Selasa, Oktober 26, 2021

Rekomendasi Wisata Padang Pasir Paling Eksotis di Indonesia

Rekomendasi wisata padang pasir menjadi alternatif bagi kamu yang bosan berwisata ke itu-itu saja. Berwisata ke pantai, curug, ataupun leuwi agaknya sudah biasa dan sering melakukannya. Namun, berwisata ke padang pasir agaknya masih jarang. Padahal Indonesia memiliki banyak objek wisata padang pasir yang begitu eksotis.

Rekomendasi Wisata Padang Pasir di Indonesia 

Padang pasir merupakan hamparan pasir yang berwarna putih hingga kecoklatan dengan pesona yang eksotis. Tak hanya Timur Tengah, Indonesia juga ternyata memiliki banyak destinasi wisata padang pasir yang tak kalah menarik. Penasaran di mana saja letaknya? Yuk, simak informasi berikut selengkapnya.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Baca juga:

Rekomendasi wisata padang pasir yang pertama adalah Gumuk Pasir Parangkusumo di Pantai Parangtritis, Yogyakarta. Tepatnya berlokasi di Jl. Pantai Parangkusumo RT 01, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772. Sebutan gumuk karena hamparan pasirnya berada di tepi laut, yakni Pantai Parangtritis. Pesona hamparan pasirnya begitu menakjubkan bahkan menjadi satu-satunya lokasi sandboarding (olahraga seluncur dari atas pasir menggunakan papan) Asia Tenggara.

Panoramanya benar-benar eksotis dan menghasilkan foto yang instagramable. Padang pasir ini menjadi yang tervaforit karena panoramanya. Kamu juga bisa menikmati indahnya sunset di tempat ini. Jam operasionalnya dimulai pukul 07.00-18.00 dengan aktivitas seru seperti naik mobil jeep, sandboarding, dsb.

Gumuk Pasir Oetune

Rekomendasi wisata padang pasir yang berikutnya adalah Gumuk Pasir Oetune yang berada persis di tepi Pantai Oetune. Lokasinya berada di Desa Tuafanu, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Padang pasir dengan panjang sekitar 100 meter persegi ini memiliki kontur bergelombang dan bergulung dengan warna kecoklatan. Panoramanya mirip dengan Gurun Sahara di Afrika yang begitu dahsyat memukau indera penglihatan.

Gumuk Pasir Telaga Biru

Riau memiliki destinasi wisata padang pasir yang begitu elok bak negeri dongeng. Hamparan pasir yang berwarna putih kecoklatan begitu konstras dengan birunya telaga. Gumuk yang dahulunya merupakan pertambangan pasir bauksit ini bahkan hingga menarik wisatawan mancanegara. Objek wisata yang memesona ini berlokasi di Jl. Raya Busung, Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29152.

Gumuk Pasir Berbisik

Gumuk Pasir Berbisik menjadi rekomendasi wisata padang pasir yang selanjutnya. Tempat ini mungkin tak asing bagi para pendaki Bromo, karena berlokasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Diberi nama Gumuk Pasir “Berbisik” karena tiupan angin yang berhembus membawa serta butiran pasir yang akhirnya terdengar seolah bisikan. 

Gumuk Pasir Sumalu Toraja

Tanah Toraja memang tak pernah mengecewakan, seperti objek wisatanya yang satu ini. Daya tarik gumuk pasir ini menjadikannya begitu unik karena membentuk bukit-bukit pasir yang padat. Warna pasir yang kehitaman dan ditumbuhi tumbuhan hijau membuat potretnya mirip dengan Grand Canyon, lho. Gumuk Pasir Sumalu berada di Rantebua Sumalu, Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan 91853.

Gumuk Pasir Tungtung Karang

Rekomendasi wisata padang pasir Gumuk Pasir Tungtung Karang berada di Garut, berdekatan dengan Pantai Sayang Heulang. Tepatnya berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Konturnya sedikit bergelombang dan berwarna putih kecoklatan. Gumuk pasir ini pun dijuluki “Sahara Van Garut” karena pesonanya mirip dengan Gurun Sahara.

Padang Pasir Kersik Luway

Padang Pasir Keraik Luway begitu unik karena bukannya berada di tepi pantai, tetapi malah berada di tengah hutan belantara. Menarik, bukan? Potret yang beredar dengan pasir putihnya seluas 500 hektar ini membuatmu bak melihat film Disney. Padang Pasir Kersik ini menjadi bagian cagar alam yang dilindungi karena menjadi tempat hidup anggrek hitam. 

Terdapat pula kantung semar, perdu, dan flora langka dunia lainnya. Padang pasir ini juga ditumbuhi pepohonan tinggi menjulang bak pengawal istana. Namun, rekomendasi padang pasir yang satu ini agaknya sulit dikunjungi karena akses infrastruktur yang belum memadai.

Padang Pasir Pantai Tulamben

Bali, satu kata yang akan mmebawa imajinasi panorama pantai yang memesona. Namun, Bali juga tak hanya memiliki pantai yang memukau saja karena terdapat padang pasir dengan view tropis. Hamparan pasirnya yang luas serta banyak pohon palem yang menjulang tinggi. Cokelatnya pasir berpadu pohon palem membuat nuansa daerah tropis yang kental.

Itulah beberapa rekomendasi wisata padang pasir yang bisa menjadi bucket list liburanmu. Semua objek wisatanya memiliki keunikan masing-masing. Namun yang pasti, semuanya memiliki panorama eksotis yang sayang untuk tidak mengabadikannya. Bagi para fotografer, tempat-tempat ini selalu menjadi incaran untuk menciptakan potret yang menawan.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU