Kamis, Mei 30, 2024

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang yang cocok menjadi tempat untuk ngadem. Panorama air terjun dan alamnya yang hijau juga menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi Sobat Djava yang gemar fotografi. Bagaimana tidak, tiap sudut tempat ini begitu photogenic.

Jika Anda ingin menikmati indahnya alam yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan, air terjun ini bisa menjadi pilihan. Kabupaten Subang memang tak pernah gagal memberikan kesan yang menyenangkan bagi para wisatawan yang bertandang. Areanya yang berupa pegunungan menjadikan kabupaten ini kaya akan wisata alam.

Bagi Sobat Djava yang penasaran dengan Curug Cina Subang, simaklah artikel ini selengkapnya. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik seputar objek wisata ini yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Asal-usul Penamaan Curug Cina Subang

Sekilas mendengar namanya, mungkin Sobat Djava akan berpikir bahwa curug atau air terjun ini belokasi di Cina. Namun, air terjun ini terletak di Kabupaten Subang, Indonesia, lho. Kira-kira, bagaimana kata “Cina” bisa tersemat dalam penamaan curug ini?

Menurut informasi warga setempat, Curug Cina Subang berasal dari sejarah pada masa lalu. Dahulu sekali, tempat ini merupakan area berburu para warga dari Tiongkok. Nahas, salah satu orang Tiongkok tersebut ada yang meninggal. Nama negara asal pemburu tersebut pun disematkan pada curug ini.

Daya Tarik Curug Cina Subang

Air terjun merupakan pesona alam yang telah terjamin keindahannya, salah satunya adalah ajr terjun yang berada di tatar Sunda. Jika Anda ingin membuktikannya, cobalah untuk berkunjung ke Air Terjun Cina yang berada di Kabupaten Subang. Air terjun ini memiliki aliran yang deras, sedikit melebar, dan melimpah sehingga terlihat begitu megah. 

Warna airnya yang jernih membuatnya seperti kain putih yang berkibar-kibar tertiup angin. Berpadu dengan warna hijau dari pepohonan dan vegetasi alam di sekitarnya yang hijau memanjakan mata. Total ketinggian Curug Cina Subang lebih dari 50 meter dengan bentuk aliran berundak. Undakan tertingginya mencapai 20 meter dengan aliran deras yang memesona.

Aliran berundaknya pun tak kalah eksotis karena warna putihnya air begitu kontras dengan hitamnya batuan yang menjadi sandarannya. Airnya akan mengalir ke tempat yang lebih rendah hingga membentuk sungai yang memiliki bebatuan di beberapa titiknya. Mendengarkan gemuruh air terjun dan gemercik air terjun sambil memandangi pemandangan alamnya akan menjadi healing yang tak terlupakan.

Berenang Air Hangat

Jangan khawatir kedinginan jika Anda ingin berenang di area air terjun ini. Meskipun Curug Cina Subang memiliki bentuk berundak dan alirannya langsung membentuk sungai, Anda tetap bisa berenang. Bukan di aliran sungainya, melainkan pada sebuah kolam di bawah air terjun yang airnya hangat bahkan cenderung panas. Jika ingin merasakan kesegaran air yang cenderung dingin, Anda bisa bermain air dari aliran curugnya.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa healing di air terjun ini, Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000 sebagai tarif tiket masuknya. Siapkan juga dana untuk biaya parkir kendaraan yang berkisar antara Rp3.000 hinhha Rp5.000 per unit kendaraan. Harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola wisata.

Fasilitas dan Jam Operasional

Curug Cina Subang berada di taman hutan sehingga jauh dari pemukiman warga. Fasilitasnya belum memadai karena masih dalam pengelolaan seadanya oleh warga setempat. Oleh karena itu, wisatawan yang datang sebaiknya menyiapkan perbekalan dan kebutuhan pribadinya secara mandiri. Salah satunya adalah bekal makanan karena di lokasi curug tidak ada warung.

Adapun jam operasional objek wisata ini mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat awal musim hujan dengan kondisi cuaca cerah agar debit airnya sudah deras. Berkunjung saat  puncak musim kemarau akan memungkinkan air terjun ini lebih surut.

Alamat Lengkap

Curug Cina Subang beralamat di kp sinapeul RT 22/02, Curugagung, Kec. Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari Alun-alun Subang atau bisa Anda tempuh dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan. Dari area parkir, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 20 hingga 30 menit dengan medan jalan berupa tanah yang telah tertata rapi. (Rismawati/Djavatoday)

The Landen Lembang, Wisata Alam Gratis yang Eksotis!

The Landen Lembang merupakan sebuah objek wisata alam baru yang tidak memungut biaya tiket masuk, alias gratis. Objek wisata yang dulunya merupakan D'Ranch ini...

Embun Lawu Tawangmangu: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Embun Lawu Tawangmangu merupakan sebuah objek wisata populer di Karanganyar yang menyuguhkan keindahan lereng Gunung Lawu. Objek wisata ini menghadirkan beragam keseruan dengan banyaknya...

Umbul Brintik Klaten, Bisa untuk Terapi Kesehatan

Umbul Brintik Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian air yang sering menjadi tempat terapi kesehatan. Hal tersebut karena air yang terdapat di...

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya