Minggu, Juni 16, 2024

Sederet Prestasi DPRKPLH Ciamis Selama 2023, Puluhan Sekolah Raih Adiwiyata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Akhir tahun 2023 kini tinggal menghitung hari. Sepanjang tahun 2023, sederet Prestasi telah diraih oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis. Salah satunya adalah penghargaan pada bidang pelestarian lingkungan hidup.

Puluhan sekolah di Ciamis telah meraih penghargaan Adiwiyata. Dari mulai tingkat Provinsi hingga Nasional.

Taufik Gumelar, Kepala DPRKPLH Ciamis mengaku bangga atas prestasi 33 sekolah di Ciamis yang meraih penghargaan Adiwiyata tingkat kabupaten. Selain itu, ada juga 9 sekolah/madrasah yang telah meraih Adiwiyata tingkat Provinsi Jabar. Sebanyak 3 madrasah meraih Adiwiyata tingkat nasional dan 1 madrasah mendapat penghargaan tingkat mandiri.

“Program Adiwiyata ini tidak akan berhasil apabila tidak ada dukungan dan kerjasama dari instansi terkait. Oleh karena itu, saya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan, Kemenag. Termasuk juga, KCD wilayah XIII Provinsi Jabar,” ungkapnya dalam kegiatan refleksi akhir tahun dan penyerahan penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat, Nasional dan Mandiri tahun 2022 dan 2023.

Kegiatan itu dilaksanakan Rabu (28/12/2023) di Aula Dinas PRKPLH Ciamis.

Pemda Ciamis sangat mengapresiasi peran sekolah dalam menjawab tantangan lingkungan hidup. Karena warga sekolah bukan hanya menjadi agen perubahan, tetapi juga mitra pemerintah dalam hal ini DPRKPLH untuk upaya pelestarian alam.

“Dengan terus berkomitmen kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih bersih, hijau dan berkelanjutan,” tuturnya.

Taufik menjelaskan, penghargaan ini bukanlah akhir dari perjalanan, tetapi menjadi tantangan untuk terus meningkatkan upaya pelestarian lingkungan. Maka dari itu, teruslah menjadi contoh yang menginspirasi sinergi, satu aksi untuk bumi.

“Setiap langkah kecil yang kita ambil, setiap kebijakan yang kita terapkan, semuanya dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab terhadap keberlanjutan lingkungan kita,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...

Warga Sukadana Sambut Kepulangan Syifa Al Fadila, Pemain Timnas Voli U-18 Asal Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga beserta unsur pemerintahan Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menyambut kepulangan Syifa Al Fadila, Sabtu (15/6/2024). Gadis berusia 16 tahun asal Sukadana...

Bapenda Ciamis Buka Pelayanan di Galuh Digital Festival

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ciamis membuka pelayanan pada acara Galuh Digital Festival atau GDF. Acara GDF sendiri berlangsung di Taman Lokasana...

Dua Warga Alami Luka Bakar Tersambar Api di Belakang SPPBE Ciharalang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nasib malang dialami dua warga Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, yang mengalami luka bakar. Warga bernama Karman (81) dan Nanang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya