Selasa, Juni 25, 2024

Wisata Pulau Pramuka, Pulau Indah di Kepulauan Seribu

Wisata Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang harus kamu kunjungi ketika berada di Kepulauan Seribu. Secara administratif, Pulau Pramuka merupakan ibukota Kabupaten Kepulauan Seribu yang artinya tempat ini menjadi pusat pemerintahan kabupaten tersebut.

Meski begitu, pulau ini destinasi wisata yang menjadi primadona Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka memiliki daya tarik tersendiri yang dapat membuat pengunjung betah ketika berada di sana. Berikut beberapa informasi penting terkait Pulau Pramuka yang harus kamu ketahui sebelum mengunjunginya.

Sejarah Pulau Pramuka

Wisata Pulau Pramuka dulunya bernama Pulau Lang/Elang. Penamaan ini diberikan karena di wilayah ini banyak burung elang yang berterbangan. Pulau ini mulai dikenal dengan nama Pulau Pramuka karena banyak kegiatan kepanduan yang dilakukan di sini.

Pulau Pramuka terletak di dalam gugusan Kepulauan Seribu, masuk ke dalam wilayah Kelurahan Pulau Panggang.

Keunggulan Pulau Pramuka

Pulau Pramuka memiliki keunggulan dibanding dengan pulau lainnya. Pulau ini menyediakan fasilitas yang lengkap serta keindahan alam yang menawan. Pemandangan di pulau ini dijamin gak akan membuatmu kecewa.

Pulau ini juga mempunyai sarana yang lengkap. Mulai dari sarana peribadatan, kesehatan, kantor pos, hingga ATM. Dengan kelengkapan fasilitas yang tersedia di sana maka gak akan membuat kamu kesusahan dalam melakukan aktivitasmu.

Wahana dan Destinasi

Wisata Pulau Pramuka mempunyai berbagai macam destinasi dan wahana yang seru, loh. Wahana yang bermacam-macam ini memungkinkan kamu gak akan bosan. Beberapa destinasi yang bisa kamu coba yaitu penangkaran penyu sisik, memancing, bersepeda, snorkeling, diving, island hopping, dan masih banyak lagi.

Objek wisata

Selain wahana di atas, ada juga objek wisata yang bisa kamu kunjungi di Pulau Pramuka ini. Salah satunya yaitu area konservasi mangrove. Tempat ini memiliki suasana yang teduh dan sejuk.

Tempat ini cocok sebagai tempat belajar tentang lingkungan dan cara melestarikannya. Perlu kamu ketahui, sebagian mangrove yang ada di sini juga dikirimkan ke daerah luar untuk mengatasi abrasi pantai, loh.

Jam operasional dan tiket masuk

Wisata Pulau Pramuka buka selama 24 jam. Setiap pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar 75.000 pada Senin-Jumat dan 100.000 pada hari Sabtu dan Minggu. Ada juga biaya retribusi yang perlu kamu persiapkan yaitu sebesar 5.000 rupiah.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke sini disarankan untuk menyewa travel agar perjalananmu lebih menyenangkan. Pilihlah travel yang aman dan terpercaya. Kamu juga bisa memilih travel sesuai dengan paket yang kamu butuhkan.

Wisata Pulau Pramuka bisa kamu jadikan sebagai opsi tempat liburan yang menyenangkan. Abadikan setiap momenmu di sana agar kamu mempunyai kenang-kenangan yang tak terlupakan. (Ume/Djavatoday)

5 Tempat Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Bikin Badan Jadi Rileks

Pemandian air panas kian diminati oleh para wisatawan. Tempat yang menjadi sasaran untuk refreshing ini tidak hanya menawarkan suasana yang nyaman, tapi juga memiliki...

Awi Langit Campsite Ciwidey, Bisa Camping Tepi Curug!

Awi Langit Campsite Ciwidey merupakan sebuah bumi perkemahan yang lokasinya tepat berada di tengah hutan yang rimbun. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam menggunakan tenda...

Umbul Kroman Klaten, Bisa Pancarkan Aura Kecantikan

Umbul Kroman Klaten merupakan sebuah hidden gem yang menjadi destinasi para pelancong untuk sekadar healing. Tempat ini menyuguhkan sebuah kolam mata air alami yang...

Curug Lawa Banyumas, Free HTM untuk 3 Curug!

Curug Lawa Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang menyajikan keindahan air terjun di tengah alam yang asri. Tempat ini seolah seperti surga tersembunyi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya