat Combro, Camilan Renyah yang Lezat di Lidah

Cara membuat combro ini mudah banget loh. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan dan alat yang sederhana. Combro atau oncom di jero merupakan salah satu camilan tradisional yang cocok di segala suasana.

Dalam bahasa Sunda, oncom di jero berarti oncom di dalam. Dinamai combro karena camilan yang satu ini memiliki isian oncom di dalamnya. Camilan khas sunda ini biasanya ada di pasar atau toko kue tradisional. Tapi biar lebih puas dan pas, kamu bisa banget nih bikin combro sendiri di rumah.

Cara Membuat Combro Ala Rumahan

Berikut cara membuat combro sendiri di rumah. Yuk simak.

Bahan utama

Cara membuat combro tentunya kita mulai dengan menyiapkan bahan. Untuk bahan utama sebenarnya kamu hanya membutuhkan 1 kg singkong. Kupas dan cuci bersih singkong tersebut kemudian parut menggunakan parutan kelapa. Kamu juga membutuhkan garam secukupnya.

Bahan isian

Selain bahan utama di atas, kamu juga perlu menyiapkan bahan untuk isiannya. Berikut beberapa bahan yang perlu kamu butuhkan untuk isian combro. Diantaranya yaitu satu papan oncom yang sudah dihancurkan, satu batang daun bawang yang sudah diiris tipis, dan garam.

Bumbu halus

Selanjutnya juga perlu menyiapkan bahan untuk bumbu halus. Bumbu halus diperlukan untuk membuat combromu terasa lebih gurih dan lezat. Bahan-bahan untuk bumbu halusnya yaitu cukup dengan 5 siung bawang putih, 10 buah cabai keriting, 5 buah cabai rawit, dan 3 ruas kencur.

Resep combro

Cara membuat combro kita lanjutkan ke tahap eksekusi, deh. Setelah bahan-bahan di atas sudah kamu siapkan maka sekarang saatnya kamu membuat combro. Berikut langkah-langkah untuk membuat combro.

  1. Masukkan singkong parut ke dalam wadah, tambahkan secukupnya garam. Aduk hingga rata.
  2. Panaskan wajan dan tumis bumbu halus. Setelah tercium wangi, masukkan oncom dan aduk hingga rata.
  3. Masukkan irisan daun bawang, gula merah, dan secukupnya garam. Masak sampai oncom agak kering dan mengeluarkan bau wangi. Kemudian angkat dan sisihkan.
  4. Ambil adonan singkong secukupnya, bentuk bulat kecil dan buat lubang di tengahnya. Isi dengan isian yang sudah dimasak tadi. Bulatkan lagi hingga membentuk combro. Ulangi sampai adonan habis.
  5. Masukkan minyak di atas wajan dan panaskan. Pastikan minyak yang kamu gunakan cukup untuk menggoreng adonan combro yang sudah jadi ya.
  6. Setelah minyak panas, masukkan adonan combro. Goreng hingga matang atau sampai berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Combro siap dihidangkan.

Demikian cara membuat combro ala rumahan yang sederhana dan gampang banget. Biar lebih lezat, kamu bisa memakan combronya selagi hangat ya. Selamat mencoba dan semoga membantu. (Ume/Djavatoday)

Resep Udang Balon yang Viral karena Bang Mursyid!

Resep udang balon akhir-akhir ini menjadi topik hangat yang banyak orang-orang bicarakan, terutama di media sosial. Hal ini terjadi lantaran seorang content creator yang...

Resep Soto Ayam Kesukaan Keluarga, Lezat dan Hangat

Resep soto ayam di bawah ini harus banget kamu cobain di rumah buat disantap bareng keluarga. Caranya sederhana, tapi rasanya dijamin lezat dan nikmat....

Cara Membuat Keripik Tempe yang Renyah dan Kriuk Banget

Cara membuat keripik tempe sebenarnya hampir mirip-mirip dengan keripik lainnya. Namun kamu perlu memerhatikan takaran bumbu agar membuatnya terasa enak. Selain itu, potongannya pun...

Ini Dia Jenis-jenis Saus yang Biasa dipakai untuk Menambah Kelezatan Makanan

Jenis-jenis saus yang biasa dipakai untuk menambah kelezatan makanan ternyata ada cukup banyak lho, Sob! Masing-masing mempunyai rasa dan kegunaan yang berbeda. Lantas, apa...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya