Selasa, April 30, 2024

Dua Pelaku Penganiaya Monyet di Tasikmalaya Jalani Tes Kejiwaan

Berita Tasikmalaya (Djavatoday.com),- Satreskrim Polres Tasikmalaya tengah koordinasi dengan dokter psikologis untuk memeriksa kondisi kejiwaan dua pelaku penganiaya monyet.

Dua pelaku tersebut adalah AY (25) dan In (24), warga Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Keduanya diamankan oleh Satreskrim Polres Tasikmalaya atas kasus penganiayaan terhadap monyet ekor panjang dan lutung Jawa untuk konten media sosial.

Tujuan mengecek kejiwaan pelaku untuk memastikan latar belakang tindakan tersebut. Kedua pelaku tega menyiksa hingga memutilasi satwa tersebut.

Baca Juga: Demi Konten, Dua Pemuda di Tasikmalaya Aniaya Belasan Monyet

“Kami sedang koordinasi mengajukan permintaan pada dokter supaya kita periksa psikologis kedua pelaku penganiaya monyet. Tujuannya untuk memeriksa psikologis, polisi tidak bisa,” ujar Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Ari Rinaldo, Jumat (16/9/2022).

Dalam hal ini, Satreskrim Polres Tasikmalaya meminta kepada Dokkes Polri untuk mengirimkan dokter psikologis. Mengingat dokter psikologis yang berkompeten untuk menentukan kondisi kejiwaan kedua pelaku penganiaya monyet tersebut.

Baca Juga: Dua Ruko Pasar Cikurubuk Tasikmalaya Kebakaran

Ari mengaku pihaknya saat ini masih terus melakukan penyelidikan dan pendalaman kasus penganiayaan satwa tersebut. Termasuk memburu individu atau kelompok lain yang melakukan perilaku keji tersebut.

“Dua pelaku penganiaya satwa ini sudah kita tahan dan menetapkan keduanya sebagai tersangka,” jelasnya.

Pelaku penganiaya satwa ini dijerat dengan Pasal 40 juncto Pasal 21 Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 1990 tentang Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem.

Serta Pasal 91 UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Keduanya terancam hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp 100 juta. (Ayu/CN/Djavatoday)

Temuan Kerangka Manusia Tak Utuh Gegerkan Warga Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya (Djavatoday.com),- Kerangka manusia tak utuh ditemukan di Desa Pakemitan, Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (19/4/2024). Penemuan tersebut gegerkan warga setempat. "Benar ada...

Sakit Ketika Diperjalanan Arus Balik, Seorang Pemudik Dievakuasi Polisi Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya (Djavatoday.com),- Arus Balik Lebaran 2024 mulai nampak di jalur selatan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (13/4/2024). Di tengah kepadatan arus balik, pemudik...

5 Warga Ciamis Korban Kecelakaan Maut di Tol Cikampek KM 58

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- 5 warga Ciamis dikabarkan Korban Kecelakaan maut di tol Jakarta - Cikampek KM 58. Diketahui 4 orang warga Dusun Karanganyar, Desa...

Polisi Tasikmalaya Sidak SPBU Jelang Mudik Lebaran 2024

Berita Tasikmalaya (Djavatoday.com),- Satreskrim Polres Tasikmalaya bersama Pertamina Perwakilan Tasikmalaya melakukan sidak ke SPBU di Jalur Mudik Garut-Tasikmalaya, Senin (1/4/2024). Ada tiga SPBU di jalur...

Terpopuler

Lainnya