Sabtu, April 20, 2024

Guha Pawon Bandung, Wisata Sejarah yang Eksotis

Guha Pawon Bandung merupakan sebuah situs sekaligus wisata sejarah yang berkaitan dengan sesepuh orang Sunda. Objek wisata ini cukup unik karena berupa gua yang berada di antara pegunungan yang rimbun dengan berbagai vegetasi alam. Hal ini membuat daya tarik panoramanya begitu eksotis, berpadu dengan keindahan bebatuan gua yang yang menyimpan cerita historis.

Objek wisata ini dekat dengan beberapa wisata lainnya yang juga populer di Paris Van Java ini. Seperti objek wisata alam Situ Ciburuy dan Stone Garden Citatah yang menjadi spot foto aesthetic. Bandung memang selalu memiliki tempat-tempat menarik yang menjadi perhatian khalayak ramai. Tak heran jika kota yang satu ini selalu menjadi tujuan wisatawan saat hari libur tiba.

Berkunjung ke gua ini juga akan membawa Anda ke suasana pada zaman purbakala. Objek wisata ini pun cocok untuk Anda yang bosan dengan pariwisata yang itu-itu saja. Apalagi bagi Anda pecinta alam dan sejarah, Guha Pawon Bandung ini wajib masuk list rencana liburan Anda.

Sebelum berkunjung, sebaiknya Anda simak dahulu artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik seputar objek wisata ini yang bisa Anda jadikan sebegai referensi. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk Guha Pawon Bandung

Informasi penting tentang Guha Pawon Bandung yang harus Anda ketahui adalah harga tiket masuknya. Sebuah kabar baik untuk Sobat Djava karena objek wisata ini tidak mematok harga tiket yang tinggi. Nominalnya hanya sebesar Rp5.000 saja per orang dengan tambahan biaya parkir motor Rp3.000. Bagi Anda yang datang menggunakan mobil, biaya parkirnya adalah Rp5.000 per unit.

Jangan lupa menyiapkan dana untuk keperluan lainnya, salah satunya adalah bersantap di warung sederhananya. Perlu Anda ingat bahwa harga tiket ini tidak bersifat permanen sehingga bisa saja berubah sesuai kebijakan pihak pengelola wisata. Untuk informasi terbaru setiap saatnya, Sobat Djava bisa menghubungi nomor telepon call center 089605906378.

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata sejarah Guha Pawon Bandung memiliki beberapa fasilitas yang bisa wisatawan gunakan. Seperti area parkir kendaraan, toilet, musala untuk beribadah, warung sederhana, hingga spot fotom. Tempat ini juga memiliki fasilitas museum sejarah dengan beberapa koleksi peninggalan manusia purba. Untuk Anda yang ingin mencoba hal yang menantang, cobalah untuk melakukan cliff climbing pada dinding guanya.

Sebelum berkunjung, pastikan Anda datang pada jam operasionalnya agar tidak sia-sia. Adapun jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.30 WIB setiap hari. Berkunjung saat hari-hari weekdays akan membuat Anda bisa menjelajah dengan lebih leluasa.

Wisata Sejarah Guha Pawon Bandung

Guha Pawon Bandung merupakan sebuah gua (dalam bahasa Sunda disebut “guha”) alami yang terbentuk dari proses alam sejak zaman purbakala. Menurut cerita, gua ini merupakan tempat tinggal dari manusia zaman purba yang menjadi sesepuh dan turut andil dalam kebudayaan Sunda. Hal tersebut terbukti dari adanya fosil kerangka manusia zaman purba dan beberapa barang peninggalannya.

Kerangka manusia dan barang-barang seperti karya gerabah, alat-alat berburu dan meramu tersebut bisa Sobat Djava temukan dalam museum gua ini. Tempat yang dulunya sebagai pusat aktivitas manusia prasejarah pun turut menjadi objek penelitian oleh para arkeolog. Sobat Djava bisa menjelajahi gua ini sembari menambah wawasan tentang peradaban suku Sunda sejak ribuan tahun yang lalu.

Keeksotisan Gua

Selain menjadi wisata sejarah, Guha Pawon Bandung juga tentu menjadi spot alam yang menyuguhkan keeksotisan. Anda bisa melihat uniknya bebatuan stalaktit dan stalakmit yang memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda. Dinding gua maupun bebatuan tak beraturannya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan sehingga menjadi spot foto favorit.

Letak gua yang berada di kawasan pegunungan karst pun menjadikan panoramanya begitu memesona. Pohon-pohon rindang dengan hawa sejuk yang menenangkan bisa Anda nikmati sepuasnya. Namun, kami sarankan untuk menggunakan masker saat menjelajahi keindahan gua ini karena sering kali tercium aroma kotoran kelelawar yang cukup menyengat.

Lokasi Wisata

Guha Pawon Bandung berlokasi di Kp. Cibukur, Gunungmasigit, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40554. Berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Bandung ke arah Barat. Akses jalannya bagus sehingga bisa untuk kendaraan roda dua maupun empat. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk berkunjung, Sobat Djava? (Rismawati/Djavatoday)

Umbul Besuki Klaten: Info HTM, Fasilitas, Lokasi

Umbul Besuki Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian yang memiliki fasilitas lengkap. Objek wisata ini telah ada sejak 2019 dan menjadi favorit...

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Terpopuler

Lainnya