Rabu, Juli 24, 2024

Wisata Waduk Selorejo, Spot Ngadem di Kabupaten Malang

Wisata Waduk Selorejo merupakan sebuah destinasi yang menawarkan nuansa tenang dengan pemandangan berupa danau. Ukuran danau ini cukup luas dengan latar belakang berupa pegunungan yang hijau memanjakan mata. Gunung yang menjadi latar danau ini di antaranya adalah Gunung Kelud, Gunung Anjasmoro, dan Gunung Kawi. Danau dengan ombak yang tenang ini juga memiliki pulau kecil di tengahnya yang bernama Pulau Jampu dengan luas sekitar 6 hektare.

Wisata danau memang menjadi salah satu pilihan wisata yang populer bagi wisatawan, terutama bagi mereka yang gemar ‘ngadem’. Berada pada ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki hawa sejuk yang memang bikin adem, lho. Tempat ini akan sangat cocok untuk Anda yang ingin menghilangkan penat setelah sepekan berkutat dengan pekerjaan. Juga akan menjadi refreshing yang tepat bagi Anda yang rindu menghirup udara segar tanpa polusi udara yang membuat sesak.

Jika Anda berminat berlibur ke Wisata Waduk Selorejo Malang, simak artikel ini hingga akhir, ya. Kami akan memberikan ragam informasi menarik dan juga penting tentang objek wisata ini sehingga bisa menjadi referensi. Yuk, simak informasi selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Sekilas Tentang Wisata Waduk Selorejo

Objek wisata ini berupa waduk atau bendungan yang sering juga kita kenal dengan danau buatan. Danau ini mulai beroperasi pada tahun 1970 di bawah pengelolaan Perum Jasa Tirta 1 dengan fungsi utama sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Keberadaan danau ini juga bertujuan menampung air hujan, aliran Sungai Konto yang merupakan anak Sungai Brantas, irigasi, dan budidaya perikanan.

Kini, fungsi dari danau buatan ini pun bertambah sebagai objek wisata seiring dengan dibangunnya berbagai wahana menarik. Adanya Wisata Waduk Selorejo pun menambah daftar panjang pariwisata yang ada di Malang, Jawa Timur. Terlebih dalam hal pariwisata alam karena danau ini menampilkan pesona yang indah dengan nuansa sejuk khas pegunungan. Tak jarang jika banyak yang menjadikan tempat ini sebagai spot berswafoto.

HTM dan Jam operasional

Harga tiket masuk ke area objek wisata ini adalah Rp20.000 per orangnya, belum termasuk biaya parkir kendaraan dan wahana. Untuk wahana menaiki perahu, tarifnya sekitar Rp20.000, tetapi biasanya tiap jenis perahu akan berbeda tarifnya. Sebaiknya Anda bernegosiasi terlebih dahulu sebelum menaikinya. Siapkan juga dana untuk keperluan lainnya, misalnya untuk kulineran di pinggir danau.

Adapun jam operasional Wisata Waduk Selorejo adalah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan danau ini adalah pada pagi hari atau sore hari sembari berburu sunset. Perlu Sobat Djava ingat bahwa harga tiket masuk dan jam operasional ini bersifat sementara sehingga bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Daya Tarik Wisata Waduk Selorejo

Spot ngadem di Malang ini menawarkan beberapa hal menarik yang bisa Anda nikmati, utamanya adalah pemandangan danau dan pegunungan. Luasnya danau dengan air yang cenderung jernih dengan ombak yang tenang menjadi daya tariknya tersendiri. Apalagi gugusan pegunungan yang menjadi latarnya begitu hijau memanjakan mata. Duduk di tepian danau sembari menikmati hawa sejuk dan angin semilirnya akan menjadi healing yang seru.

Jika Anda berkunjung saat pagi hari, cobalah untuk berolahraga joging mengitari tepian danau dengan lintasan yang panjang. Bagi yang hobi memancing, Anda bisa membawa alat pancing dan umpan dari rumah, kemudian mencari spot danau yang banyak ikannya. Gemar fotografi? Tenang, Wisata Waduk Selorejo memiliki banyak spot foto cantik dengan latar belakang alam yang indah untuk Anda abadikan. Salah satu spot favorit wisatawan adalah jembatan gantungnya, pastikan Anda tidak takut ketinggian, ya!

Selain itu, danau ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan piknik di tepiannya sembari menyantap bekal atau kulineran setempat. Jika ingin merasakan hembusan angin yang sejuk dan melihat danau lebih dekat, Anda bisa menyewa perahu dan mengelilingi danau. 

Fasilitas dan Lokasi Wisata

Wisata Waduk Selorejo memiliki beberapa fasilitas yang dapat Anda gunakan, seperti area parkir, musala, toilet, warung makan, hingga spot foto. Tersedia juga toko oleh-oleh, lho. Alamat objek wisata ini adalah Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cilember Bogor, 7 Air Terjun yang Eksotis

Curug Cilember Bogor merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan tujuh air terjun yang eksotis. Objek wisata ini juga memiliki daya tarik lain...

Puncak Becici Jogja, Wisata Alam Murah yang Memesona

Puncak Becici Jogja merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan panorama pegunungan yang memesona. Sesuai namanya, tempat ini berada di atas bukit yang...

Pantai Bercak Pacitan: Alamat, HTM, dan Daya Tarik

Pantai Bercak Pacitan merupakan sebuah objek wisata yang menarik karena menyuguhkan panorama bak Raja Ampat. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan pantai dengan air laut...

Curug Dago Pakar Bandung, Pernah Dikunjungi Raja Thailand!

Curug Dago Pakar Bandung merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan air terjun setinggi 12 meter yang masih asri.
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya