Sabtu, Mei 25, 2024

Curug Nangka Bogor: Info HTM, Aktivitas, hingga Lokasi

Curug Nangka Bogor merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang berada tepat di Kaki Gunung Salak. Dengan begitu, air terjun ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Anda akan mendapatkan pengalaman menarik saat berkunjung ke objek wisata ini. Mulai dari suguhan air terjun yang terlihat megah, potret tebing dan pepohonan sekitarnya yang eksotis, hingga udara sejuknya.

Melansir travelspromo.com, air terjun ini berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 17 hektare. Kealamian alamnya masih terjaga, itulah mengapa ada banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke curug ini. Apakah Sobat Djava juga tertarik untuk berkunjung? Sebelum itu, simak terlebih dahulu informasi berikut ini sebagai referensi.

Baca juga: Curug Ciampea Bogor, Keindahan di Kaki Gunung Salak

Daya Tarik Curug Nangka Bogor

Memilih wisata air terjun sebagai destinasi liburan saat akhir pekan memang menjadi tren yang tengah banyak orang lakukan. Air terjun menjadi pilihan karena udara di sana biasanya sejuk dan gemuruh air terjunnya tak jarang membuat takjub. Seperti yang bisa Anda saksikan di Curug Nangka Bogor, air terjun setinggi 20 meter yang memiliki debit air cukup deras. Deburan air yang jatuh dari atas terbingnya menciptakan tempias yang menambah kesan eksotis.

Airnya jernih dan cukup dingin, tetapi tetap menyegarkan saat kita menyentuhnya. Bermain air ataupun berenang di kolam yang tepat berada di bawah air terjunnya akan menjadi pengalaman yang seru. Menghirup udara sejuknya sembari berendam dalam airnya akan merilekskan badan dan menjernihkan pikiran. Apalagi dengan sajian panorama indah dari tebing gagah yang berselimut tanaman dan pepohonan hijau.

Aktivitas Seru

Berbagai aktivitas seru tentunya bisa Anda lakukan di Curug Nangka Bogor bersama teman, keluarga, ataupun pasangan. Di antaranya berenang di airnya yang terasa begitu alami atau berswafoto di dekat air terjun. Menjadikan air terjunnya sebagai latar belakang fotomu akan menghasilkan gambar yang epik, cocok untuk berada di feed Instagram. Selain di area air terjun, Anda juga bisa mencari spot foto lainnya yang bertemakan alam bebas.

Salah satu spot foto yang menjadi incaran wisatawan adalah di hutan pinus yang penuh dengan barisan pohon yang menjulang tinggi. Bangku-bangku panjang pun tersedia untuk wisatawan yang ingin bersantai menikmati senandung alam yang begitu tenteram. Setelah puas berswafoto, ada aktivitas lain yang harus Sobat Djava coba, yakni berkemah di tengah hutan pinus dekat sungai!

Nikmatilah sensasi malam yang damai di tengah alam bebas bertemankan suara serangga yang khas. Anda bisa membawa tenda sendiri atau menyewa tenda dan glamping yang telah tersedia dengan berbagai fasilitas menarik. Anda juga bisa melakukan aktivitas outbond lainnya di Curug Nangka Bogor. Seperti fying fox, off road, dan lainnya.

Harga Tiket Masuk Curug Nangka Bogor

Keindahan Curug Nangka Bogor memang tak perlu kita ragukan lagi, pesonanya bahkan mampu menarik wisatawan dari mancanegara. Namun, ada satu hal yang banyak wisatawan keluhkan tentang objek wisata ini, yakni tentang harga tiket masuknya yang terlalu mahal. Hal tersebut terjadi karena banyaknya pungutan liar oleh penjaga posnya, padahal nominal harga tiket masuk dalam karcis tertera Rp7.500.

Namun, para penjaga pos justru mengharuskan wisatawan untuk membayar Rp32.000 per orang. Menurut review pengunjung dalam aplikasi Google, mereka bahkan masih harus membayar parkir Rp5.000. Semoga pihak pengelola wisata dan pemerintah daerah bisa segera memberantas pungutan liar di semua objek wisata.

Fasilitas dan Jam Operasional

Curug Nangka Bogor memiliki fasilitas yang cukup lengkap meskipun masih terlihat sederhana. Di antaranya area parkir, toilet, musala, pos jaga, ruang ganti, gardu pandang, warung, hingga kios oleh-oleh. Adapun jam operasionalnya mulai pukul 08.00-17.00 WIB setiap hari. Datanglah saat cuaca cerah pada musim kemarau agar akses jalannya tidak menyulitkan.

Lokasi dan Akses jalan

Alamat Curug Nangka Bogor berada di Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16370. Akses jalannya cukup mudah untuk kendaraan lalui, baik roda dua maupun roda empat. Namun, tetaplah berhati-hati karena ada jalan yang menanjak. Setelah sampai di area parkir, Anda harus melanjutkan perjalanan sekitar 700 meter dengan berjalan kaki. (Ris/Djavatoday)

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya