spot_img
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

Tebing Keraton Bandung, Wisata Alam dengan Pemandangan Epic

Tebing Keraton Bandung merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan alam yang epic. Gugusan pegunungan yang berselimut kabut tipis begitu memesona bak lukisan yang nyata. Barisan pohon pinus di bawah tebing juga seakan menambah keeksotisan yang memanjakan mata. Bentang alam Bandung memang tak pernah membuat kecewa.

Selain memiliki pesona alam yang indah dengan udara yang menyegarkan, ada berbagai kegiatan seru lain yang wajib Anda coba. Mulai dari yang memacu adrenalin hingga yang berhubungan dengan healing. Penasaran seperti apa informasi lengkapnya? Simak uraiannya berikut ini, Sobat Djava!

Pesona Tebing Keraton Bandung

Merasa dekat dengan alam adalah salah satu cara untuk mendapatkan ketenangan. Apalagi alam yang yang terpampang memiliki keindahan tiada duanya. Seperti di Tebing Keraton Bandung, yang akan membawa setiap pengunjung ikut merasakan damainya suasana pegunungan dari ketinggian 1.200 mdpl. Dari ketinggian tersebut, Anda tentu bisa menikmati segala pesonanya dari sudut pandang 360 derajat!

Hanya dengan berdiri di tebing yang memiliki kayu kokoh sebagai pembatas, Anda akan merasakan banyak pengalaman menarik. Di antaranya melihat hijaunya pegunungan yang berselimut kabut. Lihatlah ke bawah tebing, Anda akan menemukan hutan penghasil oksigen bersih yang menguarkan kesegaran. Hutan ini bernama Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Dari gerbang masuk hingga ke sepanjang perjalanan soft hiking, jejeran pohon pinus yang eksotis siap menemani. Pohon-pohon yang menjulang tinggi dengan rindangnya yang menghalangi sinar matahari begitu indah. Cocok menjadi background foto dan menghiasi feed Instagram.

Sunrise dan Sunset Point

Berlibur di ketinggian dengan alam yang menakjubkan rasanya belum pas tanpa melihat dua peristiwa yang selalu membuat antusias. Apa lagi kalau bukan sunrise dan sunset yang selalu mengepakkan warna jingganya memenuhi cakrawala. Sobat Djava akan melihat betapa menawannya sinar matahari ketika mengintip dari balik puncak gunung yang tinggi. Saat sore hari, Anda bisa menyaksikan bagaimana matahari pergi di antara pegunungan dengan anggunnya.

View yang menenangkan sekaligus mengesankan juga bisa Anda nikmati saat malam hari. Langit boleh jadi gelap, tetapi bintang-bintang yang tak terhalang polusi akan mulai mengambil tempat. Pemandangan ini tentunya jarang Anda lihat di langit ibukota dan daerah yang terkontaminasi polusi udara. Selain bertabur bintang, view citilight pun akan mewarnai malam mu saat berkemah di Tebing Keraton Bandung.

Hunting Foto di Tebing Keraton Bandung

Bagi para pecinta fotografi, objek wisata ini harus Anda kunjungi. Sobat Djava tak akan kecewa apalagi mati gaya melihat pemandangan yang indah tersaji. Berfoto dengan latar belakang gunung, tebing, jurang, dan langit berserta kabutnya menciptakan kesan Instagramable! Apalagi hutan lebat yang menghampar di bawahnya memiliki vibes bak di Amazon. 

Beberapa spot foto pun tersedia bagi wisatawan yang ingin mengabadikan momen lebih baik lagi. Jangan lupa juga untuk berfoto saat sunrise dan sunset karena pemandangannya sangat epic. So, bawa kamera terbaikmu saat berkunjung ke Tebing Keraton Bandung, ya!

Berkemah dan Kegiatan Seru Lainnya

Melakukan relaksasi di tengah hijaunya alam bisa membantumu kembali semangat menjalani esok hari. Melupakan segala beban dengan bermeditasi mengirup udara segar juga bisa Anda lakukan. Bersantai di atas tebing dan mengamati potret di sekitarnya adalah cara sederhana untuk healing. 

Agar lebih menyatu dengan alam, cobalah untuk bermalam di sana dengan mendirikan tenda. Anda bisa meminta izin pihak pengelola untuk menempati camping ground yang tersedia. Kegiatan lain yang tak kalah seru adalah bersepeda di jalur hiking yang tentu tak bermedan mulus. Track yang berbatu dan naik-turun di Tebing Keraton Bandung akan menantang adrenalin.

Selain itu, di tempat ini terdapat sebuah patahan atau sesar dengan panjang 29 km. Menurut Pusat Studi Gempa Bumi, sesar ini memiliki pergerakan 3-5,5 mm/tahun. Sesar Lembang ini menjadi rambu jika terjadi gempa. Informasi lengkap mengenai penjelasannya akan Sobat Djava dapatkan di sana sebagai sarana edukasi. 

 Fasilitas dan Jam Operasional

Tebing Keraton Bandung memiliki beberapa fasilitas penunjang untuk wisatawan. Seperti toilet, musala, spot foto, camping ground, dan warung-warung makanan. Adapun jam operasionalnya mulai pukul 08.00-16.00 WIB setiap hari. Namun, wisata ini tetap buka selama 24 jam karena selalu ada wisatawan sering berkemah. 

Harga Tiket Masuk dan Lokasi

Berlibur di objek wisata Bandung ini, wisatawan tak perlu membayar banyak biaya. Harga tiket masuknya hanya Rp12.000 per orang. Lokasi wisata ini berada di Puncak Kordon, RT.2/RW.10, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat 40198. 

Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor agar bisa langsung sampai di lokasi dan menghemat biaya. Jika Anda menggunakan mobil, kendaraan hanya bisa parkir di area Tahura atau Dago Pakar. Perjalanan pun berlanjut dengan berjalan kaki atau naik ojek yang tarifnya sekitar 30-50 ribuan sekali jalan. Untuk Anda yang menggunakan motor, Anda bisa langsung menuju lokasi/puncak, tetapi harus berhati-hati karena jalanan yang berbatu.

Demikian beberapa informasi tentang objek wisata alam hits Tebing Keraton Bandung. Jangan lupa untuk membawa kamera terbaik, pakaian hangat, dan tetap berhati-hati selama di perjalanan. Ingatlah untuk tetap menjaga kebersihan. Agar keasrian alam yang telah lama tercipta tak hilang karena tangan kotor manusia. (Ris/Djavatoday)

Curug Ciampea Bogor, Keindahan di Kaki Gunung Salak

Curug Ciampea Bogor merupakan satu dari sekian banyaknya air terjun indah di Kota Hujan. Letaknya yang berada di dalam hutan di Kaki Gunung Salak...

The Lawu Park, Ada Dunia Salju di Tengah Hutan!

The Lawu Park merupakan sebuah objek wisata alam dengan sajian hutan pinus yang berisi ragam wahana seru. Wisata yang satu ini cocok sekali menjadi...

Taman Rekreasi Selecta, Tempat Liburan Keluarga Ternyaman

Taman Rekreasi Selecta merupakan sebuah objek wisata alam yang memadukan konsep rekreasi dengan wahana yang menyenangkan. Berdiri di lahan seluas 10 hektare, taman ini...

Dapur Caringin Tilu, Kafe dengan Pesona Lampu Kota

Dapur Caringin Tilu, sebuah nama kafe yang mungkin tak asing lagi bagi para anak muda, terutama yang berdomisili di Bandung. Namun, ternyata tidak hanya...

Terpopuler

Lainnya