Selasa, Oktober 26, 2021

Curug Sodong Sukabumi, Pesona Air Terjun Pengantin dan Mitosnya

Curug Sodong Sukabumi merupakan kekayaan alam Indonesia yang j objek wisata berupa air terjun. Ada yang menyebutnya Curug Sodong, ada pula yang menyebutnya Curug Kembar, bahkan Curug Pengantin. Namanya begitu beragam, seperti pesona keindahannya. Air terjun yang mengalir di tengah hutan dan pegunungan ini memiliki pesona dan ceritanya tersendiri.

Sukabumi memang menjadi wilayah kabupaten di Jawa Barat yang kaya akan potensi pariwisatanya. Untuk lebih mengenal bagaimana objek wisata Sukabumi yang satu ini, simak artikel ini selengkapnya, ya! 

Tentang Curug Sodong Sukabumi

Baca juga:

‘Curug’ dari bahasa Sunda yang berarti ‘air terjun’, sedangkan ‘sodong’ berarti ‘cekungan gua’. Jadi, Curug Sodong artinya sebagai air terjun dengan cekungan gua. Namanya demikian karena tepat aliran air terjun terdapat gua dengan dinding cekung seakan hanya membukakan sedikit pintu gua. Curug ini memiliki dua spot air terjun berdampingan dan berpasangan sehingga menyebutnya Curug Kembar atau Curug Pengantin.

Ketinggian Curug Sodong diperkirakan setinggi 20 meter dan berada dekat dengan kawasan Curug Cikanteh. Curug Sodong merupakan salah satu curug yang masuk dalam kawasan wisata Geopark Ciletuh Sukabumi. Kawasan wisata tersebut telah diresmikan UNESCO sebagai kekayaan alam dunia. Warga Indonesia, terutama warga Sukabumi wajib bangga!

Daya Tarik Curug Sodong Sukabumi

Pesona Curug Sodong Sukabumi tentu ada pada potret air terjunnya yang megah. Apalagi dinding yang menahannya memiliki aura bak gua sehingga menambah kesan eksotis. Letaknya yang berada di tengah hutan dan dikelilingi pegunungan membuat suasananya sejuk, jauh dari segala hiruk-pikuk. Terdapat pepohonan hijau dengan ranting melebar yang biasanya jadi tempat wisatawan berteduh sambil menikmati pemandangan.

Putihnya air yang terjun dari ketinggian berubah menjadi kehijauan saat jatuh karena menyatu bersama bulir lainnya di kolam bawah. Keindahannya patut untuk dinikmati dan diabadikan agar bisa dikenang. Untuk Anda yang rindu akan keasrian alam, Curug Sodong bisa menjadi tempat tujuan.

Aktivitas di Curug Sodong

Para wisatawan yang berlibur di Curug Sodong Sukabumi biasanya menikmati alam di bawah rindangnya pohon. Ada juga yang sembari berteduh di saung. Satu hal yang tak boleh terlewat adalah berswafoto dengan background indahnya air terjun. Wisatawan juga boleh bermain air hanya dengan tangan tapi tidak boleh berenang.

Anda juga bisa sekalian mengunjungi Curug Cikanteh yang memang berdekatan dengan Curug Sodong. Untuk Anda yang hobi camping, bisa melakukannya karena terdapat camping ground dengan biaya Rp50.000/tenda. Sebaiknya, Anda membawa peralatan camping sendiri agar biayanya lebih murah. Menikmati deburan air dan suasana alam di malam hari tentu mengasyikkan.

Mitos Dibalik Pesona Curug Sodong

Dari balik keindahan Curug Sodong Sukabumi ini, terdapat beberapa cerita mistis atau mitos. Pertama, pasangan yang belum menikah tidak diperbolehkan berenang di kolam karena dipercaya akan langsung tenggelam. Konon, ini pernah terjadi di tahun 2000an, terdapat pasangan yang nekat berenang dan akhirnya tenggelam. Ketika jasadnya ditemukan, air Curug Sosong tiba-tiba surut selama beberapa hari.

Kedua, curug ini konon menjadi tempat bagi para penggiat ilmu kanuragan. Untuk menguji ilmu kanuragan atau kebatinan tersebut, konon katanya harus menjatuhkan potongan tubuh dari atas. Jika potongan tubuh tersebut menyatu kembali saat menyentuh dasar kolam curug maka ilmunya berhasil.

Mitos ketiga adalah adanya batu besar di atas curug yang kokoh dan tak tergoyahkan sedikit pun. Jika batu tersebut goyah dan jatuh, warga setempat percaya akan terjadi gempa besar karena Samudera Hindia naik ke daratan. Benar atau tidaknya mitos tersebut bukanlah hal utama karena yang terpenting kita tetap harus menghormati kepercayaan setempat. Ikuti aturannya dan jaga alamnya agar tak ada yang terganggu dengan ucapan atau tindakan kita.

Fasilitas dan HTM

Fasilitas yang tersedia di Curug Sodong Sukabumi menyatu dengan fasilitas Curug Cikanteh. Seperti area parkir, toilet, camping ground, fasilitas protokol kesehatan, dan saung. Anda juga bisa memilih kuliner yang berjejer di sana. Adapun harga tiket masuknya hanya Rp3.000 per orang, parkir motor Rp3.000, dan parkir mobil Rp5.000.

Lokasi dan Tips Berkunjung

Lokasi objek wisata ini berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya berada di kawasan wisata Geopark Ciletuh dan menempuh perjalanan sekitar 3-4 jam dari pusat kota. Sebaiknya Anda berkunjung pada awal musim kemarau agar debit air tidak terlalu deras. Warna air dan akses jalan pun akan lebih baik pada musim kemarau awal sehingga viewnya lebih menakjubkan.

Itulah beberapa informasi mengenai Curug Sodong Sukabumi alias Air Terjun Pengantin yang memikat para wisatawan. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan karena curug ini masih benar-benar asri. 

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU