Senin, September 16, 2024

Resep Kue Sus Anti Gagal, Lembut dan Cocok dijadikan Camilan

Resep kue sus ternyata bisa banget kamu cobain di rumah, lho! Teksturnya lembut dan rasanya pas di lidah. Kamu tidak perlu takut untuk mencobanya. Karena gagal adalah hal yang wajar, apalagi jika kamu baru pertama kali mencobanya. Tapi nggak usah khawatir! Resep ini akan membantu kamu berekreasi di dapur untuk membuat kue sus yang anti gagal. Penasaran? Mari simak langkah pembuatannya!

Kue sus merupakan adonan pastry yang lembut, mengembang, dan memiliki rongga. Kue sus berbentuk bundar dan di dalamnya terdapat isian saus vla, custard, atau daging. Tak hanya di toko-toko kue, kue sus kini sudah banyak terjual di pasaran dan menjadi jajanan tradisional Indonesia. Biasanya di jual di tempat yang sama dengan jajanan pasar lainnya seperti dadar gulung, lapis, risol, klepon, onde-onde, bolen, dan masih banyak lagi.

Resep Kue Sus Anti Gagal, Lembut dan Cocok dijadikan Camilan

Resep kue sus di bawah ini cocok buat kamu para pemula yang belum terbiasa. Hasilnya pasti cantik, anti kempes, dan bikin orang rumah nggak sabar untuk segera mencicipinya.

Bahan-bahan:

100 gram tepung terigu

2 butir telur

1 sdm gula pasir

¼ sdt vanili bubuk

¼ sdt garam

75 gram margarin

200 ml air

Bahan vla:

550 ml susu cair full cream

50 gram tepung maizena

125 gram gula pasir

2 butir kuning telur

1 sdm margarin

¼ sdm vanili bubuk

¼ sdt garam

Cara membuat:

Untuk membuat vla, campurkan gula pasir, tepung maizena, vanili bubuk, dan garam. Aduk hingga tercampur, setelah itu masukkan kuning telur, susu cair full cream, lalu aduk kembali hingga merata.

Masak di atas api sedang sambil terus diaduk. Jika teksturnya sudah kental, masukkan margarin. Aduk hingga margarinnya meleleh dan tercampur dengan semua bahan.

Jika sudah, angkat dan pindahkan ke dalam wadah. Tutup rapat menggunakan cling wrap.

Selanjutnya, campurkan air, gula pasir, vanili bubuk, garam, serta margarin. Masak di api sedang sampai margarinnya mendidih. Aduk-aduk, lalu kecilkan apinya.

Tambahkan tepung terigu, aduk kembali hingga kalis. Kemudian pindahkan ke dalam wadah. 

Masukkan telur satu persatu, lalu mixer hingga tercampur rata. 

Kemudian masukkan adonan ke dalam plastik segitiga, gunakan cetakan pie yang sudah diolesi margarin untuk membuat kue sus.

Masukkan ke dalam oven dan panggang di suhu 200 derajat selama kurang lebih 50 menit. Jika warnanya sudah kecokelatan, keluarkan dari oven. 

Keluarkan kue sus dari cetakan, gunting setengah bagian sisinya untuk diisi vla secukupnya. Lakukan hal serupa hingga semua kue sus terisi saus vla.

Kue sus siap dinikmati!

Resep kue sus di atas bisa juga dijadikan ide jualan agar orang lain turut merasakan kelembutan dan kelezatannya. Buat ukuran mini dan labeli dengan harga yang terjangkau supaya laris manis setiap hari. (Karin/Djavatoday)

Resep Soto Ayam Kesukaan Keluarga, Lezat dan Hangat

Resep soto ayam di bawah ini harus banget kamu cobain di rumah buat disantap bareng keluarga. Caranya sederhana, tapi rasanya dijamin lezat dan nikmat....

Cara Membuat Keripik Tempe yang Renyah dan Kriuk Banget

Cara membuat keripik tempe sebenarnya hampir mirip-mirip dengan keripik lainnya. Namun kamu perlu memerhatikan takaran bumbu agar membuatnya terasa enak. Selain itu, potongannya pun...

Ini Dia Jenis-jenis Saus yang Biasa dipakai untuk Menambah Kelezatan Makanan

Jenis-jenis saus yang biasa dipakai untuk menambah kelezatan makanan ternyata ada cukup banyak lho, Sob! Masing-masing mempunyai rasa dan kegunaan yang berbeda. Lantas, apa...

5 Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drakor

Makanan khas Korea menjadi salah satu sajian yang sehat karena hampir selalu dilengkapi dengan sayuran di dalamnya. Tak hanya itu, makanan Korea juga lebih...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya