Rabu, April 17, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Hidden Gem Tasikmalaya, Indahnya Panorama Curug Panetean

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Halo good people, siapa nih yang suka explore curug yang ada di Tasikmalaya? Ada nih hidden gem Tasikmalaya yaitu curug panetean yang bisa jadi salah satu opsi untuk berlibur.

Tasikmalaya tidak habisnya dengan keindahan alamnya, tidak terlepas dari wisata airnya yaitu Curug atau dalam Bahasa Indonesia berarti air terjun. Meskipun sedang musim hujan, itu tidak menyurutkan para traveller untuk terus mengexplore beragam wisata air.

Keindahan Curug Panetean

Curug panetean merupakan curug yang memiliki aliran air yang berwarna biru bening, Dimana dibagian dasar Sungai bukan hanya bebatuan namun juga pasir. Terdapat lima umpakan aliran yang membentuk cekungan sehingga seperti kolam. Adapun tiap umpakan memiliki ketinggian bervariasi, mulai dari 50 cm – 1,5 m. Meskipun terlihat dangkal, namun ada beberapa kolam yang cukup dalam. Sehingga untuk yang tidak bisa berenang disarankan untuk memakai pelampung.

Pada bibir Sungai terdapat batu karang berwarna coklat yang tertata rapi sehingga menambah kesan eksotisnya. Bahkan kebanyakan orang tidak akan percaya bahwa tempat tersebut berada di Tasikmalaya. Namun, jangan terhipnotis akan keindahannya, karena curug ini memiliki arus yang cukup kuat yang bisa menarik siapapun.

Selain itu, hal yang menambah keindahannya pohon-pohon yang berjajar. Pohon tersebut biasanya dibuat sebagai batu loncatan untuk menuju kolam, karena sudah terdapat tali yang menjuntai.

Lokasi dan Akses

Wisata ini disebut hidden gem dikarenakan lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota untuk mencapai lokasi dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 22 menit, yaitu sekitar 72 KM. Curug Panetean ini beralamat di Kec. Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya.

Untuk menuju lokasi disarankan untuk menggunakan motor, karena meskipun mobil bisa sampai disana namun tidak ada tempat parkir yang memadai. Untuk dapat mencapai kesana, pengunjung diharuskan tracking terlebih dahlu sekitar 10 menit perjalanan dengan pemandangan sawah dan aliran air. Namun, kontur tanah yang bergelombang dan berbelok-belok membuat pengunjung harus ekstra focus dan hati-hati. Apalagi ketika sebelumnya turun hujan, tanah akan sangat licin.

Pada pantauan terakhir tim Djava di akhir tahun 2023, curug ini terbilang sepi. Namun, meskipun begitu tetap ada warung yang buka, sehingga para pengunjung bisa membeli jajanan disana. Selain itu, bagi yang tidak bisa berenang bisa menyewa pelampung dengan harg Rp. 15 ribu tanpa dibatasi waktu.

Untuk fasilitas di Curug Panetean juga sudah lengkap, terdapat WC, Mushola dan tempat ganti baju yang sederhana.

Nah, itulah beberapa hal mengenai hidden gem tasikmalaya yaitu Curug Panetean. Apabila good people akan kesana, pastikan cuaca sedang bagus dan jangan lupa untuk menyiapkan bekal serta menggunakan kendaraan yang fit. Stay safe. (Pas/Djavatoday)

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Nuansa Alam Cakra Buana, Wisata Lengkap untuk Libur Lebaran

Nuansa Alam Cakra Buana merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk berlibur keluarga saat lebaran. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang...

Terpopuler

Lainnya