Minggu, Juli 14, 2024

Bukit Jerit Kebumen, Spot Healing dengan View Laut

Bukit Jerit Kebumen merupakan sebuah objek wisata alam yang baru-baru ini kembali viral karena panoramanya yang indah. Tidak hanya menyuguhkan keindahan gugusan perbukitan yang hijau menyejukkan mata, tempat ini juga menyajikan pesona laut lepas. Kamu seperti terisolasi dari dunia lain dan berada di surga tersembunyi yang damai. Itulah mengapa tempat ini populer sebagai spot healing yang biasanya banyak anak muda incar.

Jika mendengar nama Kebumen, mayoritas dari kita pasti akan langsung teringat dengan Pantai Menganti. Namun, ternyata kabupaten yang berada di Jawa Tengah ini memiliki banyak spot wisata lain yang tak kalah cantik. Tak heran jika julukannya adalah Kota Seribu Pesona karena memiliki anugerah kekayaan alam yang memanjakan mata.

Jika kamu sedang berencana berlibur ke daerah Central Java, tak ada salahnya untuk mengintip keindahan Bukit Jerit Kebumen. Sebelum berkunjung, simaklah terlebih dahulu artikel ini hingga akhir agar mendapatkan referensi. Kami akan memberikan banyak informasi penting dan menarik seputar objek wisata ini dalam uraian berikut.

Gugusan Perbukitan Bukit Jerit Kebumen 

Seperti namanya, tempat healing ini berada di atas perbukitan yang jauh dari hiruk-pikuk kota. Saat sampai di puncaknya, kamu akan melihat betapa spektakulernya gugusan perbukitan yang hijau memanjakan mata. Perbukitan ini penuh dengan pohon-pohon rindang dan tanaman liar yang membuatnya terlihat asri.

Bukit Jerit Kebumen memiliki nuansa yang damai dan cenderung sepi sehingga orang-orang yang datang pun bisa healing sepuasnya. Kamu bahkan bisa menjerit sekeras-kerasnya tanpa takut akan menggangu orang lain karena hanya ada alam yang indah di sana. Itulah mengapa bukit ini bernama “jerit”. Uniknya lagi, bukit ini berbatasan langsung dengan laut Samudera Hindia yang keindahannya seperti tak berujung.

View Laut Lepas

Mendapatkan view terbaik perbukitan yang hijau ternyata bukanlah satu-satunya daya tarik tempat wisata ini. Kepopulerannya justru berasal dari pemandangan laut lepas yang berbatasan tepat di bawah bukit. Warna biru lautnya begitu membentang dan seperti tak ada ujungnya. Pesona dari perairan Samudera Hindia pesisir selatan ini memang tak pernah gagal membuat para wisatawan terpesona.

Sejuknya udara perbukitan bisa kamu nikmati sembari memandangi lautan yang tak pernah sepi oleh ombaknya. Kombinasi ini tentu menjadikan Bukit Jerit Kebumen sebagai incaran para pecinta fotografi. Apalagi kini tersedia beberapa spot foto menarik yang akan menunjang hasil jepretanmu dengan lebih ciamik. Salah satunya adalah spot ayunan yang berada di tepi puncak bukit menghadap ke laut lepas, cocok untuk relaksasi!

Piknik hingga Camping

Selain memungkinkan wisatawan untuk bersantai atau menjerit sebagai bentuk melepaskan beban, tempat ini juga bisa untuk aktivitas lain. Salah satunya adalah piknik karena memiliki area rerumputan yang cukup rapi sehingga cocok menjadi spot untuk menggelar tikar. Piknik bersama orang tersayang sembari melihat indahnya lautan akan menjadi liburan yang tak terlupakan. Apalagi saat momen sunset tiba, warna jingganya seperti magic yang mengubah panoramanya jadi lebih epic.

Bukit Jerit Kebumen juga menyediakan camping ground bagi wisatawan yang ingin berlama-lama di sana. Kamu bisa menikmati indahnya langit malam penuh bintang sembari barbekuan dengan view laut lepas. Jangan lupa untuk berburu momen sunrise di pagi harinya, ya!

Fasilitas dan Jam Operasional

Tempat ini kini telah memiliki beberapa fasilitas, meskipun memang belum lengkap. Tersedia area parkir kendaraan, toilet, musala, gazebo untuk istirahat, spot foto, dan camping ground. Warung makanan pun telah tersedia tetapi tidak buka setiap hari sehingga lebih baik menyiapkan perbekalan sendiri. Jam operasional tempat ini pun masih 24 jam setiap harinya.

HTM dan Alamat Bukit Jerit Kebumen 

Harga tiket masuk ke objek wisata ini adalah Rp10.000 per orang, sedangkan biaya camping Rp15.000 per orang. Tarif biaya parkir kendaraan adalah Rp3.000 per unit motor, sedangkan mobil sebesar Rp5.000 per unit. Alamat Bukit Jerit Kebumen berada di Ketanggung, Pasir, Kec. Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Siapkan fisik yang kuat karena kamu akan menapaki jalan menanjak dan memasuki area hutan untuk bisa menikmati pesona alamnya. (Rismawati/Djavatoday)

Pasir Gowong Tasikmalaya, Wisata Alam dengan HTM Gratis

Pasir Gowong Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata dengan suguhan alam berupa pegunungan dari atas bukit.

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya