Minggu, September 15, 2024

3 Rumah Korban Kebakaran di Ciamis Dibangun dari Program Rutilahu

Berita Ciamis (Djavatoday.com), Pemkab Ciamis melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis membangun puluhan rumah tidak layak huni (Rutilahu) di tahun 2024 ini.

Sekretaris DPRKPLH Ciamis Aris Taufik Abadi menjelaskan hal terkait pembangunan rutilahu tersebut. Menurutnya, dari puluhan rumah yang dibangun, ada beberapa rumah yang menjadi prioritas. Salah satunya adalah bangunan rumah korban kebakaran.

“Tahun ini Pemkab Ciamis membangun 44 unit rumah warga yang kondisinya tidak layak huni menjadi rumah layak huni,” katanya, Kamis (11/7/2024).

Aris menjelaskan, ada 44 unit rumah Rutilahu yang dibangun. Sebanyak 3 unit rumah dibangun akibat terdampak musibah kebakaran.

“Salah satu unit rumah yang dibangun akibat musibah kebakaran yaitu di Kampung Kuta Kecamatan Tambaksari,” katanya.

Sementara Sebanyak 41 rumah rutilahu lainnya tersebar di seluruh kecamatan Kabupaten Ciamis. Puluhan rumah itu telah memenuhi 3 aspek.

“Dalam membangun rutilahu itu harus memenuhi 3 aspek. Yaitu keselamatan, bencana, kesehatan lingkungannya dan kecukupan lahannya,” jelasnya.

Aris menjelaskan, selain progres pembangunan Rutilahu tersebut dari APBD Kabupaten Ciamis, juga ada pembangunan dari anggaran Provinsi Jawa Barat.

“Anggaran pembangunan Rutilahu dari Provinsi Jabar ada 100 unit yang tersebar di 5 desa kawasan kumuh dengan masing-masing 20 unit di setiap desa nya,” ungkapnya. (Ayu//CN/Djavatoday)

Pengembangan Potensi Wisata Bendungan Leuwikeris, Ini Upaya Dispar Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bendungan Leuwikeris memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan. Dinas Pariwisata (Dispar) Ciamis pun menyambut baik potensi itu dan berencana melakukan pengembangan. Kepala...

Dispar Ciamis Akan Lakukan Simulasi Pengunjung di Kampung Dokdak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam waktu dekat ini, Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis akan melakukan simulasi pengunjung ke Wisata Edukasi Kampung Dokdak, Kecamatan Baregbeg. Hal tersebut sebagaimana...

Belasan Produk UMKM Ciamis Lolos Kurasi Ritel Modern

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 15 produk UMKM Ciamis lolos kurasi yang dilakukan oleh ritel modern (Alfamart). Para pelaku UMKM tersebut bisa langsung memajang produknya...

Pj Bupati Ciamis Apresiasi kegiatan Galuh Hijrah Fest, Apa Itu GHF ?

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Galuh Hijrah Fest (GHF) merupakan salah satu kegiatan mahasiswa yang di gagas oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus yang...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya