Sabtu, Juli 20, 2024

Lembah Pendawa Pasuruan, Wisata Bernuansa Pulau Dewata

Lembah Pendawa Pasuruan merupakan sebuah objek wisata alam yang memiliki panorama indah dengan nuansa khas Pulau Dewata. Tempat ini bahkan memiliki tagline Bali Van Java Pandaan karena menawarkan sensasi berlibur layaknya di Bedugul, Bali. Lengkap dengan danau, panorama alam yang hijau, dan pura tinggi yang memiliki nilai budaya serta kental dengan agama Hindu. Suasananya yang tenang dengan hawa sejuk juga membuat wisatawan yang datang menjadi lebih rileks.

Tempat wisata ini termasuk baru karena beroperasi sejak Desember 2023 lalu. Meskipun demikian, antusias masyarakat begitu tinggi karena telah lebih dulu melihat daya tarik wisata ini dari media sosial. Tak heran jika objek wisata ini langsung ramai oleh wisatawan yang penasaran ingin mengetahui pesona khas Bali dari tempat ini. Terutama saat akhir pekan tiba, antrean kendaraan menuju gerbang wisata ini tak terelakkan.

Agar tak ketinggalan objek wisata hits ini, Sobat Djava juga harus segera mengunjunginya. Sebelum itu, simak terlebih dahulu artikel ini selengkapnya agar tidak ketinggalan informasi penting tentang Lembah Pendawa Pasuruan. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sehingga pengalaman berliburnya makin menyenangkan. Yuk, simak dalam uraian berikut ini!

Daya Tarik Lembah Pendawa Pasuruan

Objek wisata ini menyuguhkan keindahan danau dan kolam-kolam lain dengan nuansa khas Bali yang kental. Hal tersebut dapat terlihat dari berbagai hiasan seperti payung hingga patung-patung yang sering kita temui di Pulau Dewata. Bahkan Sobat Djava akan menemukan pura tinggi yang memesona karena letaknya berada di tengah danau. Juga terdapat gapura khas Bali atau angkul-angkul yang besar dan tinggi sehingga terlihat megah.

Areanya cukup luas dengan pepohonan hijau yang memberi kesejukan, lengkap dengan bunga-bunga yang berwarna-warni mempercantik panoramanya. Lembah Pendawa Pasuruan juga memiliki ragam wahana permainan untuk anak-anak hingga orang dewasa sehingga cocok menjadi destinasi wisata keluarga. Salah satu ikon terkenalnya selain pura adalah restorannya yang menyajikam ragam menu tradisional yang menggoyang lidah.

Wisatawan yang datang ke tempat ini bisa bersantai, refreshing, sekaligus healing menenangkan tubuh dan pikiran. Mereka juga bisa berburu spot foto dengan latar belakang yang instagramable karena penataan tempat ini menyerupai Bali yang eksotis. Wisatawan juga tidak akan mati gaya karena ada beberapa permainan yang bisa mereka coba. Selain itu, mereka bisa mencicipi masakan restorannya atau berpiknik.

Berenang hingga Piknik

Objek wisata Lembah Pendawa Pasuruan memiliki banyak fasilitas liburan yang bisa Anda coba, salah satunya adalah kolam renang yang berada di pinggir danau. Kolam ini memiliki beberapa permainan air sehingga membuat anak-anak lebih ceria ketika bermain. Terdapat juga kolam ikan terapi bagi Anda yang ingin menghilangkan kotoran pada kaki dan jari-jarinya.

Wahana permainan lainnya adalah ATV, sepeda, hingga animal riding yang bisa Anda gunakan untuk mengelilingi area wisata ini. Bagi anak-anak, terdapat sebuah playground yang akan membuat liburannya makin seru. Ada juga taman kelinci dengan satwa menggemaskan berbulu yang lucu. 

HTM dan Jam Operasional

Lembah Pendawa Pasuruan mematok harga tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang saat weekday. Sementara itu, harganya naik menjadi Rp20.000 per orang saat weekend atau hari libur nasional. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya parkir dan wahana permainan berbayar, ya. Perlu Anda ketahui bahwa harga tersebut tidak bersifat tetap sehingga bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Adapun jam operasional tempat wisata ini adalah mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap hari. Namun, untuk restorannya akan mulai buka pukul 08.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari atau menjelang sore dengan kondisi cuaca yang cerah. Jika tak ingin ramai, berkunjunglah saat hari kerja atau weekday.

Fasilitas dan Lokasi Lembah Pendawa Pasuruan

Lembah Pendawa Pasuruan memiliki beberapa fasilitas, seperti area parkir kendaraan, musala, toilet, gazebo, tempat piknik, spot foto, dsb. Alamatnya adalah Bakalan, Durensewu, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur 67156. Hubungi nomor 082118444599 atau kunjungi Instagram @lembahpendawa untuk informasi lebih lanjut. (Rismawati/Djavatoday)

Coban Srikandi Malang: HTM, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Coban Srikandi Malang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang masih asri.

Curug Gede Damar Payung: HTM hingga Daya Tariknya

Curug Gede Damar Payung merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Meskipun tak setinggi curug lainnya yang mencapai puluhan...

Hutan Pinus Bubulak Tasikmalaya, Bisa Camping dan Renang!

Hutan Pinus Bubulak Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata alam baru yang cocok menjadi tempat untuk healing atau sekadar refreshing. Tempat ini juga menyediakan fasilitas...

Kebun Durian Sangiang Bedil, Wisata Sumedang Bernuansa Bali

Kebun Durian Sangiang Bedil merupakan sebuah objek wisata sekaligus spot staycation di Sumedang yang cukup lengkap. Tempat ini menyediakan berbagai macam fasilitas liburan yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya