Selasa, April 16, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Banyu Biru Pasuruan, Pemandian Legendaris Zaman Majapahit

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Banyu Biru Pasuruan merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian yang legendaris karena telah ada sejak zaman Majapahit. Pemandian ini pun begitu istimewa karena airnya bersumber dari mata air alami sehingga menciptakan kesegaran dan kejernihan air yang biru seperti namanya. Populer sejak zaman Raja Majapahit, yakni Hayam Wuruk, pemandian ini ternyata masih ada hingga saat ini dan masih menjadi pemandian air yang digemari wisatawan. Hal tersebut karena selain indah dan menyegarkan, pemandian ini memberikan wisata edukasi bernilai sejarah bagi wisatawan.

Objek wisata pemandian ini berlokasi di Jawa Timur, tepatnya berada di Kabupaten Pasuruan. Di balik keindahan pemandian ini, tersohor kabar bahwa terdapat ikan keramat yang mendiami kolam alaminya.  Tempat ini juga memungkinkan Anda untuk melihat beberapa peninggalan sejarah seperti struktur Candi Kala, prasasti, hingga arca.

Bagi Sobat Djava yang sedang mencari objek wisata alam yang indah dan menyegarkan, sekaligus edukatif, maka tempat ini bisa menjadi pilihannya. Namun sebelum berkunjung, sebaiknya Anda menyimak terlebih dahulu artikel ini hingga akhir sebagai referensi. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik tentang objek wisata Banyu Biru Pasuruan untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Lokasi Pemandian Banyu Biru Pasuruan 

Informasi penting yang harus Anda ketahui adalah lokasi atau alamat lengkapnya. Objek wisata ini beralamat di Jalan Raya Banyubiru, RT 02/RW 02, Desa Sumberejo, Kecamatan Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur 67182. Lokasinya berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kabupaten Pasuruan atau bisa Anda tempuh dalam waktu 30 menit. 

Objek wisata ini juga berdekatan dengan Taman Ria Surapati. Anda bisa mengakses lokasinya menggunakan kendaraan pribadi dengan akses jalan beraspal. Jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa berhenti di terminal Winongan dan melanjutkan ke Banyu Biru Pasuruan dengan menggunakan ojek. 

Harga Tiket Masuk 

Objek wisata ini mematok harga tiket masuk pada setiap wisatawannya dengan harga yang cukup terjangkau. Per 1 Januari 2024, harga tiket masuknya adalah sebesar Rp10.000 per orang, naik Rp5.000 dari sebelumnya. Kemudian terdapat biaya retribusi parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk setiap mobil. Harga-harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola wisata. 

Fasilitas dan Jam Operasional

Banyu Biru Pasuruan memiliki beberapa fasilitas yang bisa wisatawan gunakan saat berkunjung. Seperti area parkir kendaraan, toilet, musala, rumah makan atau warung, spot foto, dan masih banyak lagi. Adapun jam operasional objek wisata pemandian ini adalah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00 WIB setiap hari Senin hingga Kamis. Sementara saat Jumat hingga Minggu beroperasi setiap pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Daya Tarik Banyu Biru Pasuruan 

Pemandian ini telah ada sejak zaman kolonial Belanda dan Kerajaan Majapahit dengan perkiraan sekitar tahun 1900-an. Objek wisata yang dahulunya bernama Telaga Wilis ini menjadi pemandian yang populer hingga kini karena kejernihan airnya. Seperti namanya, air kolamnya begitu jernih kebiru-biruan. Tak heran jika pemandian alami ini menjadi spot untuk menyelam atau snorkeling oleh para wisatawan.

Ketika menyelam, wisatawan akan melihat dengan jelas dasar danau atau kolam yang berbatu tidak rata. Uniknya, Anda tidak akan menyelam sendiri karena akan ada banyak ikan-ikan yang menemani, ikan tersebut bernama ikan sengkaring. Konon, ikan ini termasuk keramat dan muncul mitos jika ikan ini diambil maka akan ada malapetaka yang datang. Itulah mengapa warga sekitar dan pihak pengelola Banyu Biru Pasuruan sangat menjaga kelestarian ikan ini.

Selain bisa berenang bersama ikan-ikan, Anda juga bisa menikmati kesegaran airnya dengan hawa sejuk khas alam. Terdapat 4 kolam dengan 2 kolam alami dan 2 kolam renang yang biasanya menjadi tempat latihan para atlet, lho. Kolam-kolam tersebut cukup luas dan memiliki kedalaman yang berbeda-beda.

Jangan lewatkan untuk melihat artefak-artefak yang ada di objek wisata Banyu Biru Pasuruan ini. Anda bisa melihat struktur candi, prasasti, hingga arca. Jadi, apakah Anda tertarik berlibur di sini? (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Nuansa Alam Cakra Buana, Wisata Lengkap untuk Libur Lebaran

Nuansa Alam Cakra Buana merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk berlibur keluarga saat lebaran. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang...

Terpopuler

Lainnya