Iklan bjb djavatoday
Jumat, Desember 3, 2021
spot_imgspot_img

Situ Rawa Gede Bogor, Wisata Alam dengan Ragam Aktivitas Seru

Situ Rawa Gede Bogor merupakan destinasi wisata yang tak hanya menyuguhkan pemandangan danaunya. Terdapat pula spot lain dengan ragam aktivitas yang seru untuk mengisi hari libur. Bogor tak hanya memiliki banyak curug yang indah, tetapi juga memiliki wisata lain yang menarik. Salah satunya adalah situ atau danau alami yang masih terus dikembangkan ini.

Daya Tarik Situ Rawa Gede Bogor 

Situ Rawa Gede Bogor memiliki banyak daya tarik lho Sobat Djava. Seperti danaunya yang luas dan dikelilingi perbukitan Puncak Bogor yang hijau sehingga menghasilkan udara yang sejuk. Suasananya cocok untuk Anda yang ingin rekreasi sembari menikmati alam yang sekilas mirip lembah di film Barbie. 

Baca juga:

Semilir anginnya begitu cocok dengan gemericik air dari air terjun kecil yang mengalir. Persawahan dan kicauan burungnya tentu membuat kita betah berlama-lama di sana. Anda juga akan menemukan banyak fasilitas liburan di tempat ini sehingga tidak membuat liburan menjadi membosankan.

Menyusuri Danau dengan Perahu

Duduk di atas rumput tepat di samping danau bisa menjadi cara untuk menikmati potret alamnya. Namun, jika ingin menyusuri lebih jauh keindahannya, Anda bisa menaiki perahu yang bisa dinaiki bersama keluarga. Ingin lebih romantis? Anda bisa menyewa perahu bebek dan mengayuhnya sembari menikmati alam. Ingin menyusuri Situ Rawa Gede Bogor sembari berjalan kaki? Anda bisa berjalan di jembatan warna-warni.

Memancing di Danau

Destinasi wisata ini cocok bagi Anda yang ingin piknik di alam terbuka. Bercengkrama sambil menunggu ikan tersangkut di kail pancing juga seru lho dilakukan bersama keluarga. Danau di Rawa Gede ini dihuni oleh ikan-ikan, seperti nila dan mujair yang bisa diberi makan oleh pengunjung. Untuk antisipasi, bawalah alat pancing sendiri ya, Sobat Djava. 

Berswafoto

Aktivitas seru lainnya di Situ Rawa Gede Bogor yakni berswafoto. Liburan tanpa mengabadikan momen rasanya seperti taman tanpa bunga, alias hampa. Jadi, Anda harus berfoto di beberapa spot yang disediakan, yang terfavorit adalah di atas jembatan warna-warni. Spot lainnya adalah di Taman Love, air mancur, perahu bebek, dan background danau serta perbukitan yang hijau.

Berenang

Danau yang luas di wisata ini tentu tidak boleh diselami karena dikhawatirkan kedalamannya. Namun jangan bersedih, karena ada kolam renang di mana airnya langsung dari curug yang mengalir, lho. Kolamnya berada di pinggir danau dan bergaya infinity pool, di sampingnya terdapat kolam terapi ikan. Setelah berendam di kolam renang, pengunjung bisa melakukan terapi ikan di kolam sebelahnya sambil bersantai.

Berkemah

Aktivitas yang tak kalah seru di Situ Rawa Gede Bogor adalah berkemah, nih Sobat. Anda bisa merasakan bermalam di tengah lembah dengan kesejukan yang menenangkan ditambah taburan bintang. Persiapkan tenda dan alat-alat camping secara mandiri karena sejauh ini belum ada tempat penyewaannya. 

Untuk tempat api unggun dan pot bakaran telah disediakan di sana. Lupa membawa peralatan camping, tetapi ingin bermalam di sana? Jangan khawatir karena terdapat homestay yang bisa Anda sewa.

HTM dan Lokasi

Harga tiket masuk ke Situ Rawa Gede Bogor yakni sebagai berikut.

Harga Tiket Masuk Rp20.000 per orang

Parkir Rp5.000

Tiket Camping Rp10.000

Perahu Bebek Rp25.000 per 30 menit

Log in Wifi Rp10.000

Harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu. Adapun lokasinya berada di Kp rawa gede RT 04/05, Sirnajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830. Anda bisa menggunakan fasilitas Google Maps. Akses jalannya memang sedikit sempit, jadi lebih baik menggunakan sepeda motor.

Fasilitas di Situ Rawa Gede

Situ Rawa Gede memiliki banyak fasilitas untuk wisatawan. Seperti area parkir, toilet, mushola, gazebo, saung, camping ground, warung kopi, dan warung makan. Terdapat pula fasilitas terapi ikan dan fasilitas wifi karena di sana sulit sinyal. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai Situ Rawa Gede Bogor. Banyaknya fasilitas membuat wisatawan bisa mengisi liburan dengan ragam aktivitas seru, bahkan hingga treking. Jangan lupa membawa pakaian hangat karena destinasi ini berada di ketinggian 800 mdpl. Tetap patuhi protokol kesehatan, ya! (Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU