Kamis, Juli 18, 2024

Wisata Alam Sumber Jenon: HTM, Jam Operasional, hingga Daya Tarik

Wisata Alam Sumber Jenon merupakan sebuah objek wisata yang menawarkan pemandian dari mata air alami. Tempat ini menyediakan beberapa kolam untuk berenang maupun diving, baik untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa. Keunikan dari pemandian ini adalah warna airnya yang hijau kebiruan, terlihat cantik dan memanjakan mata. Suhu air dan udaranya yang cenderung sejuk juga membawa kesegaran.

Objek wisata ini berlokasi di Kabupaten Malang. Kabupaten ini memang memiliki banyak wisata air yang cukup populer, mulai dari air terjun hingga pemandian sumber mata air. Seperti Coban Rais, Sumber Taman, Sumber Maron, dan masih banyak lagi. Bermain air saat cuaca panas memang menjadi momen yang pas, apalagi dengan sentuhan udara sejuk yang menenangkan.

Ingin tahu informasi lebih lanjut tentang Wisata Alam Sumber Jenon? Mari simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Wisata Alam Sumber Jenon

Objek wisata ini mematok harga tiket masuk untuk tiap wisatawan yang datang. Tarifnya adalah Rp10.000 per orang dewasa dan Rp5.000 per anak-anak. Untuk anak usia di bawah 3 tahun akan gratis memasuki wisata ini. Siapkan juga biaya parkir kendaraan sebesar Rp5.000 per motor, sedangkan mobil adalah Rp10.000.

Harga tarif tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola Wisata Alam Sumber Jenon. Adapun fasilitas yang tersedia adalah area parkir kendaraan, toilet gratis, gazebo untuk bersantai, warung, hingga kafe untuk nongkrong. Tersedia juga penyewaan ban atau pelampung, fasilitas untuk diving, rakit, dan spot foto yang instagramable.

Jam Operasional dan Alamat Lengkap

Jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata ini, pastikan datang saat jam operasionalnya, ya. Adapun jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 09.00 samppai dengan pukul 16.00 WIB setiap hari. Mengingat suhu airnya yang dingin, sebaiknya Anda datang saat siang hari agar tidak terlalu kedinginan. Jika tidak ingin terlalu ramai pengunjung, sebaiknya Anda datang saat hari kerja antara Senin hingga Jumat.

Alamat Wisata Alam Sumber Jenon adalah Area Sawah, Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Jawa Barat 65172. Lokasinya berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota atau bisa Anda tempuh dalam waktu 30 menit perjalanan. Akses jalannya juga cukup mudah. Gunakan Google Maps sebagai petunjuk jalan agar tidak tersesat.

Daya Tarik Wisata Alam Sumber Jenon

Sumber mata air biasanya memiliki kealamian yang memberikan kesegaran bagi siapapun yang menyentuh airnya. Begitulah kira-kira yang menjadi daya tarik objek wisata ini, di mana wisatawan dapat merasakan kesegaran air alami dengan panorama alam yang indah. Terdapat beberapa kolam di objek wisata ini, ada untuk anak-anak dengan kedalaman sekitar 30 cm. kemudian terdapat kolam untuk dewasa dengan kedalaman bisa mencapai 5 meter. 

Kolam anak-anak lengkap dengan permainan perosotan air yang bisa menghibur si buah hati. Sementara kolam dewasa memiliki potret yang lebih alami dengan air yang jernih berwarna hijau kebiruan. Uniknya, Anda akan menemukan fosil pohon jenu di dalam kolam berukuran  50 kali 30 meter ini. Pohon tersebut pun menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto dalam air.

Wisata Alam Sumber Jenon bisa menjadi spot berenang atau diving yang pas dengan sensasi alam yang asri. Anda bahkan bisa berenang bersama ikan-ikan besar yang sesekali muncul, nama ikan tersebut adalah ikan sengkaring atau ikan dewa. Ikan ini memiliki kaitan erat dengan kekuatan magis yang konon masih menyelimuti wisata sumber ini.

Warga setempat percaya bahwa ikan-ikan tersebut selalu berjumlah tetap, yakni 37 ekor dan memiliki usia ratusan tahun. Mitos lain yang berkembang adalah air dari sumber tersebut memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Saking sakralnya, tempat ini masih menjadi tempat untuk melakukan sesaji atau ritual, jadi Anda jangan heran atau takut. Oleh karena itu, wisatawan harus menjaga sikap ketika berkunjung ke objek wisata ini.

Bagi yang ingin berburu spot foto, foto underwater bisa menjadi pilihan. Anda juga bisa berfoto di atas jembatan yang berada tepat di atas kolam. Berfoto dengan backgrund kolam dan pohon-pohon yang rindang juga mejadi foto yang ciamik. Setelah itu, Anda menyewa ban dan bersantai di atas air atau rakit untuk menikmati sejuknya nuansa Wisata Alam Sumber Jenon. (Rismawati/Djavatoday)

Kebun Durian Sangiang Bedil, Wisata Sumedang Bernuansa Bali

Kebun Durian Sangiang Bedil merupakan sebuah objek wisata sekaligus spot staycation di Sumedang yang cukup lengkap. Tempat ini menyediakan berbagai macam fasilitas liburan yang...

Curug Ciwideng Subang, Wisata Keluarga Murah dan Lengkap

Curug Ciwideng Subang merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk liburan. Tempat ini cukup strategis karena tidak jauh dari Alun-alun Subang dengan...

Pasir Gowong Tasikmalaya, Wisata Alam dengan HTM Gratis

Pasir Gowong Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata dengan suguhan alam berupa pegunungan dari atas bukit.

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya