Minggu, Juni 16, 2024

Telaga Merdada Banjarnegara: HTM, Fasilitas, hingga Keindahannya

Telaga Merdada Banjarnegara merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang memiliki panorama perbukitan yang mengelilinginya. Objek wisata menjadi telaga terluas di Dataran Tinggi Dieng dan hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari kawasan wisata yang populer tersebut. Berada pada ketinggian sekitar 2.045 meter di atas permukaan laut membuat Anda bisa merasakan kesejukan alam saat menginjakkan kaki di danau ini.

Telaga ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin merasakan suasana alam yang asri dengan panorama yang menawan. Menariknya, kapanpun Anda berkunjung ke tempat ini, sajian panoramanya akan tetap cantik. Cocok menjadi spot untuk hunting foto ataupun healing bersama teman dan keluarga.

Bagi Anda yang ingin melepas penat di Telaga Merdada Banjarnegara, mari simak dahulu artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan informasi menarik seputar objek wisata ini yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk Telaga Merdada Banjarnegara

Informasi penting yang harus Anda ketahui ketika akan berkunjung ke telaga ini adalah harga tiket masuknya. Tak perlu menyiapkan uang yang banyak karena harga tiket masuknya hanya Rp5.000 saja per orang. Kemudian terdapat tambahan biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000 per unit motor dan Rp5.000 per unit mobil.

Perlu Anda ingat bahwa harga tiket dan biaya parkir tersebut tidak bersifat permanen. Artinya, bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola. Anda bisa menyiapkan dana yang lebih untuk keperluan lain. Seperti keperluan mencicipi kuliner, memancing, ataupun menyewa sampan untuk mengelilingi danaunya.

Jam Operasional dan Fasilitas

Telaga Merdada Banjarnegara bisa Anda kunjungi pada jam operasionalnya, yakni mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap hari. Berkunjung saat cuaca cerah ataupun mendung akan menampilkan pemandangan yang sama menariknya. Hindari berkunjung saat hujan karena Anda tidak bisa mengeksplorasi area danaunya yang luas.

Informasi selanjutnya yang tak kalah penting dari objek wisata ini adalah fasilitasnya. Beberapa fasilitas terlah tersedia di danau ini, seperti area parkir kendaraan, toilet, musala, dan warung wisata yang menyajikan menu lezat sekaligus terjangkau. Tersedia juga spot foto, perahu untuk mengelilingi danau, dan spot memancing.

Daya Tarik Telaga Merdada Banjarnegara

Telaga Merdada Banjarnegara memiliki daya tarik dari panormanya yang menawan yang dikelilingi perbukitan hijau. Perbukitan ini penuh dengan pepohonan dan tanaman milik petani berupa sayuran segar. Anda akan melihat terasering berbagai tanaman sayuran yang elok dari kejauhan, salah satunya adalah kentang.

Dengan luas sekitar 25 hektare, pemandangan yang tersaji begitu luas dan memanjakan mata. Sesuai dengan namanya yakni merdada yang berasal dari kata “dada” yang bermakna tempat yang luas. Fakta menariknya adalah danau ini tidak memiliki sumber mata air alami karena air yang tertampung murni dari air hujan. Hal ini membuat debit air akan berkurang saat musim kemarau tiba dan kembali melimpah saat musim hujan.

Meskipun begitu, air Telaga Merdada Banjarnegara tetap jernih dan memesona. Anda bisa melihat keindahannya dengan berjalan di atas jembatan kayu yang kokoh. Jembatan ini juga menjadi spot favorit wisatawan untuk besantai, merenung, hingga mengambil foto.

Agar bisa melihat keindahan danau lebih dekat, Anda bisa menaiki perahu dan berkeliling menikmati setiap inci telaganya. Nuansa tenang dan magis akan Anda dapatkan saat berkunjung dalam kondisi cuaca yang mendung. Hal tersebut karena akan ada kabut tipis yang menggantung di atas area danau.

Telaga Merdada Banjarnegara bisa menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat karena memiliki pemandangan yang indah dengan hawa yang sejuk. Anda bisa menikmati keindahannya sembari memancing ataupun berkemah pada spot yang tersedia. Wisatawan juga bisa berpiknik atau bersantap kuliner lezat selagi berlibur di sana.

Alamat Lengkap

Telaga Merdada Banjarnegara berlokasi di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, provinsi Jawa Tengah. Berjarak sekitar 30 kilometer dari Wonosobo atau dapat Anda tempuh dalam waktu 1 jam perjalanan. (Rismawati/Djavatoday)

Pantai Gatra Malang, Pesona Surgawi Bak Raja Ampat!

Pantai Gatra Malang merupakan sebuah objek wisata dengan pesona laut yang begitu indah bak Raja Ampat, Papua. Hal ini tercermin dari airnya lautnya yang...

Wisata Majalaya Waterpark: Daya Tarik, HTM, hingga Fasilitas

Wisata Majalaya Waterpark merupakan sebuah objek wisata dengan konsep permainan atau wahana air kekinian yang seru.

Curug Ciparay Bogor, Ini Info Terbarunya 2024!

Curug Ciparay Bogor merupakan sebuah objek wisata alam di kawasan wisata Taman Gunung Salak Endah (GSE), Bogor.

Curug Tengah Puraseda Bogor, Miliki Bentuk Unik Bak Perosotan!

Curug Tengah Puraseda Bogor merupakan sebuah objek wisata yang memiliki bentuk unik meliuk layaknya sebuah perosotan. Air terjun yang sempat viral saat tahun 2019...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya