Kamis, September 19, 2024

Resep Udang Balon yang Viral karena Bang Mursyid!

Resep udang balon akhir-akhir ini menjadi topik hangat yang banyak orang-orang bicarakan, terutama di media sosial. Hal ini terjadi lantaran seorang content creator yang bergelut di bidang makanan, yakni Bang Mursyid, mencoba membuatnya. Dia sampai kewalahan dalam membuat hidangan yang satu ini, bahkan videonya sampai ada beberapa part. Kelucuan dan kefrustrasian Bang Mursyid dalam membuat udang ini ternyata menjadi hiburan tersendiri bagi netizen di jagat maya.

Tak sedikit netizen yang merasa geregetan dan terpingkal-pingkal dalam kolom komentar videonya tersebut. Tak lupa sembari menyematkan kata “well” di ujung kalimatnya yang seolah menjadi slogan Bang Mursyid saat membuat konten. Perbincangan netizen mengenai Bang Mursyid dan udangnya ternyata sampai ke berbagai influencer lain, lho. Akhirnya mereka banyak membantu agar resep tersebut sempurna dan menghasilkan udang yang menggelembung anti gagal.

Udang balon sendiri merupakan hidangan yang lezat dari udang segar yang terbalut dengan adonan tepung yang cair. Saat masuk ke dalam minyak, harusnya adonan yang melumuri udang menggelembung layaknya balon. Namun, udang Bang Mursyid justru malah melempem. Kira-kira, mengapa bisa begitu, ya?

Resep Udang Balon Anti Gagal

Bagi Sobat Djava yang gregetan dan penasaran ingin mencoba memasak udang gelembung ini, kami akan merangkum resepnya untuk Anda. Lengkap dengan tips dan trik agar udangnya bisa menggelembung anti gagal. Yuk, simak resepnya di bawah ini, Sobat Djava!

Untuk membuat resep udang balon yang sempurna, siapkanlah beberapa bahan penting sebagai berikut.

200 atau 300 gram udang segar 

65 gram tepung kentang

30 gram tepung maizena 

15 gram tepung protein sedang 

2 gram baking powder 

100 gram minyak sayur

100 gram putih telur

25 gram air dingin

Cara membuatnya adalah bersihkan udang dengan cara mencucinya hingga bersih. Kemudian buang bagian kepalanya serta bersihkan hingga tak ada kotoran yang tersisa. Jangan lupa untuk membuang kotoran udang yang terletak di punggungnya, gunakan jarum atau tusuk gigi dan tarik keluar kotorannya. Cuci lagi udang hingga benar-benar bersih.

Setelah itu, baluri udang dengan taburan garam dan lada agar terasa nikmat. Step selanjutnya adalah menyiapkan wadah untuk adonannya dan siapkan kocokan adonan manual. Masukkan tepung kentang ke dalam wadah bersama dengan tepung maizena, tepung protein sedang, baking powder, minyak sayur, putih telur, dan air. Campurkan adonan perlahan secara manual hingga tercampur rata. 

Langkah berikutnya yang terpenting dari resep udang balon ini adalah siapkan wajan yang tepat untuk menggoreng agar tidak seperti Bang Mursyid. Pilihlah wajan atau panci berukuran kecil dan tuangkan minyak yang cukup banyak hingga udangnya nanti terendam sempurna. Nyalakan api dengan besar dan tunggu hingga minyak benar-benar panas, Sobat Djava.

Setelah minyak panas, siapkan udang dan celupkan ke dalam adonan tadi hingga terlumuri sempurna. Pegang bagian ekor udang dan biarkan bagian tersebut tidak terlumuri adonan. Langsung goreng ke dalam minyak panas dengan api besar dan gelembung pun akan muncul. Goreng sembari siram-siram terus ke bagian yang menggelembungnya tanpa perlu membaliknya. 

Setelah berwarna golden brown, angkat udang dan tiriskan. Lanjutkan step penggorengan hingga udang habis, ingatlah untuk menggorengnya satu per satu udang, ya. Resep udang balon pun selesai dan Anda bisa menikmatinya selagi hangat. 

Tips dan Trik Resep Udang Balon

Berikut beberapa tips saat memasak udang balon agar tidak gagal seperti Bang Mursyid, ya!

-Masukkan bahan-bahan adonan dan udang yang telah termarinasi tadi ke dalam kulkas agar makin crispy dan menggelembung sempurna. 

-Pastikan baking powder masih aktif. Untuk memeriksanya, coba lihat tanggal kadaluarsanya atau tes menggunakan tetesan cuka. Jika berbusa maka baking powder artinya masih aktif.

-Bahan yang kamu gunakan harus masih dalam kondisi baik, artinya belum kadaluarsa atau rusak.

-Masak dalam minyak panas dan api besar agar adonan langsung menggelembung.

Nah, itu dia resep udang balon yang simpel, tetapi ternyata sempat bikin Bang Mursyid kewalahan. Selamat recook Sobat Djava dan semoga berhasil, well! (Rismawati/Djavatoday)

Bikin Nostalgia! 8 Jenis Jajanan Pasar Zaman Dulu yang Masih Populer

Jajanan pasar zaman dulu adalah panganan khas nenek moyang yang biasanya dihidangkan pada acara tertentu dan sering dijumpai di pasar-pasar tradisional. Ada banyak jajanan...

Cara Membuat Combro, Camilan Renyah yang Lezat di Lidah

Cara membuat combro ini mudah banget loh. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan dan alat yang sederhana. Combro atau oncom di jero...

Resep Soto Ayam Kesukaan Keluarga, Lezat dan Hangat

Resep soto ayam di bawah ini harus banget kamu cobain di rumah buat disantap bareng keluarga. Caranya sederhana, tapi rasanya dijamin lezat dan nikmat....

Cara Membuat Keripik Tempe yang Renyah dan Kriuk Banget

Cara membuat keripik tempe sebenarnya hampir mirip-mirip dengan keripik lainnya. Namun kamu perlu memerhatikan takaran bumbu agar membuatnya terasa enak. Selain itu, potongannya pun...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya