Senin, Juni 24, 2024

Embung Kledung Temanggung: HTM, Fasilitas, hingga Lokasi

Embung Kledung Temanggung merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keeksotisan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Objek wisata ini dahulunya berfungsi sebagai penampungan air tadah hujan untuk cadangan jika musim kemarau tiba untuk tujuan irigasi. Air tersebut juga berfungsi sebagai air bersih, hal ini sesuai dengan definisi dari ‘embung‘ itu sendiri. Melihat lanskap alamnya yang memukau, tempat ini pun akhirnya berfungsi juga sebagai objek wisata alam yang menawarkan ragam keseruan.

Kabupaten Temanggung memang selalu hadir dengan ragam keindahan dan keelokan alamnya yang membuat wisatawan berdatangan. Baik dari daerah sekitarnya ataupun dari luar daerah. Harga tiket masuknya yang murah meraiah juga menjadi salah satu alasan objek wisata Jawa Tengah banyak wisatawan gandrungi. Seperti halnya objek wisata ini.

Ingin mengetahui informasinya lebih lanjut? Jangan khawatir karena kami akan memberikan ragam informasi wisata Embung Kledung Temanggung untuk Sobat Djava. Simak dalam uraian berikut ini, ya!

Baca juga: Curug Surodipo Temanggung: HTM hingga Alamat Lengkap

Keelokan Lanskap Alam Wisata Embung Kledung Temanggung

Setiap objek wisata pastinya memiliki daya tarik yang menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang menghabiskan waktu liburan. Kira-kira, daya tarik apa saja yang wisata ini tawarkan? Ternyata, keelokan panorama Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro lah yang menjadi daya tarik utamanya. Tentunya juga terdapat pemandangan danau atau embung yang memiliki luas sekitar 83 X 83 meter dengan air yang jernih.

Saking jernihnya, panorama alam sekitarnya yang indah terpantul dalam permukaan airnya bak cermin raksasa. Nuansa alam yang asri pun bergitu terasa tatkala menyaksikan pepohonan rindang sekelilingnya yang hijau memanjakan mata. Udara bersih dan hawa sejuk pun siap menyambutmu kala menginjakkan kaki di objek wisata Embung Kledung Temanggung. Areanya juga cukup luas sehingga membuat wisatawan nyaman untuk melakukan rileksasi dan healing bersama teman atau keluarganya.

Camping, Berburu Sunrise, Sunset, dan Spot Foto

Terdapat berbagai keseruan yang menantimu di objek wisata alam ini. Biasanya wisatawan datang tak hanya sekadar ingin bersantai menikmati alamnya saja, tetapi juga sekaligus bermalam dengan mendirikan tenda, alias berkemah. Tempat ini bisa menjadi alternatif bagi Sobat Djava yang ingin camping, tetapi tak ingin capek-capek hiking. Bahkan tanpa hiking pun, Anda masih bisa menikmati berkemah dengan panorama pegunungan yang begitu jelas pesonanya.

Jika tak memiliki tenda dan peralatan camping lainnya, Anda tak perlu khawatir karena pihak pengelola telah menyediakan penyewaannya. Anda tinggal datang membawa perbekalan lainnya bersama teman datau keluarga dan nikmatilah sensasi bermalam di sana. Embung Kledung Temanggung akan memberikanmu kesempatan menyaksikan sunrise yang indah dari balik Gunung Sumbing. Kemudian memberikan panorama eksotisnya langit jingga saat senja dari balik Gunung Sindoro.

Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan alamnya dengan berfoto menggunakan lensa kamera terbaikmu. Berbagai spot foto juga tersedia dengan desain yang instagramable. Seperti ayunan di atas danau dengan latar belakang Gunung Sumbing yang memiliki model unik. Ayunan ini memiliki dua space bangku yang terpisahkan oleh sebuah meja yang juga menyatu, unik, bukan?

Kemudian terdapat hammock yang bisa Anda gunakan untuk bersantai dan berfoto. Spot lainnya yang tak kalah menarik adalah taman embung dengan bunga-bunga yang cantik, tangga warna-warni, balkon tepi danau, dsb. Embung Kledung Temanggung juga memungkinkan wisatawan untuk bisa menyaksikan ikan-ikan yang mayoritas berwarna jingga dan memberi makannya.

HTM dan Jam Operasional

Harga tiket masuk objek wisata ini cukup terjangkau, yakni Rp7.000 per orang, sedangkan tiket camping-nya Rp15.000 per orang. Untuk biaya parkirnya hanya Rp3.000 per unit sepeda motor dan Rp5.000 per unit sepeda motor. Jika Anda menginap, maka biaya parkir motor menjadi Rp5.000, sedangkan parkir mobil sebesar Rp10.000 per malam. Terdapat biaya stiker untuk setiap kendaraan, yakni Rp3.000.

Adapun jam operasional objek wisata Embung Kledung Temanggung adalah 24 jam setiap harinya. Kami rekomendasikan untuk datang saat pagi hari saat cuaca cerah karena terkadang kawasan ini tertutup kabut.

Fasilitas dan Lokasi Embung Kledung Temanggung

Embung Kledung Temanggung memiliki ragam fasilitas, seperti area parkir kendaraan, musala, toilet, dan warung-warung makanan. Tersedia juga ragam spot foto ciamik, camping ground, penyewaan tenda, penyewaan hammock, bangku-bangku, gazebo, dan lainnya.

Tertarik berkunjung ke Embung Kledung Temanggung? Yuk, datangi langsung ke lokasinya dengan alamat Jalan Raya Parakan – Wonosobo No.KM.12, Area Sawah, Kledung, Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56264. Lokasinya sekitar 700 meter dari jalan besar, tetapi berhati-hatilah jika menggunakan mobil karena jalannya cukup sempit. Untuk reservasi camping dan informasi lebih lanjut, hubungi nomor 08560001015. (Ris/Djavatoday)  

5 Tempat Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Bikin Badan Jadi Rileks

Pemandian air panas kian diminati oleh para wisatawan. Tempat yang menjadi sasaran untuk refreshing ini tidak hanya menawarkan suasana yang nyaman, tapi juga memiliki...

Awi Langit Campsite Ciwidey, Bisa Camping Tepi Curug!

Awi Langit Campsite Ciwidey merupakan sebuah bumi perkemahan yang lokasinya tepat berada di tengah hutan yang rimbun. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam menggunakan tenda...

Umbul Kroman Klaten, Bisa Pancarkan Aura Kecantikan

Umbul Kroman Klaten merupakan sebuah hidden gem yang menjadi destinasi para pelancong untuk sekadar healing. Tempat ini menyuguhkan sebuah kolam mata air alami yang...

Curug Lawa Banyumas, Free HTM untuk 3 Curug!

Curug Lawa Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang menyajikan keindahan air terjun di tengah alam yang asri. Tempat ini seolah seperti surga tersembunyi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya