Selasa, Oktober 26, 2021

Curug Walet Pamijahan Bogor, Keindahan Alam di Kaki Gunung Salak

Curug Walet Pamijahan Bogor merupakan salah satu wisata curug atau air terjun yang indah. Curug ini memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dari curug yang lain. Berada di kaki Gunung Salak, curug ini seolah menjadi surga tersembunyi.

Wisata alam air terjun ini memerlukan stamina yang kuat karena track perjalanan yang tidak mudah. Namun, para pemuda-pemudi tak patah arang, lho untuk melihat keindahan curug ini secara langsung. Penasaran seperti apa, sih, keindahan curug walet ini? Yuk simak artikel ini selengkapnya!

Sekilas Tentang Curug Walet Pamijahan

Baca juga:

Sebelum mengetahui keunikan dan keindahannya, mari kita ulik asal usul penamaan wisata alam yang satu ini. Dinamakan “Curug Walet” karena di sekitar curug terdapat banyak burung walet yang bersarang. Ada yang di pepohonan sekitar curug, juga ada di bebatuannya. Akhirnya, warga setempat menamai air terjun ini dengan Curug Walet Pamijahan karena letaknya yang berada di kecamatan Pamijahan.

Daya tarik Curug Walet Pamijahan

Setiap air terjun tentu memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tariknya. Seperti Curug Walet yang memiliki air berwarna biru kehijauan. Selain itu, air terjunnya terdiri dari tiga tingkatan. Ketinggiannya pun terhitung tidak terlalu tinggi sehingga pengunjung bisa menaikinya dengan aman. Bebatuan di sekitar curug juga berwarna kehijauan karena lumut yang tumbuh, membuat Curug Walet dijuluki Green Canyon-nya Bogor.

Dikelilingi pepohonan dan tanaman hijau di kaki Gunung Salak membuat suasananya makin terasa asri. Hal lain yang menarik adalah Curug Walet Pamijahan ternyata dikelilingi oleh curug lainnya dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Seperti Curug Cihanjawar, Cikudapaeh, dan Kanteh Payung yang terletak di perjalanan sebelum Curug Walet.

Bermain Air, Berenang, dan Berswafoto

Berwisata ke curug bisa menjadi alternatif untuk menenangkan pikiran dengan melihat alamnya yang menawan. Sejuknya udara membuat wisatawan betah berlama-lama di sana. Ada juga aktivitas lain yang bisa Anda lakukan, seperti bermain air, berenang, atau berburu foto yang instagramable.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Curug di Tasikmalaya

Namun, jangan bermain air atau berenang tepat di bawah air terjun, ya, karena terdapat pusaran kecil. Juga dikhawatirkan terdapat benda atau bebatuan yang terjatuh dari atas bersamaan dengan jatuhnya air. Jika ingin berenang, disarankan melakukannya di Leuwi Hejo. Letaknya berada di pangkal curug dengan air yang berwarna kehijauan.

Anda tentu bisa berdoto dengan background air terjun yang menawan. Air biru kehijauan yang ada pada leuwinya pun membuat foto makin instagramable. Ada tangga yang bisa digunakan untuk menaiki tingkatan Curug Walet, tetapi harus berhati-hati karena hanya terbuat dari kayu.

HTM, Fasilitas, dan Jam Operasional

Untuk berwisata ke Curug Walet, Anda akan dikenakan biaya Rp.10.000 saat di gerbang pertama. Kemudian membayar parkir sebesar Rp.5.000 untuk sepeda motor atau Rp.20.000 untuk mobil. Untuk memasuki curugnya, Anda harus membayar lagi Rp.10.000.

Fasilitas yang tersedia di wisata Curug Walet Pamijahan belum begitu lengkap. Namun, fasilitas vital seperti kamar bilas, warung, dan tempat parkir telah disediakan. Wisata alam ini dibuka 24 jam setiap harinya. Namun, di masa pandemi Covid-19 Anda harus memeriksa jadwalnya terlebih dahulu mengingat kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat.

Lokasi dan Akses Jalan

Curug Walet berlokasi di Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sebelum berkunjung, Anda harus menyiapkan fisik yang kuat karena akses jalannya tidak mudah. Setelah tiba di area parkir menggunakan kendaraan, Anda harus berjalan kaki melewati pematang sawah. 

Anda harus menuruni tangga bebatuan dan akan menemukan irigasi. Tiba di sebuah warung, selanjutnya Anda masih harus menuruni tangga dan jalan setapak di samping tebing. Berhati-hatilah karena terkadang jalanan licin dan curam.

Tips Berkunjung

Jika Anda ingin berwisata ke Curug Walet Pamijahan, siapkanlah terlebih dahulu fisik dan kesehatan, ya. Berkunjunglah di musim kemarau agar Anda bisa melihat pesona air terjun yang berwarna biru kehijauan. Lebih baik Anda membawa bekal makanan dan minuman, jas hujan, dan baju ganti. Disarankan juga untuk menggunakan sandal gunung karena tracknya yang sedikit menantang.

Itulah pesona Curug Walet Pamijahan Bogor yang menawan. Berada di kaki Gunung Salak menjadikannya seperti surga tersembunyi dan sulit dilalui. Namun, perjuangan untuk sampai di sana akan terbayar dengan panorama air terjun yang menawan. 

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU